Roboguru

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini berdasarkan isi teks laporan hasil observasi buku Keanekaragaman Fauna Indonesia: Seri Ikan! Apakah objek tersebut bersifat ilmiah atau nonilmiah?

Pertanyaan

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini berdasarkan isi teks laporan hasil observasi buku Keanekaragaman Fauna Indonesia: Seri Ikan!

Apakah objek tersebut bersifat ilmiah atau nonilmiah?space

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah sebuah teks yang memberikan informasi secara umum, rinci dan detail tentang suatu objek berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilmiah artinya bersifat ilmu; secara ilmu pengetahuan; memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan. Contohnya, pada buku pengetahuan, biografi, buku laporan, dan buku literatur.

Bersifat nonilmiah artinya bersifat subjektif, tidak didukung fakta umum, dan biasanya menggunakan gaya bahasa yang populer atau biasa digunakan (tidak terlalu formal).

  • Objek pada teks cerita yang berjudul "Dugong (Ikan Duyung) merupakan teks cerita yang diambil dari sebuah buku ensiklopedia yang bernama "Keanekaragaman Fauna Indonesia: Seri Ikan". Buku ensiklopedia itu sendiri dikategorikan sebagai buku pengetahuan karena bersifat ilmiah bukan imajinasi.
  • Adapun kalimat yang membuktikan objek tersebut bersifat imliah, yaitu pada kutipan kalimat pertama paragraf kesatu yang berbunyi "Duyung atau dugong memiliki nama Latin Dugong dugon."


Dengan demikian, objek tersebut bersifat ilmiah.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Isi paragraf di atas adalah....

Pembahasan Soal:

Isi paragraf merupakan inti atau bagian pokok dari paragraf tersebut. Untuk menentukan isi paragraf dapat dilakukan dengan menentukan ide pokoknya karena ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf.  Ide pokok terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, bisa pada kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir.

Ide pokok paragraf di atas terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Jadi, ide pokok paragraf di atas yaitu tentang jumlah air hujan. Berdasarkan ide pokoknya, dapat disimpulkan bahwa isi paragraf di atas adalah jumlah air hujan. Pada kalimat kedua dan ketiga juga membahas tentang jumlah air hujan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Tema teks laporan hasil observasi dari buku pengetahuan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks laporan observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Tema merupakan pokok pikiran yang dipakai sebagai dasar sebuah teks.

Dalam menyimpulkan tema yang dibahas dalam teks dapat dilakukan dengan menentukan ide pokok dalam setiap paragraf. Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, bisa pada kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir.

Ide pokok paragraf pertama terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Dengan demikian, ide pokok paragraf di atas yaitu tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas matahari dan semua objek ruang angkasa yang terikat oleh gaya gravitasinya.

Ide pokok paragraf kedua terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Jadi, ide pokok paragraf di atas yaitu kemenarikan tata surya untuk dipelajari.

Ide pokok paragraf ketiga terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Jadi, ide pokok paragraf di atas yaitu salah satu galaksi adalah The Milk Way atau Galaksi Bimasakti.

Dari beberapa ide pokok di atas, dapat disimpulkan bahwa tema yang dibahas dalam teks tersebut adalah pengamatan tentang tata surya.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Mengapa "lndahnya Teratai" termasuk teks laporan hasil observasi?

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang disusun berdasarkan hasil pengamatan suatu objek, peristiwa, dan sebagainya.

Untuk membedakannya dengan teks lain, teks laporan hasil observasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Disusun berdasarkan hasil penelitian
  • Disusun berdasarkan fakta
  • Bersifat objektif
  • Membahas sesuatu secara detail
  • Disusun secara lengkap

Teks di atas yang berjudul "Indahnya Teratai" merupakan teks laporan hasil observasi karena isinya tersusun berdasarkan hasil pengamatan dari objek berupa "tanaman teratai". Dari hasil pemaparannya juga mengandung berbagai macam fakta dan informasi penting terkait tanaman teratai, seperti asal usul nama tanamannya, ciri-ciri tanamannya, keunikannya, jenis-jenisnya,serta manfaatnya. Pemaparan yang ditulis dalam teks tersebut dibahas secara detail dan lengkap. 

0

Roboguru

Apa yang menjadi objek pengamatan dalam kutipan teks laporan hasil observasi tersebut?

Pembahasan Soal:

    Teks tersebut merupakan teks laporan hasil observasi (LHO). Teks LHO merupakan teks yang berisi penjabaran tentang suatu objek melalui kegiatan pengamatan/ penelitian. Penjabaran tersebut harus sesuai fakta yang ada, berupa data-data yang akurat. hal ini bertujuan untuk memperkuat informasi yang disampaikan dalam bentuk teks.

    Teks di atas menjelaskan tentang klasifikasi berdasarkan ciri dari salah satu bunga langka, yaitu bunga bangkai (Rafflesia arnoldy). Hal ini dapat dibuktikan pada pernyataan berikut ini.

Bunga bangkai mempunyai nama latin Rafflesia arnoldy. Bunga bangkai berhabitat asli di hutan Sumatra. Bunga ini memiliki ukuran yang lebih besar serta mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat. Bau yang menyengat ini berperan penting sebagai perliridungan dan berfungsi sebagai penarik perhatian serangga, seperti lalat dan kumbang untuk membantu penyerbukan. Dalam perkembangannya, bunga ini mampu menjulang tinggi sampai pada ketinggi empat meter.

    Dengan demikian, objek yang diamati pada kutipan teks di atas yaitu bunga bangkai (Rafflesia arnoldy).space 

0

Roboguru

Apakah bagian deskripsi umum sebagai gambaran umum objek telah disampaikan dengan jelas?

Pembahasan Soal:

Deskripsi umum merupakan bagian dari struktur teks laporan hasil observasi. Deskripsi umum berisi tentang definisi atau keterangan umum tentang subjek yang diamati atau dilaporkan. Informasi tersebut dapat  berupa nama latin, asal usul, kelas, dan informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan.


Bagian deskripsi umum sebagai gambaran umum objek pada teks laporan hasil observasi tersebut telah disampaikan dengan jelas.

Bagian deskripsi umum teks laporan hasil observasi tersebut yaitu:

    Lubang resapan biopori adalah lubang yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah. Biopori merupakan metode resapan air untuk mengatasi genangan air dengan eara meningkatkan daya resap air pada tanah. Metode ini dicetuskan oleh DR. Kamir Raziudin Brata, peneliti dari Fakultas Pertanian lnstitut Pertanian Bogor (IPB).

    Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang dimasukkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi hewan yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. ltulah yang membuat teknologi sederhana ini dinamakan biopori.

Pada kutipan tersebut telah disebutkan asal usul dan informasi tambahan mengenai lubang resapan biopori.Oleh karena itu bagian deskripsi umum pada teks tersebut telah disampaikan dengan jelas. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved