Roboguru

Jelaskan apa yang anda ketahui tentang penyakit pada sistem reproduksi manusia AIDS?

Pertanyaan

Jelaskan apa yang anda ketahui tentang penyakit pada sistem reproduksi manusia AIDS? 

Pembahasan Soal:

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang akan melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit. Virus HIV merusak sel darah putih yang disebut sel CD4. Virus juga membuat salinan tubuhnya di dalam sel tersebut. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh menurun dan menyebabkan tubuh susah melawan infeksi. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi dimana HIV sudah pada tahap infeksi akhir. Ketika seseorang sudah mengalami AIDS, maka tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan. Virus HIV ditularkan melalui kontak langsung darah dan cairan tubuh penderita seperti sperma, cairan vagina, dan ASI.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan jenis-jenis gangguan sistem reproduksi di bawah ini! herpes sifilis AIDS amenore kanker serviks endometriosis Penyakit menular seksual ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Penyakit menular seksual atau disebut juga dengan infeksi menular seksual adalah penyakit atau gangguan yang ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui hubungan seksual. Contoh penyakit menular seksual diantaranya ada AIDS, gonore, sifilis, herpes genitalis, kandidiasis dan kutil kelamin. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A. 

Roboguru

AIDS dapat menular melalui cairan tubuh, seperti darah. Oleh karena itu, ada kekhawatiran bahwa nyamuk dapat menjadi vektor penularan penyakit AIDS, seperti halnya nyamuk dapat menjadi perantara penul...

Pembahasan Soal:

Sudah diketahui secara umum bahwa penularan penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus HIV dapat menular melalui jarum suntik, transfusi darah, hubungan seksual, dan tranplantasi organ dari penderita HIV/AIDS.
Tetapi, virus HIV penyebab AIDS tidak dapat ditularkan melalui nyamuk seperti penyakit malaria, DBD, atau cikungunya karena:

  • Virus HIV hidup dan bereplikasi pada sel darah putih, dimana di dalam saluran pencernaan nyamuk, darah akan diolah dan dihancurkan. Dengan demikian tidak ada kemungkinan virus HIV dapat bertahan dalam tubuh nyamuk.
  • Hanya air liur yang disuntikkan ke manusia ketika nyamuk menggigit dan dengan demikian darah positif HIV yang sebelumnya mungkin telah dicerna oleh nyamuk tidak pernah ditularkan ke manusia lain.
Roboguru

Apakah tindakan melakukan transfusi darah dapat menularkan penyakit AIDS? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Dapat. AIDS hanya bisa ditularkan melalui cairan di dalam tubuh, virus HIV juga hanya bisa ditularkan jika virus tersebut mengenai kulit bagian dalam. Virus HIV hanya bisa hidup pada sel darah putih. Hal yang bisa menularkan adalah seks bebas, transfusi darah, seorang ibu yang melahirkan anaknya, dan penggunaan jarum suntik secara bergantian.space 

Roboguru

Apakah tindakan berjabat tangan dengan penderita AIDS dapat menularkan penyakit AIDS? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Tidak. AIDS hanya dapat menular melalui darah, cairan sperma, cairan vagina, dan air susu ibu. Dengan begitu, kontak seperti bersalaman, bertukar pakaian, berbagi toilet, dan berenang tidak dapat menularkan virus ini.undefined 

Roboguru

Pasangan antara jenis penyakit dengan penyebabnya dalam tabel berikut yang benar adalah ....

Pembahasan Soal:

Sifilis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum dan dapat menular. Umumnya, penyebaran akan penyakit sifilis melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Bakteri penyebab sifilis juga bisa menyebar melalui cairan tubuh pengidapnya, yaitu darah selain dari hubungan intim. 

Prostatitis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Esherichia coli atau Pseudomonas atau Chlamydia trachomatis pada kelenjar prostat.

Gonore adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Penyakit AIDS disebabkan oleh virus Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Orkitis adalah infeksi yang disebabkan oleh virus gondongan (mumps) atau virus lainnya meliputi Coxsackie virus, Varicella, dan Echovirus.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved