Roboguru

Jelaskan apa yang anda ketahui tentang penyakit pada sistem reproduksi manusia sifilis?

Pertanyaan

Jelaskan apa yang anda ketahui tentang penyakit pada sistem reproduksi manusia sifilis? 

Pembahasan Soal:

Raja singa atau sifilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Gejala sifilis diawali dengan munculnya luka yang tidak terasa sakit di area kelamin, mulut, atau dubur. Bakteri penyebab sifilis dapat menyebar melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi, atau juga bisa menyebar melalui cairan tubuh pengidapnya, yaitu darah melalui kontak fisik dengan luka yang ada di penderita. Melihat penularannya, sifilis rentan tertular pada seseorang yang sering bergonta-ganti pasangan seksual.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penularan penyakit sifilis dapat dicegah dengan cara ....

Pembahasan Soal:

Sifilis disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema pallidum. Saat bakteri ini masuk ke tubuh, berbagai gejala dapat muncul, mulai dari demam hingga luka atau lesi di kulit. Perpindahan bakteri tersebut bisa terjadi lewat beberapa cara, yaitu:

  1. Lewat kontak seksual
  2. Dari ibu hamil ke janin
  3. Penggunaan jarum suntik tidak steril (bersih)
  4. Kontak langsung dengan luka sifilis

Sehingga penting dilaksanakan adalah tidak berganti-ganti pasangan seksual untuk mencegah tertularnya penyakit ini.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Sebutksn 5 jenis gangguan pada sistem reproduksi manusia disertai penyebab, gejala dan cara mencegahnya!

Pembahasan Soal:

Gangguan pada sistem reproduksi:

  1. Raja singa atau sifilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Sifilis disebabkan oleh infeksi bakteri, yang menyebar melalui hubungan seksual dengan penderita sifilis. Penularan sifilis dapat dicegah dengan perilaku seks yang aman, yaitu setia pada 1 pasangan seksual atau menggunakan kondom. Selain itu, pemeriksaan atau skrining terhadap penyakit sifilis ini juga perlu dilakukan secara rutin pada orang-orang yang memiliki faktor risiko tinggi mengalami penyakit ini.
  2. Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Kanker ini umumnya berkembang perlahan dan baru menunjukkan gejala ketika sudah memasuki stadium lanjut. Kanker serviks terjadi ketika sel-sel yang sehat mengalami perubahan atau mutasi. Mutasi ini menyebabkan sel-sel tersebut tumbuh tidak normal dan tidak terkendali sehingga membentuk sel kanker. Pencegahan menjalani skrining kanker serviks secara berkala sejak usia 21 tahun atau sejak menikah.
  3. Kanker prostat adalah kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat, dan umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil. Penyebab kanker prostat adalah mutasi atau perubahan genetik pada sel-sel di kelenjar prostat. Pencegahan dengan skrining kanker prostat dalam bentuk tes PSA dan colok dubur.
  4. Kencing nanah atau gonore adalah salah satu penyakit menular seksual. Pada pria, gonore akan menimbulkan gejala berupa keluarnya nanah dari penis. Penyebab gonore adalah infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini paling sering menular melalui hubungan intim, termasuk seks oral dan seks anal. Penyakit ini menular melalui hubungan intim, termasuk seks oral atau anal. Oleh karena itu, cara pencegahan penyakit ini adalah melakukan hubungan intim yang aman, yaitu dengan menggunakan kondom, baik kondom pria maupun wanita atau tidak bergonta-ganti pasangan.
  5. Epididimitis adalah peradangan pada epididimis atau saluran yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan penyaluran sperma. Sebagian besar kasus epididimitis disebabkan oleh infeksi bakteri yang dimulai dari uretra, prostat, atau kandung kemih. Pencegahan menjaga kebersihan organ reproduksi. 

0

Roboguru

Perhatikan jenis-jenis gangguan sistem reproduksi di bawah ini! herpes sifilis AIDS amenore kanker serviks endometriosis Penyakit menular seksual ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Penyakit menular seksual atau disebut juga dengan infeksi menular seksual adalah penyakit atau gangguan yang ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui hubungan seksual. Contoh penyakit menular seksual diantaranya ada AIDS, gonore, sifilis, herpes genitalis, kandidiasis dan kutil kelamin. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Penyakit infeksi pada organ kelamin bagian luar yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum yaitu...

Pembahasan Soal:

Sifilis merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Gejala ringan pada penyakit ini berupa luka atau ruam pada daerah penis maupun vagina. Jika infeksi sudah sangat parah maka akan menimbulkan kerusakan pada organ reproduksi bagian dalam. 

Jadi, jawaban yang benar adalah Cspace 

0

Roboguru

Galih menderita suatu penyakit dengan gejala merasakan nyeri pada waktu buang air besar, bagian uretra bernanah, arthritis dan mengalami kemandulan. Sementara Roy menderita suatu penyakit dengan gejal...

Pembahasan Soal:

Dari cirinya, kedua penyakit tersebut diperkirakan merupakan kelompok penyakir menular seksual. Nanah yang keluar bersama urin Galih menunjukkan bahwa penyakit disebabkan karena infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae yang berbentuk kokus dan hidup di dalan neutrofil, yakni sel darah putih. Sel darah putih yang rusak tersebut dikeluarkan sebagai nanah. Kencing nanah atau gonorea yang diderita Galih juga menyebabkan kemandulan. Roy menunjukkan gejala kelumpuhan dan kerusakan organ dalam, diperkirakan terinfeksi oleh bakteri Treponema pallidum berbentuk spiral dan dapat menginfeksi saluran limfatik. Dugaan penyakit raja singa atau sifilis yang dialami Roy ini juga diperkuat dengan gejala bengkak-bengkak di nodus limfatik yang dialami oleh Roy.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved