Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan 4 (empat) penyebab konflik dalam masyarakat yang beragam !

Jelaskan 4 (empat) penyebab konflik dalam masyarakat yang beragam !space space space

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Menurut Soerjono Soekanto, konflik sosial disebabkan oleh empat faktor yaitu : Perbedaan antarindividu. Setiap individu memiliki perbedaan - perbedaan, misalnya perbedaan pendirian, perasaan, dan pandangan. Apabila semua perbedaan ini tidak disikapi secara baik maka akan menimbulkan konflik antarindividu. Perbedaan kebudayaan. Individu baik disadari atau tidak tumbuh dengan dipengaruhi oleh lingkungan sosial. Lingkungan sosial atau kelompok ini mempengaruhi cara berpikir, bersikap dan akhirnya membentuk kepribadian. Perbedaan kepribadian akibat pola kebudayaan yang berbeda sering menjadi penyebab konflik antarkelompok masyarakat. Dalam interaksi individu atau antarkelompok cenderung berlawanan pola kebudayaannya sehingga menimbulkan rasa benci dan marah. Perbedaan kepentingan. Setiap individu dan kelompok memiliki kebutuhan dan kepentingan yang berbeda dalam mengerjakan sesuatu. Kepentingan dapat menyangkut politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Perbedaan kepentingan individu dan kelompok dapat menimbulkan konflik sosial, misalnya kepentingan pengusaha kayu yang menebang pohon di hutan dengan kelompok pecinta lingkungan. Apabila tidak disikapi secara bijak maka hal ini menimbulkan konflik antarkelompok. Perubahan sosial. Perubahan sosial sering disikapi secara berbeda oleh masyarakat. Cara pandang individu atau kelompok berbeda terhadap nilai, norma, dan perilaku masyarakat. Kaum muda umumnya cenderung cepat menerima perubahan. Sebaliknya kaum tua akan cenderung enggan menerima perubahan. Perbedaan ini tidak jarang menimbulkan konflik sosial.

Menurut Soerjono Soekanto, konflik sosial disebabkan oleh empat faktor yaitu :

  1. Perbedaan antarindividu. Setiap individu memiliki perbedaan - perbedaan, misalnya perbedaan pendirian, perasaan, dan pandangan. Apabila semua perbedaan ini tidak disikapi secara baik maka akan menimbulkan konflik antarindividu.
  2. Perbedaan kebudayaan. Individu baik disadari atau tidak tumbuh dengan dipengaruhi oleh lingkungan sosial. Lingkungan sosial atau kelompok ini mempengaruhi cara berpikir, bersikap dan akhirnya membentuk kepribadian. Perbedaan kepribadian akibat pola kebudayaan yang berbeda sering menjadi penyebab konflik antarkelompok masyarakat. Dalam interaksi individu atau antarkelompok cenderung berlawanan pola kebudayaannya sehingga menimbulkan rasa benci dan marah.
  3. Perbedaan kepentingan. Setiap individu dan kelompok memiliki kebutuhan dan kepentingan yang berbeda dalam mengerjakan sesuatu. Kepentingan dapat menyangkut politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Perbedaan kepentingan individu dan kelompok dapat menimbulkan konflik sosial, misalnya kepentingan pengusaha kayu yang menebang pohon di hutan dengan kelompok pecinta lingkungan. Apabila tidak disikapi secara bijak maka hal ini menimbulkan konflik antarkelompok.
  4. Perubahan sosial. Perubahan sosial sering disikapi secara berbeda oleh masyarakat. Cara pandang individu atau kelompok berbeda terhadap nilai, norma, dan perilaku masyarakat. Kaum muda umumnya cenderung cepat menerima perubahan. Sebaliknya kaum tua akan cenderung enggan menerima perubahan. Perbedaan ini tidak jarang menimbulkan konflik sosial.space space space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

64

Ega yulan Azura

Makasih ❤️

Putrie Maharanie Prabowo

Ini yang aku cari! Makasih ❤️ Bantu banget

Nur Mala

Makasih ❤️ Bantu banget

Pamela Azzara

Ini yang aku cari!

ARVIE DAMAR VIRGI

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Di bawah ini merupakan penyebab terjadinya konflik sosial yaitu ….

497

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia