Roboguru

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini berdasarkan isi teks laporan hasil observasi buku Keanekaragaman Fauna Indonesia: Seri Ikan! Apakah objek tersebut bersifat generik atau spesifik?

Pertanyaan

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini berdasarkan isi teks laporan hasil observasi buku Keanekaragaman Fauna Indonesia: Seri Ikan!

Apakah objek tersebut bersifat generik atau spesifik?space

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah sebuah teks yang memberikan informasi secara umum, rinci dan detail tentang suatu objek berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung.

Salah satu ciri objek dari teks laporan hasil observasi adalah objek yang akan dibicarakan berupa objek tunggal, seperti suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep atau ekosistem tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), generik artinya umum; lazim; berhubungan dengan kekhasan sifat yang dimiliki oleh suatu kelompok. Sedangkan spesifik artinya  khusus; bersifat khusus; khas.

Berdasarkan penjelasan di atas, objek tersebut bersifat spesifik atau khusus karena objek yang dibicarakan merupakan objek tunggal tentang hewan yang bernama ikan duyung atau dugong. Hal ini sesuai dengan bunyi kalimat yang terdapat pada setiap paragraf, yaitu:

  • Pada paragraf pertama menjelaskan tentang "pengertian Duyung atau dugong".
  • Pada paragraf kedua menjelaskan tentang "Cara  dugong bergerak".
  • Pada paragraf ketiga dan keempat menjelaskan tentang "ciri-ciri fisik dugong dan fungsi anggota tubuh yang terdapat pada dugong".
  • Pada paragraf kelima menjelaskan tentang "Tempat hidup dugong".


Dengan demikian, objek tersebut bersifat spesifik.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Membahas masalah apakah cuplikan teks tersebut?

Pembahasan Soal:

Teka laporan hasil observasi adalah laporan berisi penjabaran umum mengenai sesuatu yang didasarkan pada hasil kegiatan observasi.

Cuplikan teks di atas menceritakan tentang jenis museum berdasarkan koleksi yang dimilikinya. Hal tersebut sesuai dengan bunyi pada kalimat kedua yaitu "Jenis museum berdasarkan koleksi yang dimiliki dibedakan menjadi dua jenis, yaitu museum umum dan museum khusus."


Dengan demikian, masalah yang dibahas pada cuplikan teks tersebut adalah mengenai perbedaan jenis museum umum dan museum khusus.space

0

Roboguru

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini berdasarkan isi teks laporan hasil observasi buku Keanekaragaman Fauna Indonesia: Seri Ikan! Apakah objek tersebut bersifat ilmiah atau nonilmiah?

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah sebuah teks yang memberikan informasi secara umum, rinci dan detail tentang suatu objek berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilmiah artinya bersifat ilmu; secara ilmu pengetahuan; memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan. Contohnya, pada buku pengetahuan, biografi, buku laporan, dan buku literatur.

Bersifat nonilmiah artinya bersifat subjektif, tidak didukung fakta umum, dan biasanya menggunakan gaya bahasa yang populer atau biasa digunakan (tidak terlalu formal).

  • Objek pada teks cerita yang berjudul "Dugong (Ikan Duyung) merupakan teks cerita yang diambil dari sebuah buku ensiklopedia yang bernama "Keanekaragaman Fauna Indonesia: Seri Ikan". Buku ensiklopedia itu sendiri dikategorikan sebagai buku pengetahuan karena bersifat ilmiah bukan imajinasi.
  • Adapun kalimat yang membuktikan objek tersebut bersifat imliah, yaitu pada kutipan kalimat pertama paragraf kesatu yang berbunyi "Duyung atau dugong memiliki nama Latin Dugong dugon."


Dengan demikian, objek tersebut bersifat ilmiah.space

0

Roboguru

Isi paragraf di atas adalah....

Pembahasan Soal:

Isi paragraf merupakan inti atau bagian pokok dari paragraf tersebut. Untuk menentukan isi paragraf dapat dilakukan dengan menentukan ide pokoknya karena ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf.  Ide pokok terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, bisa pada kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir.

Ide pokok paragraf di atas terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Jadi, ide pokok paragraf di atas yaitu tentang jumlah air hujan. Berdasarkan ide pokoknya, dapat disimpulkan bahwa isi paragraf di atas adalah jumlah air hujan. Pada kalimat kedua dan ketiga juga membahas tentang jumlah air hujan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Informasi yang sesuai dengan paragraf kedua teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Setiap teks mengandung informasi. Informasi-informasi penting dapat ditemukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Membaca seluruh teks dengan cermat
  • Menentukan ide pokok pada paragraf
  • Menandai informasi penting pada paragraf

Oleh karena itu, informasi yang sesuai dengan paragraf kedua teks laporan hasil observasi tersebut adalah vitamin D mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam darah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Buatlah tiga pertanyaan untuk mencari informasi penting dalam teks laporan hasil observasi tersebut!

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Informasi penting dalam teks laporan hasil observasi dapat ditemukan dengan membuat pertanyaan-pertanyaan berdasarkan isi teks laporan hasil observasi tersebut. Jawaban-jawaban atas pertanyaan tersebut merupakan informasi dalam teks laporan hasil observasi.

Dengan demikian, berikut tiga pertanyaan yang disusun berdasarkan isi teks laporan hasil observasi di atas:

  1. Berapa lama sebaiknya kita berjalan kaki dalam sehari untuk menjaga kesehatan tubuh?
  2. Apa risiko pekerja kantoran yang tidak suka berjalan kaki?
  3. Apa saja manfaat berjalan kaki?space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved