Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jawa Tengah memproduksi beras, sedangkan Lampung memproduksi kopi. Jawa Tengah dapat memproduksi beras secara efisien. Demikian pula Lampung dapat memproduksi kopi secara efisien dan berkualitas. Hal ini menggambarkan adanya keunggulan ....

Jawa Tengah memproduksi beras, sedangkan Lampung memproduksi kopi. Jawa Tengah dapat memproduksi beras secara efisien. Demikian pula Lampung dapat memproduksi kopi secara efisien dan berkualitas. Hal ini menggambarkan adanya keunggulan .... space space 

  1. Kompetitif space space 

  2. Komparatif space space 

  3. Absolut space space 

  4. Bersaing space space 

Iklan

K. Kusnandar

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

jawaban yang tepat adalah pilihan C.space space  

Iklan

Pembahasan

Keunggulan mutlak ( absolut ) adalah jika negara tersebut mampu menghasilkan barang dan jasa lebih banyak (kuantitas produksi persatuan waktu atau produktivitas) daripada negara lain, dengan asumsi sumber daya alam yang digunakan sama. Keuntungan komparatif terjadi seandainya sebuah negara lebih unggul terhadap kedua macam produk yang dihasilkan, dengan biaya tenaga kerja yang lebih murah jika dibandingkan dengan biaya tenaga kerja di negara lain. Keunggulan kompetitif atau keunggulan bersaing adalah kemampuan yang diperoleh melalui karakteristik dan sumber daya suatu perusahaan untuk memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan lain pada industri atau pasar yang sama. Jawa Tengah memproduksi beras, sedangkan Lampung memproduksi kopi. Jawa Tengah dapat memproduksi beras secara efisien. Demikian pula Lampung dapat memproduksi kopi secara efisien dan berkualitas. Hal ini menggambarkan adanya keunggulan Keunggulan mutlak ( absolut ). Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Keunggulan mutlak (absolut) adalah jika negara tersebut mampu menghasilkan barang dan jasa lebih banyak (kuantitas produksi persatuan waktu atau produktivitas) daripada negara lain, dengan asumsi sumber daya alam yang digunakan sama.
Keuntungan komparatif terjadi seandainya sebuah negara lebih unggul terhadap kedua macam produk yang dihasilkan, dengan biaya tenaga kerja yang lebih murah jika dibandingkan dengan biaya tenaga kerja di negara lain.
Keunggulan kompetitif atau keunggulan bersaing adalah kemampuan yang diperoleh melalui karakteristik dan sumber daya suatu perusahaan untuk memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan lain pada industri atau pasar yang sama.

Jawa Tengah memproduksi beras, sedangkan Lampung memproduksi kopi. Jawa Tengah dapat memproduksi beras secara efisien. Demikian pula Lampung dapat memproduksi kopi secara efisien dan berkualitas. Hal ini menggambarkan adanya keunggulan Keunggulan mutlak (absolut).

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space space  

Latihan Bab

Perdagangan Internasional

Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah

Pengembangan Pusat-pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat

Pasar Bebas

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Red & Blue

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana pengaruh pusat pusat keunggulan ekonomi indonesia?

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia