Jelaskan bagaimana perkembangan Pan-Islamisme?

Pertanyaan

Jelaskan bagaimana perkembangan Pan-Islamisme?undefined

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perkembangan Pan-Islamisme diawali dari pemikiran Jamaluddin Al-Afghani yang merasa bahwa terlalu banyak campur tangan asing di negara Mesir. Campur tangan seperti itu juga dirasasakan oleh banyak tokoh-tokoh Islam lainnya seperti Afghanistan, Irak, Iran, dan India. Hal ini memunculkan persatuan umat Islam di seluruh dunia yang melahirkan paham Pan-Islamisme.

Pembahasan

Pan-Islamisme adalah sebuah gerakan dan juga gagasan untuk menyatukan kaum muslimin, kemudian membangun dunia islam di bawah satu pemerintahan dan mengusir penjajahan dunia Barat atas dunia Islam. Gagasan Pan-Islamisme lahir atas pemikiran Jamaluddin Al-Afghani. Saat itu Jamaluddin sedang berada di Mesir. Ia melihat betapa miskinnya negara itu kemudian merasa aneh dengan kondisi Mesir yang sangat gersang, padahal tanahnya subur dan kaya. Mesir yang pada saat itu mengalami permasalahan ekonomi, membuat banyak bangsa asing (dominan bangsa barat) masuk dan ikut campur dalam masalah ini. Akan tetapi, campur tangan asing ini justru membuat Mesir semakin memburuk. Mesir terus dieksploitasi. Melihat hal ini, Jamaluddin mulai giat berusaha membangun kesadaran bangsa timur bahwa bangsa barat telah mengeksploitasi bangsa mereka. Selain Mesir, campur tangan bangsa barat terutama Inggris dan Amerika, juga dirasakan oleh tokoh-tokoh Islam di Afganistan, Irak, Iran, dan India. Kejadian inilah yang mendorong Jamaluddin Al Afghani terus mendorong persatuan umat-umat Islam di dunia, dan berkembanglah paham Pan-Islamisme.

Dengan demikian, perkembangan Pan-Islamisme diawali dari pemikiran Jamaluddin Al-Afghani yang merasa bahwa terlalu banyak campur tangan asing di negara Mesir. Campur tangan seperti itu juga dirasasakan oleh banyak tokoh-tokoh Islam lainnya seperti Afghanistan, Irak, Iran, dan India. Hal ini memunculkan persatuan umat Islam di seluruh dunia yang melahirkan paham Pan-Islamisme.

1rb+

5.0 (1 rating)

Ihza Khoerul Anam

Pembahasan lengkap banget

Pertanyaan serupa

Menurut Jamaluddin al-Afghani, dampak positif persatuan umat Islam yang dicita-citakan Pan islamisme antara lain ......

5rb+

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia