Roboguru

Jelaskan akibat pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang sosial!

Pertanyaan

Jelaskan akibat pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang sosial!

Pembahasan Soal:

Berikut ini dampak pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang sosial yaitu:

  1. Terjadinya perkembangan terhadap kerja bakti massal dari kegiatan kinrohosi.
  2. Terjadinya pemunculan dari sebuah sikap persatuan dan juga kesatuan.
  3. Memiliki berbagai macam bentuk pembaharuan dari akibat didikan dari Jepang.
  4. Kesulitan proses komunikasi antarpulau dan dunia luar karena semua saluran komunikasi dikendalikan Jepang.
  5. Semua nama-nama kota yang menggunakan bahasa Belanda diganti Bahasa Indonesia seperti Batavia menjadi Jakarta dan Buitenzorg menjadi Bogor.
  6. Mendirikan pusat kebudayaan Keimin Bunka Shidoso pada 1 April 1943 untuk mengawasi karya para seniman agar tidak menyimpang dari tujuan Jepang.
  7. Membentuk strata masyarakat hingga tingkat paling bawah yaitu Tonarigami atau Rukun Tetangga (RT).
  8. Lahirnya sikap cainta tanah air guna melawan penjajah di Indonesia.
  9. Diperbolehkanya pengibaran bendera Merah Putih bersebelahan dengan bendera Jepang, Hinomaru. Boleh diperdengarkannya lagu "Indonesia Raya" boleh dinyanyikan selain lagu kebangsaan Jepang "Kimigayo". Oleh karena itu identitas bangsa semakin familiar.

Dengan demikian, dampak positif pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang sosial yaitu kinrohoshi yaitu kerja bakti massal, semakin kuatnya sifat persatuan karena dibolehkannya bahasa Indonesia digunakan, peningkatan dari pendidikan dan kedisiplinan, mempererat tali silaturahmi antar tetangga dengan adanya Tonari Gumia atau RT dan dampak negatif pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang sosial yaitu perbudakan wanita Indonesia, romusha yang menyengsarakan rakyat, banyaknya tindakan kriminal dan terbatasnya kebebasan pers dalam mengambil berita.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 21 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan dampak positif penjajahan Jepang di bidang sosial!

Pembahasan Soal:

Pendudukan Jepang di Indonesia berlangsung pada umumnya memberikan dampak negatif. Akan tetapi, terdapat dampak positif yang dihasilkan selama pendudukan Jepang di Indonesia, salah satunya di bidang sosial. Pada masa pendudukan Jepang masyarakat harus menghormati dan menerapkan budaya dan adat istiadat Jepang. Mereka juga harus melakukan kegiatan kerja bakti (kinrohosyi). Kegiatan kerja bakti itu meliputi, pengumpulan bahan-bahan untuk perang, penanaman bahan makanan, penanaman pohon jarak, perbaikan jalan, dan pembersihan asrama. Masyarakat terutama pemuda juga harus mengikuti kegiatan latihan jasmani dan kemiliteran. Mereka harus benar-benar menjalankan semangat Jepang (Nippon Seishin). Penerapan kebijakan-kebijakan tersebut secara sosial telah berdampak pada penguatan rasa kebersamaan dan arti penting melakukan sesuatu secara bersama-sama akan membuat Indonesia semakin kuat.

Dengan demikian, dampak positif pendudukan Jepang dalam bidang sosial yakni adanya sistem kerja bakti (kinrohosyi) hingga menguatnya rasa persatuan karena diterapkannya semangat Jepang (Nippon Seishin).

0

Roboguru

Salah satu peninggalan pendudukan Jepang yang sampai sekarang masih dilestarikan oleh bangsa Indonesia adalah keberadaan Tonarigumi atau Rukun Tetangga (RT). Berikut ini tujuan pembentukan Tonarigumi ...

Pembahasan Soal:

RT dan RW mempunyai peranan yang cukup penting pada masa pendudukan Jepang. Pada tahun 1944, Jepang memperkenalkan sistem Tonari-gumi. Sistem ini dibentuk untuk mengorganisasikan seluruh penduduk dalam kelompok-kelompok yang terdiri atas 10 - 20 keluarga. Para kepala desa dan kepala dukuh atau ketua RT bertanggung jawab atas kelompok masing-masing. Selain itu, Tonari-gumi pun dibentuk karena kebutuhan Jepang untuk mengerahkan massa agar bekerja lebih giat. Bekerja itu kemudian menjurus ke arah kerja paksa, atau yang kita kenal dengan romusa. Untuk melaksanakan tugas pengerahan massa dengan baik, maka dibutuhkan tonarigumi (RT). Selain untuk mengorganisasikan penduduk, Tonari-gumi merupakan organisasi sosial yang efektif untuk mengawasi pengerahan tenaga kerja rakyat. Karena tenaga sepenuhnya disediakan untuk kepentingan Jepang, rakyat sendiri menjadi tidak terurus, ditambah lagi harus melakukan kerja paksa, maka kehidupan rakyat semakin menderita.

Dengan demikian, tujuan pembentukan Tonari-gumi pada masa pendudukan Jepang adalah untuk pengorganisasian penduduk, pengerahan penduduk untuk kerja paksa dan mengawasi pengerahan tenaga kerja rakyat dalam kerja paksa.

0

Roboguru

Upaya yang dilakukan Jepang dalam menghapus pengaruh kolonial Barat di kalangan rakyat Indonesia adalah...

Pembahasan Soal:

Semenjak berkuasa di Indonesia, Jepang melancarkan banyak sistem reformasi kebudayaan. Beberapa dari sistem reformasi tersebut diantara lain adalah, penghapusan keharusan untuk berbahasa Belanda jika berurusan dengan pemerintah, penggunaan bahasa Indonesia dan Jepang sebagai bahasa resmi yang dipakai dalam urusan resmi sehari - hari, serta pengibaran bendera merah putih disamping bendera Hinomaru. 


Dengan demikian, upaya yang dilakukan oleh Jepang untuk menghapus budaya kolonial barat adalah dengan menghapuskan kewajiban penggunaan bahasa Belanda, serta mendorong penggunaan simbol - simbol kebudayaan Jepang dan Indonesia.undefined 

0

Roboguru

Informasi tentang peninggalan-peninggalan pada zaman Jepang yang ada di Kabupaten Buol hingga saat ini.

Pembahasan Soal:

Kabupaten Buol adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Jepang pernah menguasai wilayah tersebut dan meninggalkan jejak sejarah. Salah satu potensi peninggalan masa kolonial yang belum banyak tersentuh adalah peninggalan masa penjajahan Jepang di Sulawesi Tengah dari tahun 1942 sampai dengan tahun 1945. Saat ini, benteng-benteng pertahanan tentara Jepang di beberapa wilayah kabupaten sudah menjadi reruntuhan dan belum pernah diadakan penelitian. Apabila hal ini terus dibiarkan, maka jejak kebudayaan yang mengandung nilai sejarah akan musnah tanpa dapat diketahui peranannya dalam perjalanan sejarah di Sulawesi Tengah. Misalnya, benteng pertahanan tentara Jepang berupa bunker atau veilbox di sepanjang pesisir pantai Kota Toli-Toli yang saat ini telah banyak mengalami kehancuran, padahal benteng ini merupakan bukti sejarah yang dapat dijadikan pengetahuan berharga bagi masyarakat mengenai pendudukan Jepang dan pengaruhnya di Sulawesi Tengah.

Dengan demikian, peninggalan pada zaman Jepang yang ada di Kabupaten Buol hingga saat ini adalah benteng pertahanan tentara Jepang berupa bunker atau veilbox di sepanjang pesisir pantai Kota Toli-Toli. Pada masa penjajahan Jepang di dalam bunker terdapat berbagai jenis senjata untuk menangkis serangan tentara sekutu. Namun, saat ini senjata-senjata tersebut telah banyak yang hilang atau disimpan penduduk.

0

Roboguru

Buatlah dampak positif dari pendudukan militer Jepang di berbagai bidang !

Pembahasan Soal:

Pendudukan Jepang di Indonesia pada umumnya memberikan dampak negatif pada masyarakat Indonesia. Akan tetapi, terdapat pula dampak positif dari pendudukan Jepang di Indonesia, dampak positif pendudukan Jepang di Indonesia antara lain.

  1. Diperbolehkannya bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa komunikasi nasional.
  2. Dalam segi ekonomi didirikannya kumyai yang kemudian menjadi koperasi yang berhaluan untuk keperluan bersama.
  3. Menghapuskan diskriminasi dalam sistem pendidikan, dan menggantinya dengan sekolah dengan jenjang 12 tahun (SD 6 tahun, SMP 3 tahun, dan SMA 3 tahun).
  4. Pembentukan strata warga hingga tingkat sangat bawah adalah rukun tetangga (RT) atau Tonarigumi.
  5. Diperkenalkan suatu sistem baru untuk pertanian adalah line system (sistem pengaturan bercocok tanam secara efisien) yang berhaluan untuk meningkatkan produksi pangan.
  6. Melatih mempersenjatai pemuda-pemuda Indonesia sebagai modal bertempur hingga pada akhirnya terbentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang merupakan asal usul TNI.

Dengan demikian, dampak positif pendudukan jepang antara lain diperbolehkannya penggunaan bahasa Indonesia, didirikannya kumyai, menghapuskan diskriminasi dalam pendidikan, membentuk strata warga, diperkenalkannya sistem pertanian dan melatih dan melatih dan juga mempersenjatai pemuda-pemuda Indonesia.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved