Roboguru

Jaringan epidermis merupakan salah satu jaringan yang terdapat di seluruh bagian tumbuhan, baik pada akar, batang, maupun daun. Jelaskan perbedaan jaringan epidermis pada ketiga bagian tersebut!

Pertanyaan

Jaringan epidermis merupakan salah satu jaringan yang terdapat di seluruh bagian tumbuhan, baik pada akar, batang, maupun daun. Jelaskan perbedaan jaringan epidermis pada ketiga bagian tersebut! 

Pembahasan Soal:

Perbedaan epidermis pada organ daun, batang, dan akar adalah sebagai berikut.

  • Epidermis akar, terdiri atas satu lapis sel, susunan sel-sel rapat, dan dinding sel tipis sehingga mudah dilewati air. Sel epidermis akar dapat mengalami modifikasi menjadi rambut akar yang berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan.
  • Epidermis batang, tersusun oleh satu lapis sel tanpa ruang antarsel, dinding luar mengalami penebalan dari kutin yang disebut kutikula dan pada tumbuhan kayu yang tua terdapat kambium gabus.
  • Epidermis daun, terdiri atas satu lapis sel, dan dinding sel mengalami penebalan dari zat kutin (kutikula) atau lignin. Epidermis daun terdiri atas dua bagian yaitu epidermis atas dan bawah. Umumnya epidermis atas lebih tebal dibanding epidermis bawah karena dilapisi kutikula untuk mencegah penguapan yang terlalu besar. Pada epidermis terdapat stomata/mulut daun sebaagai derivat epidermis yang berfungsi untuk berlangsungnya pertukaran gas dari dan ke luar tubuh tumbuhan. Derivat epidermis daun lainnya adalah trikoma dan sel kipas. Trikoma berfungsi untuk mengurangi penguapan dan mengurangi gangguan predator. Sel kipas berperan dalam proses menggulungnya daun yang bertujuan untuk mengurangi penguapan.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 10 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved