Pertanyaan

Jawablah pertanyaan berikut! Kulit adalah lapisan terluar tubuh yang terdiri atas epidermis, dermis, dan hipodermis (subkutan). Epidermis terbagi menjadi : Lapisan tanduk Lapisan malphigi Stratum corneum Stratum lucidum Stratum granulosum Stratum spinosum Stratum germinativum Jelaskan pengertian lapisan tanduk!

Jawablah pertanyaan berikut!

Kulit adalah lapisan terluar tubuh yang terdiri atas epidermis, dermis, dan hipodermis (subkutan).

Epidermis terbagi menjadi :

  1. Lapisan tanduk
  2. Lapisan malphigi
  3. Stratum corneum
  4. Stratum lucidum
  5. Stratum granulosum
  6. Stratum spinosum
  7. Stratum germinativum

Jelaskan pengertian lapisan tanduk! 

R. Fransisca

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Kulit merupakanpelindung yang menutupi seluruh permukaan tubuh. Kulit merupakan lapisan yang sangat tipis yang ketebalannya hanya beberapa milimeter. Kulit terdiri dari 3 lapisan yaitu epidermis (kulit ari), dermis (kulit jangat), dan hipodermis (subkutan). Epidermis tersusun atas beberapalapisan yaitu lapisan tanduk ( stratum corneum ), lapisan malphigi, lapisan granula ( stratum granulosum ), stratum spinosum, dan stratum germinativum . Lapisan tanduk merupakan lapisan terluar pada epidermis yang terdiri dari jaringan mati dengan banyak lapis sel pipih. Lapisan tanduk sering mengelupas dan digantikan oleh jaringan di bawahnya. Lapisan tanduk berfungsi untuk melindungi sel-sel di dalamnya dan mencegah masuknya kuman penyakit.

Kulit merupakan pelindung yang menutupi seluruh permukaan tubuh. Kulit merupakan lapisan yang sangat tipis yang ketebalannya hanya beberapa milimeter. Kulit terdiri dari 3 lapisan yaitu epidermis (kulit ari), dermis (kulit jangat), dan hipodermis (subkutan). Epidermis tersusun atas beberapa lapisan yaitu lapisan tanduk (stratum corneum), lapisan malphigi, lapisan granula (stratum granulosum), stratum spinosum, dan stratum germinativum. Lapisan tanduk merupakan lapisan terluar pada epidermis yang terdiri dari jaringan mati dengan banyak lapis sel pipih. Lapisan tanduk sering mengelupas dan digantikan oleh jaringan di bawahnya. Lapisan tanduk berfungsi untuk melindungi sel-sel di dalamnya dan mencegah masuknya kuman penyakit.undefined  

771

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagian kulit yang mengandung zat tanduk sehingga sewaktu-waktu mengelupasadalah ....

336

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia