Roboguru

Jelaskan apa yang anda ketahui tentang penyakit pada sistem reproduksi manusia epididimitis?

Pertanyaan

Jelaskan apa yang anda ketahui tentang penyakit pada sistem reproduksi manusia epididimitis? 

Pembahasan Soal:

Epididimitis adalah peradangan pada epididimis atau saluran yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan penyaluran sperma. Epididimis terletak di belakang testis dan menyambungkan testis dengan vas deferens, hingga berlanjut ke saluran ejakulasi, prostat, dan saluran kencing (uretra), saat ejakulasi. Saat mengalami epididimitis, saluran tersebut menjadi bengkak sehingga menimbulkan nyeri. Peradangan ini juga dapat menyebar hingga ke testis

Epididimitis umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri E. Coli dan bakteri sejenisnya adalah penyebab epididimitis pada anak-anak dan orangtua. Terdapat beberapa penyebab lain terjadinya epididimitis adalah :

  • Infeksi saluran kemih.
  • Infeksi menular seksual, seperti gonorea dan klamidia.
  • Cedera pada bagian selangkangan.
  • Penyakit Behet.
  • Tuberkulosis.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Cermati beberapa jenis penyakit kelamin berikut!  Orkitis  Klamidiasis Epididimitis  Herpes genetalis  Gonore  Jenis penyakit kelamin yang hanya dialami oleh pria terdapat pada angka ....

Pembahasan Soal:

Orkitis adalah peradangan pada salah satu atau kedua testis dan disebabkan oleh sejumlah bakteri dan virus.

Epididimitis adalah peradangan pada epididimis atau saluran yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan penyaluran sperma

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah B.

1

Roboguru

Perhatikan macam-macam gangguan pada sistem reproduksi di bawah ini! dismenore orkitis epididimitis mola hidatidosa mioma uterus ginekomastia Gangguan pada sistem reproduksi laki-laki ditunj...

Pembahasan Soal:

Gangguan pada sistem reproduksi pada laki-laki yaitu orkitis, epididimitis dan ginekomastia. Orkitis adalah radang pada testis. Epididimitis radang pada epididimis. Ginekomastia adalah pembesaran payudara laki-laki akibat produksi estrogen yang berlebihan. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Sebutksn 5 jenis gangguan pada sistem reproduksi manusia disertai penyebab, gejala dan cara mencegahnya!

Pembahasan Soal:

Gangguan pada sistem reproduksi:

  1. Raja singa atau sifilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Sifilis disebabkan oleh infeksi bakteri, yang menyebar melalui hubungan seksual dengan penderita sifilis. Penularan sifilis dapat dicegah dengan perilaku seks yang aman, yaitu setia pada 1 pasangan seksual atau menggunakan kondom. Selain itu, pemeriksaan atau skrining terhadap penyakit sifilis ini juga perlu dilakukan secara rutin pada orang-orang yang memiliki faktor risiko tinggi mengalami penyakit ini.
  2. Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Kanker ini umumnya berkembang perlahan dan baru menunjukkan gejala ketika sudah memasuki stadium lanjut. Kanker serviks terjadi ketika sel-sel yang sehat mengalami perubahan atau mutasi. Mutasi ini menyebabkan sel-sel tersebut tumbuh tidak normal dan tidak terkendali sehingga membentuk sel kanker. Pencegahan menjalani skrining kanker serviks secara berkala sejak usia 21 tahun atau sejak menikah.
  3. Kanker prostat adalah kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat, dan umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil. Penyebab kanker prostat adalah mutasi atau perubahan genetik pada sel-sel di kelenjar prostat. Pencegahan dengan skrining kanker prostat dalam bentuk tes PSA dan colok dubur.
  4. Kencing nanah atau gonore adalah salah satu penyakit menular seksual. Pada pria, gonore akan menimbulkan gejala berupa keluarnya nanah dari penis. Penyebab gonore adalah infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini paling sering menular melalui hubungan intim, termasuk seks oral dan seks anal. Penyakit ini menular melalui hubungan intim, termasuk seks oral atau anal. Oleh karena itu, cara pencegahan penyakit ini adalah melakukan hubungan intim yang aman, yaitu dengan menggunakan kondom, baik kondom pria maupun wanita atau tidak bergonta-ganti pasangan.
  5. Epididimitis adalah peradangan pada epididimis atau saluran yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan penyaluran sperma. Sebagian besar kasus epididimitis disebabkan oleh infeksi bakteri yang dimulai dari uretra, prostat, atau kandung kemih. Pencegahan menjaga kebersihan organ reproduksi. 

0

Roboguru

Radang pada organ reproduksi pada laki-laki yang berperan menyimpan sperma hingga menjadi dewasa disebut ….

Pembahasan Soal:

Organ reproduksi pada laki-laki yang berperan menyimpan sperma hingga menjadi dewasa adalah epididimis. Radang pada epididimis disebut epididimitis. Radang ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ! Penyakit kelamin apa yang dapat menyerang bagian yang ditunjuk huruf X? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Organ yang ditunjuk huruf X adalah epididimis. Penyakit kelamin yang menyerang epididimis disebut dengan epididimitis. Penyebab penyakit tersebut antara lain iritasi oleh zat kimia, komplikasi prostatektomi (pengangkatan prostat). Penyebab lain seperti infeksi karena mikroorganisme misal bakteri coliforms dan infeksi klamidial. Gejala yang menyertai seperti nyeri dan bengkak pada skrotum, keluar nanah di uretra dan darah dalam semen (cairan sperma).undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved