Roboguru

Jelaskan 4 faktor geografis yang berpengaruh terhadap keragaman budaya di Indonesia!

Pertanyaan

Jelaskan 4 faktor geografis yang berpengaruh terhadap keragaman budaya di Indonesia!undefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Keragaman budaya di Indonesia merupakan kekayaan yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Masyarakat Indonesia memiliki berbagai kebudayaan daerah yang bersifat kewilayahan. Keanekaragaman kebudayaan Indonesia mempunyai keunggulan dibandingkan dengan negara lain. Hal ini dikarenakan adanya faktor-faktor geografis yang memengaruhi keragaman budaya di Indonesia berikut ini.

  1. Letak geografis, letak atau lokasi suatu tempat sangat berpengaruh pada kebiasaan hidup suatu masyarakat. Contohnya masyarakat di daerah pantai umumnya bekerja sebagai nelayan dan yang berada di daerah dataran tinggi bekerja sebagai petani.
  2. Posisi strategis, sejak zaman dahulu Indonesia ramai didatangi bangsa asing melalui jalur pelayaran dan perdagangan. Dengan datangnya bangsa asing dan bertemu dengan penduduk lokal, memungkinkan adanya penggabungan kebudayaan.
  3. Kondisi ekologis, yaitu menitikberatkan pada hubungan antara manusia dan lingkungan, dalam kaitannya dengan keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Contohnya Rumah Honai di Papua yang dibuat tanpa jendela, dan atap yang rendah. Selain itu, atap rumah honai dibuat dari jerami atau ilalang. Tujuannya adalah untuk menjaga dan memerangkap panas agar penghuni rumah tidak kedinginan.
  4. Negara kepulauan, mengakibatkan setiap kelompok masyarakat memiliki pola kehidupan yang berbeda-beda dengan masyarakat yang berbeda pulau.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Entry

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan faktor-faktor berikut! Indonesia terdiri atas ribuan pulau Hutan hujan tropis yang lebat dan luas Kondisi morfologi wilayah yang beragam Indonesia pernah mengalami masa kolonialisme ...

Pembahasan Soal:

Faktor fisik pembentuk kebudayaan nasional yaitu kondisi geografis yang beragam, terdiri atas ribuan pulau, luas perairan, iklim cuaca dan ketinggian tempat. Budaya daerah merupakan hasil masyarakat dalam beradaptasi terhadap keadaan geografis wilayah yang mereka tinggali. Faktor 1, 2 dan 3 merupakan faktor fisik yang mempengaruhi kebudayaan nasional sedangkan faktor 4 merupakan faktor sejarah dan 5 merupakan faktor keterbukaan bangsa Indonesia terhadap dunia luar.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini ! Bangunan yang tampak pada gambar tersebut adalah masjid Kudus di Jawa Tengah yang merupakan perwujudan fisik dari adanya akulturasi budaya di Indonesia. Faktor yang m...

Pembahasan Soal:

Posisi geografis Indonesia yang sangat strategis menjadi salah satu faktor yang menyebabkan banyak kapal-kapal bangsa asing, seperti Tiongkok, Arab, dan India melewati Indonesia. Kedatangan bangsa asing ini banyak memberikan pengaruh terhadap kondisi kebudayaan di Indonesia, seperti masuknya budaya Islam dari Timur Tengah atau Hindu dari India. Budaya-budaya ini kemudian berinteraksi dengan budaya masyarakat Indonesia. Salah satu hasil interaksi antarbudaya tersebut adalah Masjid Kudus yang merupakan hasil akulturasi dari budaya Islam dan Hindu di Indonesia.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Dampak negara kepulauan terhadap struktur masyarakat!

Pembahasan Soal:

Negara kepulauan adalah negara yang terdiri atas beberapa kepulauan. Contoh dari negara kepulauan adalah Indonesia, Jepang, Filiphina dll. Negara kepulaun akan berdampak pada kondisi struktur masyarakat. Struktur masyarakat adalah susunan masyarakat yang meliputi agama, suku, ras, dan budaya. 

Dampak negara kepulauan terhadap struktur masyarakat adalah sebagai berikut:

  • Terciptanya kemajemukan agama, karena dengan bentuk negara kepulauan setiap pulau akan memiliki agama yang dominan. 
  • Suku dan Ras yang beragam, dengan bentuk negara kepulauan suku dan ras masyrakat beragam karena setiap masyrakat yang tinggal di pulau memiliki budaya dan ciri khas yang berbeda-beda.
  • Kekayaan Budaya, dengan bentuk negara kepulauan akan menciptakan kekayaan budaya karena setiap masyarakat yang tinggal mempunyai budaya yang khas.

Jadi, bentuk negara kepulauan akan berdampak pada struktur masyarakat yaitu, terciptanya kemajemukan agama, suku ras yang beragam, dan kekayaan budaya

 

0

Roboguru

Mengapa kondisi geografis dapat membuat adanya keberagaman?

Pembahasan Soal:

Kondisi geografis seperti letak geografis akan sangat berpengaruh pada kebiasaan hidup suatu masyarakat seperti hal nya masyarakat yang tinggal di pegunungan seperti Dieng  misalnya, mereka akan cenderung bermata pencaharian sebagai petani. Sedangkan untuk masyarakat yang tinggal di daerah pantai seperti Pelabuhan ratu  biasanya berprofesi sebagai nelayan.

Contoh lainnya, masyarakat yang tinggal di gunung, untuk membuat rumah mereka hangat, maka mereka membuat atap yang tidak terlalu tinggi. Sedangkan untuk masyarakat yang tinggal di pantai, mereka membuat atap setinggi mungkin untuk mencegah kegerahan disiang hari yang panas.

0

Roboguru

Perhatikan gambar wujud kebudayaan berikut! Sumber: https://ww.liputan6.com/lifestyle/read2186097/3-ritualpenguburan-khas-tana-toraja-sulawesi-selatan diunduh 27 Mei 2019 Tujuan pemakaman seperti ...

Pembahasan Soal:

Toraja terletak di wilayah perbukitan kapur. Hal ini menyebabkan lahan yang tersedia untuk kegiatan pertanian dan perkebunan di sana cukup terbatas. Oleh sebab itulah, sistem pemakaman masyarakat toraja dilakukan di tebing agar lahannya tidak habis oleh tanah kuburan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved