Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar (B) atau salah (S)! Volume tidal sama dengan kapasitas vital paru-paru.

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar (B) atau salah (S)!

Volume tidal sama dengan kapasitas vital paru-paru.space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah SALAH (S).

jawaban yang tepat adalah SALAH (S).space space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Paru-paru merupakan organ dalam sistem pernapasan yang berfungsi dalam pertukaran gas oksigen dan karbondioksida. Paru-paru sendiri memiliki ruang sehingga dapat menampung udara yang masuk dari luar tubuh. Volume udara respirasi pada setiap orang berbeda-beda, tergantung pada ukuran paru-paru, kekuatan bernapas, dan cara bernapas. Terdapat beberapa jenis volume udara respirasi, salah satunya yaitu volume udara tidal. Volume udara tidal adalah volume udara hasil inspirasi atau ekspirasi pada setiap kali bernapas normal. Volume udara tidal bervariasi tergantung pada tingkat kegiatan seseorang. Pada umumnya, besaran volume tidal yaitu 500 ml. Jumlah dari beberapa jenis volume udara respirasi disebut dengan kapasitas. Salah satu jenis kapasitas udara paru-paru yaitu kapasitas vital. Kapasitas vital merupakan jumlah udara maksimal yang dapat masuk dan keluar paru-paru selama satu siklus pernapasan. Kapasitas vital sendiri terdiri dari penambahan volume tidal, volume cadangan inspirasi, dan volume cadangan ekspirasi. Pada umumnya, besaran kapasitas vital yaitu 4.500 ml. Oleh karena kapasitas vital paru-paru terdiri jadi penambahan volume tidal, cadangan inspirasi dan cadangan ekspirasi, maka tidak tepat jika volume tidal sama dengan kapasitas vital paru-paru. Jadi, jawaban yang tepat adalah SALAH (S).

Paru-paru merupakan organ dalam sistem pernapasan yang berfungsi dalam pertukaran gas oksigen dan karbondioksida. Paru-paru sendiri memiliki ruang sehingga dapat menampung udara yang masuk dari luar tubuh. 

Volume udara respirasi pada setiap orang berbeda-beda, tergantung pada ukuran paru-paru, kekuatan bernapas, dan cara bernapas. Terdapat beberapa jenis volume udara respirasi, salah satunya yaitu volume udara tidal. 

Volume udara tidal adalah volume udara hasil inspirasi atau ekspirasi pada setiap kali bernapas normal. Volume udara tidal bervariasi tergantung pada tingkat kegiatan seseorang. Pada umumnya, besaran volume tidal yaitu 500 ml.  

Jumlah dari beberapa jenis volume udara respirasi disebut dengan kapasitas. Salah satu jenis kapasitas udara paru-paru yaitu kapasitas vital. Kapasitas vital merupakan jumlah udara maksimal yang dapat masuk dan keluar paru-paru selama satu siklus pernapasan. Kapasitas vital sendiri terdiri dari penambahan volume tidal, volume cadangan inspirasi, dan volume cadangan ekspirasi. Pada umumnya, besaran kapasitas vital yaitu 4.500 ml. 

Oleh karena kapasitas vital paru-paru terdiri jadi penambahan volume tidal, cadangan inspirasi dan cadangan ekspirasi, maka tidak tepat jika volume tidal sama dengan kapasitas vital paru-paru. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah SALAH (S).space space 

Latihan Bab

Organ Pernapasan Manusia

Mekanisme Pernapasan Manusia

Gangguan Sistem Pernapasan

Sistem Pernapasan Hewan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

587

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gambarkan grafik pernafasan yang menunjukan kapasitas vital, udara pernafasan, kapasitas vital dan volume udara residu!

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia