Roboguru

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kesempatan antara (intervening opportunity) dalam interaksi antar ruang!

Pertanyaan

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kesempatan antara (intervening opportunity) dalam interaksi antar ruang!  

Pembahasan Soal:

Setiap ruang di permukaan bumi memiliki ciri khas tertentu yang berbeda antara suatu wilayah dan wilayah lainnya. Karateristik inilah yang kemudian menciptakan keterkaitan antarruang di permukaan bumi. Salah satu kondisi yang memungkikan terjadinya interaksi antarruang adalah adanya kesempatan antara (intervening opportunity). Kesempatan antara adalah suatu lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan. Ketika seseorang akan membeli suatu produk, maka ia akan memperhatikan faktor jarak dan biaya untuk memperoleh produk tersebut. Wilayah yang berada di kesempatan antara memiliki kelebihan tersebut karena memiliki jarak yang lebih dekat di antara kedua wilayah yang mengapitnya.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Handayani

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apabila muncul suatu wilayah yang memiliki suatu hal yang dibutuhkan oleh wilayah lain dan kondisinya lebih dekat, maka interaksi antardua wilayah lain yang terjadi sebelumnya akan melemah. Fenomena t...

Pembahasan Soal:

Faktor lain yang mempengaruhi adanya interaksi antarruang adalah ketika terdapat suatu wilayah lain yang menyediakan kebutuhan wilayah atau ruang lainnya muncul dengan jarak yang lebih dekat dibanding wilayah lain yang juga menyediakan kebutuhan yang ada. Contohnya adalah ketika ada Desa A yang membutuhkan beras dan terdapat Desa B yang memiliki kelebihan suplai beras. Namun, Desa A tidak menjalin interaksi dengan Desa B karena ternyata ada Desa C yang bisa menyediakan suplai beras untuk Desa A dan jaraknya lebih dekat. Faktor tersebut disebut dengan intervening opportunity. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

0

Roboguru

Terjadinya interaksi antar ruang dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu sebagai berikut, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Interaksi antarruang adalah cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi juga permasalahannya dan keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang di sekitarnya. Syarat terjadinya interaksi antarruang dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu saling melengkapi, kesempatan antara dan keadaan dapat diserahkan/dipindahkan. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Bu Yunia biasanya pergi belanja ke pasar Atas, kemudian ada pembangunan Pasar Antri yang jaraknya lebih dekat dari rumahnya, di daerah Jl. Gandawijaya, sehingga bu Irene beralih belanja ke pasar Antri...

Pembahasan Soal:

Interaksi antarruang merupakan timbal balik antara satu wilayah dengan wilayah lain yang bisa terjadi dalam berbagai bentuk. Misalnya, pergerakan orang, distribusi barang, dan lain-lain. Adanya pergerakan inilah yang menyebabkan terjadinya perubahan baik di wilayah asal dan wilayah tujuan. Kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi keruangan antara lain sebagai berikut.

  1. Saling melengkapi (complementarity)
    Kondisi saling melengkapi terjadi jika ada wilayah wilayah yang berbeda jenis barang yang dihasilkannya. Misalnya, penduduk yang tinggal di wilayah pegunungan merupakan penghasil sayuran, sedangkan penduduk yang tinggal di wilayah pantai merupakan penghasil ikan.
  2. Kesempatan antara (intervening opportunity)
    Kesempatan antara merupakan suatu lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan. Jika seseorang akan membeli suatu produk, maka ia akan memperhatikan faktor jarak dan biaya untuk memperoleh produk tersebut.
  3. Keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability).
    Pengangkutan barang atau juga orang memerlukan biaya. Biaya untuk terjadinya interaksi tersebut harus lebih rendah dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Seorang ibu biasanya pergi belanja ke pasar A, kemudian ada pembangunan pasar B yang jaraknya lebih dekat, sehingga si ibu tadi beralih ke pasar B. Contoh kasus tersebut dikenal sebagai ....

Pembahasan Soal:

Interaksi antarruang adalah suatu cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan juga permasalahannya dengan keterkaitan antara suatu ruang di sekitarnya. Terdapat beberapa kondisi saling keterkaitan untuk mewujudkan terjadinya interaksi antarruang salah satunya adalah kesempatan antara. Kesempatan antara (intervening opportunity) merupakan penawaran alternatif dimana sebuah ruang menawarkan pilihan yang lebih baik dari ruang asal atau ruang tujuannya. Dengan kata lain terdapat perantara yang dapat menghambat atau mengintervensi perpindahan barang atau manusia.

Berdasarkan pertanyaan di atas bahwa contoh kasus tersebut dikenal sebagai kesempatan antara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang yaitu ... kecuali ...

Pembahasan Soal:

Interaksi antarruang adalah bentuk pengaruh perilaku yang terjadi antar manusia dengan wilayah dan pewilayahan tanpa batas dan melalui kontak secara langsung maupun tidak langsung. 
Faktor pendorong terjadinya interaksi antaruang 
yaitu :

  1. Saling melengkapi (complementarity), karena setiap wilayah memiliki sumberdaya alam dan sumber daya manusia yang berbeda-beda
  2. Kesempatan antara/berintervensi (intervening opportunity), terjadi karena adanya perbandingan suatu lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik yaitu sebagai tempat asal atau pun tempat tujuan
  3. Kemudahan transfer (transferability), melihat keadaan yang lebih menguntungkan terutama dari segi biaya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, hasil produksi dikonsumsi sendiri bukan termasuk faktor  pendorong terjadinya interaksi antarruang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved