Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan awal mula tercetusnya ikrar sumpah pemuda...

Jelaskan awal mula tercetusnya ikrar sumpah pemuda...

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ikrar sumpah pemuda diawali dari adanya Kongres Pemuda II pada tahun 1928, kongres tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan salah satunya adalah Sumpah Pemuda.

ikrar sumpah pemuda diawali dari adanya Kongres Pemuda II pada tahun 1928, kongres tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan salah satunya adalah Sumpah Pemuda. 

Iklan

Pembahasan

Sumpah Pemuda merupakan salah satu pencetus atau tonggak persatuan dalam mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia. Sumpah Pemuda dilaksanakan pada 28 Oktober 1928, pada Kongres Pemuda II yang dimana para pemuda Indonesia bersepakat untuk mengucap sumpahnya.Sumpah Pemuda merupakan hasil dari rumusan dalam Kongres Pemuda II Indonesia. Kongres itu merupakan pertemuan besar pada 1928 yang dihadiri para pelajar dari seluruh wilayah Nusantara yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Kongres Pemuda II digelar tiga sesi di tiga tempat berbeda. Organisasi kepemudaan yang hadir saat itu di antaranya Jong Java , Jong Batak, Jong Ambon, dan Jong Islamieten Bond . Sesi pertama dilakukan pada 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB) yang sekarang bernama Lapangan Banteng. Ketua PPPI, Sugondo Djojopuspito dalam sambutannya saat itu berharap Kongres Pemuda II diharapkan dapat mempererat semangat persatuan di antara para pemuda. Sesi kedua digelar pada 28 Oktober 1928 di Gedung Oost-Java Bioscoop . Dalam sesi itu dibahas masalah pendidikan di mana yang sangat penting untuk anak. Sesi ketiga yang merupakan sesi penutup digelar di Gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106. Saat itu, rumusan Sumpah Pemuda terlahir. Dengan demikian, ikrar sumpah pemuda diawali dari adanya Kongres Pemuda II pada tahun 1928, kongres tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan salah satunya adalah Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda merupakan salah satu pencetus atau tonggak persatuan dalam mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia. Sumpah Pemuda dilaksanakan pada 28 Oktober 1928, pada Kongres Pemuda II yang dimana para pemuda Indonesia bersepakat untuk mengucap sumpahnya. Sumpah Pemuda merupakan hasil dari rumusan dalam Kongres Pemuda II Indonesia. Kongres itu merupakan pertemuan besar pada 1928 yang dihadiri para pelajar dari seluruh wilayah Nusantara yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Kongres Pemuda II digelar tiga sesi di tiga tempat berbeda. Organisasi kepemudaan yang hadir saat itu di antaranya Jong Java, Jong Batak, Jong Ambon, dan Jong Islamieten Bond. Sesi pertama dilakukan pada 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB) yang sekarang bernama Lapangan Banteng. Ketua PPPI, Sugondo Djojopuspito dalam sambutannya saat itu berharap Kongres Pemuda II diharapkan dapat mempererat semangat persatuan di antara para pemuda. Sesi kedua digelar pada 28 Oktober 1928 di Gedung Oost-Java Bioscoop. Dalam sesi itu dibahas masalah pendidikan di mana yang sangat penting untuk anak. Sesi ketiga yang merupakan sesi penutup digelar di Gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106. Saat itu, rumusan Sumpah Pemuda terlahir.

Dengan demikian, ikrar sumpah pemuda diawali dari adanya Kongres Pemuda II pada tahun 1928, kongres tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan salah satunya adalah Sumpah Pemuda. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Lagu Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman pertama kali dikumandangkan secara resmi pada....

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia