Roboguru

Jelaskan akibat pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang politik!

Pertanyaan

Jelaskan akibat pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang politik!

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Berikut adalah dampak dari pendudukan di bidang politik bagi bangsa Indonesia :

  1. Melakukan pelarangan terhap penggunaan dari Bahasa Belanda dan diizinkan untuk menggunakan Bahasa Indonesia. Diizinkan penggunaan dari Bahasa Indonesia untuk menjadi sebuah bahasa komunikasi yang digunakan secara nasional guna untuk meningkatkan rasa nasionalisme.
  2. Melakukan pembentuk dari badan persiapan kemerdekaan Indonesia yang dimana pada saat ini telah kita kenal dengan sebutan BPUPKI dan PPKI.
  3. Memberikan sebuah sikap dukungan untuk menjadi anti terhadap bangsa Belanda yang dimana tidak memberikan sebuah ruang untuk meningkatkan semangat akan nasionalisme dari bangsa Indonesia
  4. Memberikan sebuah kesempatan dari rakyat Indonesia untuk dapat bergabung ke dalam pemerintahan.
  5. Menerima sebuah dukungan dari rakyat Indonesia sehingga Jepang akan mendapatkan kekuatan.

Dengan demikian, dampak positif pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang politik yaitu melarang penggunaan Bahasa Belanda dan memperbolehkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar, dibentuknya badan persiapan kemerdekaan Indonesia, yaitu BPUPKI dan PPKI. Dengan kemunculan badan persiapan ini, muncullah ide Pancasila, mendukung semangat Anti-Belanda, sehingga secara tidak langsung Jepang ikut mendukung semangat jiwa nasionalisme Indonesia, memberi kesempatan bagi rakyat Indonesia untuk ikut serta dalam pemerintahan politik. Dampak positif pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang politik yaitu dilarangnya kegiatan politik dan dibubarkannya organisasi politik yang ada dan dilarangnya segala jenis rapat dan kegiatan politik.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Buatlah dampak positif dari pendudukan militer Jepang di berbagai bidang !

Pembahasan Soal:

Pendudukan Jepang di Indonesia pada umumnya memberikan dampak negatif pada masyarakat Indonesia. Akan tetapi, terdapat pula dampak positif dari pendudukan Jepang di Indonesia, dampak positif pendudukan Jepang di Indonesia antara lain.

  1. Diperbolehkannya bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa komunikasi nasional.
  2. Dalam segi ekonomi didirikannya kumyai yang kemudian menjadi koperasi yang berhaluan untuk keperluan bersama.
  3. Menghapuskan diskriminasi dalam sistem pendidikan, dan menggantinya dengan sekolah dengan jenjang 12 tahun (SD 6 tahun, SMP 3 tahun, dan SMA 3 tahun).
  4. Pembentukan strata warga hingga tingkat sangat bawah adalah rukun tetangga (RT) atau Tonarigumi.
  5. Diperkenalkan suatu sistem baru untuk pertanian adalah line system (sistem pengaturan bercocok tanam secara efisien) yang berhaluan untuk meningkatkan produksi pangan.
  6. Melatih mempersenjatai pemuda-pemuda Indonesia sebagai modal bertempur hingga pada akhirnya terbentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang merupakan asal usul TNI.

Dengan demikian, dampak positif pendudukan jepang antara lain diperbolehkannya penggunaan bahasa Indonesia, didirikannya kumyai, menghapuskan diskriminasi dalam pendidikan, membentuk strata warga, diperkenalkannya sistem pertanian dan melatih dan melatih dan juga mempersenjatai pemuda-pemuda Indonesia.

Roboguru

Pemerintah Jepang yang merupakan penjajah di Indonesia justru memberikan jabatan dalam kursi pemerintahan pada orang Indonesia karena....

Pembahasan Soal:

Setelah Jepang menduduki wilayah Indonesia dan mendirikan pemerintahannya dengan efektif maka dibutuhkan banyak pegawai di sektor pemerintahan. Pada saat itu, jumlah orang Jepang yang ada di Indonesia tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dalam pemerintahan. Demi mengawasi dan menjalankan pemerintahan secara efektif maka diperlukan orang-orang yang dapat dipercaya untuk memegang jabatan penting dalam pemerintahan. Jepang tidak ingin memanfaatkan orang-orang Belanda yang masih ada di Indonesia karena Jepang sendiri menanamkan sikap anti Barat. Jepang juga tidak ingin menggunakan tenaga dari masyarakat Timur Asing khususnya masyarakat Tiongkok karena dianggap berbahaya untuk mewujudkan cita-cita Jepang. Jepang dengan penuh pertimbangan Jepang memanfaatkan pendudukan Indonesia. Hal ini dilakukan agar bangsa Indonesia benar-benar bersedia membantu Jepang untuk memenangkan perang.

Roboguru

Perhatikan informasi berikut ini!     Persatuan Tentara Indonesia.  Pegawai Pos Telegraf Telepon dan Radio. Perkumpulan Pegawai Pos Menengah. Pengurus Pusat Wanita Indonesia. Organisasi Barisan...

Pembahasan Soal:

Dengan besarnya pengaruh yang dimiliki oleh Soekarno, menjadikan PUTERA sebagai organisasi yang terkenal dan berkembang pesat. Berikut merupakan organisasi-organisasi yang bergabung ke dalam PUTERA.
 

  1. Persatuan Guru Indonesia.space 
  2. Pegawai Pos Telegraf Telepon dan Radio.
  3. Perkumpulan Pegawai Pos Menengah.
  4. Pengurus Besar Istri Indonesia.
  5. Organisasi Barisan Banteng.
  6. Organisasi Badan Perantaraan Pelajar Indonesia.
  7. Ikatan Sport Indonesia.


Dengan bergabungnya banyak organisasi tersebut, membuat organisasi PUTERA semakin dikenal luas di berbagai daerah. Melihat perkembangan ini, Jepang pun menyadari kalau PUTERA lebih banyak menguntungkan Indonesia dibandingkan kepentingan Jepang. Maka dari itu, pada 1944 PUTERA dibubarkan.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D. space 

Roboguru

Organisasi PUTERA dibentuk untuk menggantikan gerakan Tiga A. Akan tetapi, pada 1944 PUTERA dibubarkan oleh jepang karena ....

Pembahasan Soal:

PUTERA adalah salah satu organisasi yang dibentuk oleh Jepang untuk menarik simpati bangsa Indonesia. Organisasi tersebut dipimpin oleh empat serangkai yakni Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara dan K.H. Mas Mansyur. Pada perkembangannya ternyata PUTERA dapat menimbulkan jiwa nasionalisme dan patriotisme anggotanya. Hal ini tentu menguntungkan bagi Indonesia.

Dengan demikian, Jepang membubarkan PUTERA karena lebih menguntungkan bangsa Indonesia daripada Jepang dan menggantinya dengan membentuk Jawa Hokokai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

 

 

Roboguru

Pelopor Gerakan 3 A yaitu?

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa selama pendudukan Jepang di Indonesia, terdapat berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintahan militer Jepang dimulai dari kebijakan politik hingga ekonomi. Salah satu kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang adalah Gerakan Tiga A. Gerakan Tiga A adalah propaganda dari Kekaisaran Jepang pada masa Perang Dunia II yaitu "Nippon Pemimpin Asia", "Nippon Pelindung Asia", dan "Nippon Cahaya Asia". Gerakan Tiga A didirikan pada tanggal 29 Maret 1942. Pelopor gerakan Tiga A ialah Shimizu Hitoshi. Ketua Gerakan Tiga A dipercayakan kepada Mr. Syamsuddin. Gerakan Tiga A bukanlah gerakan kebangsaan Indonesia. Gerakan ini lahir semata-mata untuk memikat hati dan menarik simpati bangsa Indonesia agar mau membantu Jepang. Gerakan Tiga A pertama kali melakukan kegiatan di Surabaya. Sayangnya, gerakan ini kurang mendapat perhatian rakyat, karena bukan gerakan kebangsaan Indonesia. Oleh karena kurang berhasil menggerakkan rakyat Indonesia dalam membantu usaha tentara Jepang, maka gerakan ini dibubarkan pada tahun 1943 dan digantikan oleh Putera (Pusat Tenaga Rakyat).

Dengan demikian, pelopor Gerakan Tiga A adalah Shimizu Hitoshi.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved