Roboguru

Jarak septic tank dengan sumber air harus memenuhi aturan yang sudah ditentukan pemerintah. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya pencemaran biologis. Pencemaran biologis dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit penyebab penyakit. Contoh bakteri penyebab pencemaran biologis, yaitu ....

Pertanyaan

Jarak septic tank dengan sumber air harus memenuhi aturan yang sudah ditentukan pemerintah. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya pencemaran biologis. Pencemaran biologis dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit penyebab penyakit. Contoh bakteri penyebab pencemaran biologis, yaitu .... space 

  1. Fasciola hepatica, Escherichia coli, dan Entamoeba coli space 

  2. Fasciola hepatica, Escherichia coli, dan Giardia lambliaspace 

  3. Escherichia coli, Entamoeba coli, dan Salmonella typhosa space 

  4. Salmonella typhosa, Ascaris lumbricoides, dan Giardia lamblia space 

  5. Taenia saginata, Fasciola hepatica, dan Ascaris lumbricoidesspace 

Pembahasan Soal:

Pencemar biologis merupakan agen pencemar yang disebabkan oleh makhluk hidup (mikroorganisme). Pencemar biologis dapat berupa bakteri, protozoa, dan jamur. Bakteri pencemar air yang dapat mencemari apabila spick tank terlalu dekat dengan sumber air yaitu Escherichia coli, Entamoeba coli, dan Salmonella typhosa yang banyak terdapat pada tinja manusia. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat yaitu C.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Grafik yang menunjukkan pola untuk parameter BOD ditunjukkan oleh grafik nomor . . . .

Pembahasan Soal:

Apabila terjadi pencemaran di hulu sungai maka BOD yang jumlahnya besar ada di hulu sedangkan semakin ke hilir semakin berkurang. BOD dalam air di hulu digunakan bakteri dekomposer menguraikan senyawa organik pencemar sehingga kebutuhan BOD untuk bakteri di hilir semakin sedikit.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Perhatikan tabel dan pernyataan-pernyataan berikut! Tabel berikut menunjukkan hasil sebuah eksperimen untuk membandingkan kualias air yang diambil dari dua tempat, yaitu P dan Q Sampel Air ...

Pembahasan Soal:

Perubahan warna air terjadi karena dipengaruhi oleh jumlah kadar oksigen yang terdapat dari masing-masing jenis air. Hal ini dikarenakan, adanya aktivitas mikroba yang berada di perairan tersebut. Oksigen yang terlarut dalam air akan diserap oleh mikroorganisme untuk mendegradasi bahan buangan organik. Jadi, makin tinggi aktivitas mikroba menguraikan bahan organik, maka semakin cepat kandungan oksigen dalam air habis. Sehingga apabila warna biru dari metilen biru pada air makin jelas berarti kandungan oksigen makin banyak. Namun apabila warna birunya memudar, maka kandungan oksigennya semakin berkurang. Metilen biru adalah indikator terhadap kandungan oksigen yang terlarut dalam air dengan cara memberikan indikator warna biru pada air jika masih terdapat oksigen. Jadi, dengan adanya metilen biru kita bisa mengamati kandungan oksigen yang terlarut dalam air. Pernyataan yang tepat menjelaskan hasil eksperimen ditunjukkan oleh Q dan R. Pada daerah P memerlukan waktu 65 menit, sedangkan pada daerah Q memerlukan waktu 35 menit untuk air berubah menjadi tidak berwarna. Hal ini mengindikasikan bahwa, daerah P memiliki kualitas air yang lebih baik daripada daerah Q. Jumlah oksigen yeng terlarut dalam air pada daerah P lebih banyak dibandingkan pada daerah Q. Sehingga air yang diperoleh dari daerah P memiliki nilai BOD yang rendah dan mengandung mikroorganisme lebih sedikit.

Roboguru

Pada analisa coliform dengan metode pourplate inkubasi yang optimal pada suhu dan waktu ....

Pembahasan Soal:

Pada analisa coliform dengan metode pourplate inkubasi yang optimal pada suhu 35 derajat celcius selama 24 jam. Analisa coliform merupakan analisa yang dilakukan pada air untuk mengetahui apakah air di lokasi tersebut telah tercemar limbah domestic (feses) dan apakah sumber air tersebut dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Jika hasil analisis bakteri menunjukkan reaksi positif, maka sumber air tersebut tidak disarankan untuk memasak dan air minum karena berpengaruh langsung terhadap kesehatan.space space 

Roboguru

Cacing yang dijadikan sebagai indikator adanya pencemaran organik oleh limbah pemukiman adalah ....

Pembahasan Soal:

Pencemaran atau polusi merupakan masuknya bahan pencemar ke dalam lingkungan yang menyebabkan terganggunya keseimbangan lingkungan. Pencemaran dapat terjadi di tanah, air, dan udara. Salah satu jenis pencemaran yaitu pencemaran air. Untuk mengetahui tingkat pencemaran air dapat dilakukan pengukuran menggunakan parameter kima, fisika, dan biologi. Tubifex merupakan salah satu hewan yang dapat digunakan sebagai parameter biologi pada pencemaran air. Cacing Tubifex yang hidup di dasar sungai merupakan bioindikator terjadinya pencemaran yang parah oleh bahan organik. Artinya, jika populasi Tubifex besar, air sungai mengalami pencemaran bahan organik yang berat.

Berdasarkan uraian di atas, cacing yang dijadikan sebagai indikator adanya pencemaran organik oleh limbah pemukiman adalah Tubifex sp.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space space 

Roboguru

Hasil analisis secara kimia dan biologi terhadap tiga sampel air sumur sebagai berikut. Parameter Sampel Air Baku Mutu I II III Kimia      ...

Pembahasan Soal:

Adanya pencemaran dalam perairan dapat diketahui melalui uji kimia kualitas air. Beberapa parameter kimia kualitas air meliputi BOD, COD, DO, dan pH. 

-BOD à BOD atau Kebutuhan Oksigen Biologis (KOB) adalah jumlah oksigen terlarut yang diperlukan oleh mikroorganisme dalam air untuk menguraikan bahan organik. Semakin besar nilai BOD, tingkat pencemaran air semakin tinggi.

-COD à COD atau Kebutuhan Oksigen Kimiawi (KOK) merupakan jumlah oksigen yang diperlukan untuk mengurai seluruh bahan organik yang terkandung dalam air melalui reaksi kimia.

- DO à DO adalah kadar oksigen terlarut dalam air. Semakin kecil nilai DO, tingkat pencemaran air semakin tinggi.

- pH à pH adalah ukuran keasaman suatu perairan. Air bersih mempunyai pH 6,5-7,5. Air dengan pH yang lebih kecil atau lebih besar menunjukkan adanya pencemaran.

 Berdasarkan data di tabel, dapat diketahui bahwa sampel air II tercemar. Hal ini dibuktikan dengan memiliki pH 8,5 dan nilai BOD 8,8.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved