Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati teks persuasi di bawah ini dengan saksama!


    Indonesia adalah negeri yang beraneka ragam dan bangsa yang multikultur. Artinya, banyak sekali kebudayaan yang tersebar dari ujung barat ampai ujung timur. Kebudayan nasional yang menjadi ciri khas bangsa khususnya.sebagai warga yang hidup di Indonesia, sebaiknya saat ini kita harus berpikir bahwa kebudayaan Indonesia mulai harus dijaga. Kenapa kebudayaan bangsa Indonesia harus dijaga? Ada beberapa faktor yang menyebabkan kebudayaan Indonesia harus dijaga. Di antaranya, banyak orang yang tidak mengenal budayanya sendiri.

    Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia lebih banyak menyebabkan seseorang malas untuk mengetahui bahkan untuk mengenalnya, sehingga tak heran jika ada orang yang tidak tahu tentang kebudayaan Indonesia. Bahkan dia sempat aneh dan terheran-heran jika melihat tari kecak misalnya atau mendengarkan lagu soleram. karena dia tak pernah mengetahuinya dan memang tidak pernah mau tahu.

    Tak hanya itu, globalisasi atau medernisasi yang terjadi pada dunia saat ini mempunyai pengaruh besar terhadap kelestarian budaya Indonesia. Melalui modernisasi kebudayaan dengan mudah kebudayaan asing dapat masuk ke Indonesia. Dan memang tidak mengherankan, kita bisa lihat dengan jelas dari beberapa media, kebudayaan asing telah merambah luas ke seluruh penjuru nusantara. Kebudayaan-kebudayaan asing ini ternyata lebih mudah membudaya dari pada kebudayaan asli yang sudah ada. Contohnya saja dalam cara berpakaian, kita lebih sering mengikuti orang-orang di luar sana untuk cara berpakaian.

    Dengan masuk dan berkembangnya budaya asing ke Indonesia membuat kebudayaan-kebudayaan daerah tersingkir. Tak jarang banyak kebudayaan daerah yang tidak lagi dimunculkan atau malah dapat dikatakan menghilang. Kebudayaan-kebudayaan daerah ini mulai meredup setelah kedatangan kebudayaan asing. Seperti wayang yang sekarang jarang sekali kita dapat saksikan pertunjukannya secara langsung. Atau tari jaipong yang benar-benar asli, karena yang sering kita lihat adalah tari jaipong yang sudah banyak mengalami perubahan.

    Generasi muda Indonesia pun ternyata lebih menyukai kebudayaan asing. Mereka kurang mencintai kebudayaannya sendiri, bahkan ada yang menganggapnya kampungan. Terlihat bahwa generasi muda sekarang lebih bergaya hidup hedonistikatau gaya hidup penuh hura-hura. Generasi muda saat ini lebih menyenangi kebebasan tanpa batas daripada kebebasan dengan batasan norma. Musik yang mereka dengarkan bukn lagi gending karismen atau tanjidor tapi musik yang mereka dengarkan adalah house music atau musik DJ, R&B, Hip-hop, metal dan lain-lain. Tarian mereka bukan lagi jaipongan, kecak, atau pendet tapi tarian mereka dengarkan adalah modern dance, break dance, dan lain-lain.

    Oleh karena itu, memang sudah saatnya kita sebagai orang Indonesia umumnya dan sebagai generasi muda terpelajar khusunya, harus mulai berpikir untuk menjaga kebudayaan Indonesia. Karena kebudayaan Indonesia adalah ciri khas bangsa Indonesia yang menjadi kebanggaan tersendiri dari bangsa Indonesia. Masyarakat dan pemerintah adalah pelaku sentral dalam proses pelestarian kebudayaan nasional.

    Kebudayaan Indonesia sebaiknya kita pelihara, kita juga dan kita lestarikan bersama-sama. Jangan sampai kita kehilangan budaya kita sendiri. Marilah kita sama-sama menjaga kebudayaan Indonesia agar jangan sampai terkubur dan hanya menjadi sejarah anak cucu kita di masa yang akan dating. Marilah kita bersama-sama menjaganya!

(Sumber: https://senaprie.wordpress.com/2012/11/26/karangan-persuasi/ dengan pengubahan)space 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan menggunakan teks persuasi di atas! c. Sebutkan kalimat persuasif yang digunakan penulis dalam paragraf di atas!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan menggunakan teks persuasi di atas!

c. Sebutkan kalimat persuasif yang digunakan penulis dalam paragraf di atas!space 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kalimat persuasif yang digunakan penulis dalam paragraf di atas adalah Marilah kita sama-sama menjaga kebudayaan Indonesia agar jangan sampai terkubur dan hanya menjadi sejarah anak cucu kita di masa yang akan datang. Marilah kita bersama-sama menjaganya!

kalimat persuasif yang digunakan penulis dalam paragraf di atas adalah Marilah kita sama-sama menjaga kebudayaan Indonesia agar jangan sampai terkubur dan hanya menjadi sejarah anak cucu kita di masa yang akan datang. Marilah kita bersama-sama menjaganya!space 

Iklan

Pembahasan

Teks persuasi merupakan jenis teks yang bertujuan untuk memengaruhi pembaca.Salah satu ciri teks persuasi adalah menggunakan kalimat persuasif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, persuasif memiliki arti bersifat membujuk secara halus. Misalnya, ayolah, marilah, hindari. Kalimat persuasif juga ditandai dengan penggunaan partikel -lah . Teks di atas merupakan teks persuasi yang berisi ajakan untuk menjaga kebudayaan Indonesia agar tidak hilang. Untuk melakukan hal tersebut, kita dapat melakukannya dengan memelihara dan melestarikan kebudayaan secara bersama-sama. Kalimat persuasif pada teks di atas dapat terlihat pada paragraf terakhir, tepatnya pada kalimat: Marilah kita sama-sama menjaga kebudayaan Indonesia agar jangan sampai terkubur dan hanya menjadi sejarah anak cucu kita di masa yang akan dating. Marilah kita bersama-sama menjaganya! Kalimatdi atas merupakan kalimat persuasif yang ditandai dengan kata marilah . Dengan demikian, kalimat persuasif yang digunakan penulis dalam paragraf di atas adalah Marilah kita sama-sama menjaga kebudayaan Indonesia agar jangan sampai terkubur dan hanya menjadi sejarah anak cucu kita di masa yang akan datang. Marilah kita bersama-sama menjaganya!

Teks persuasi merupakan jenis teks yang bertujuan untuk memengaruhi pembaca. Salah satu ciri teks persuasi adalah menggunakan kalimat persuasif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, persuasif memiliki arti bersifat membujuk secara halus. Misalnya, ayolah, marilah, hindari. Kalimat persuasif juga ditandai dengan penggunaan partikel -lah.

Teks di atas merupakan teks persuasi yang berisi ajakan untuk menjaga kebudayaan Indonesia agar tidak hilang. Untuk melakukan hal tersebut, kita dapat melakukannya dengan memelihara dan melestarikan kebudayaan secara bersama-sama.

Kalimat persuasif pada teks di atas dapat terlihat pada paragraf terakhir, tepatnya pada kalimat:

Marilah kita sama-sama menjaga kebudayaan Indonesia agar jangan sampai terkubur dan hanya menjadi sejarah anak cucu kita di masa yang akan dating. Marilah kita bersama-sama menjaganya!

Kalimat di atas merupakan kalimat persuasif yang ditandai dengan kata marilah.

Dengan demikian, kalimat persuasif yang digunakan penulis dalam paragraf di atas adalah Marilah kita sama-sama menjaga kebudayaan Indonesia agar jangan sampai terkubur dan hanya menjadi sejarah anak cucu kita di masa yang akan datang. Marilah kita bersama-sama menjaganya!space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Persuasi

Kebahasaan Teks Persuasi

Menganalisis Teks Persuasi

Menyusun Teks Persuasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

392

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut. (1) Perkembangan minat baca anak tidak hanya ditentukan oleh keinginan dan sikapnya terhadap bahan-bahan bacaan. Banyak faktor yang memengaruhi, baik faktor dari dalam maupu...

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia