Roboguru

Janin berada dalam kandungan ibu selama kurang lebih 9 bulan 10 hari. Selama masa kehamilan tersebut, janin mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang memerlukan energi. Energi yang diperoleh janin berasal dari ibunya melalui plasenta. Menurut pemahamanmu, benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan pendapatmu!

Pertanyaan

Janin berada dalam kandungan ibu selama kurang lebih 9 bulan 10 hari. Selama masa kehamilan tersebut, janin mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang memerlukan energi. Energi yang diperoleh janin berasal dari ibunya melalui plasenta. Menurut pemahamanmu, benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan pendapatmu!space 

Pembahasan Soal:

Pernyataan tersebut benar karena, janin membutuhkan oksigen dan nutrisi untuk bisa hidup serta berkembang selama di dalam kandungan. Namun untuk mendapatkannya, bukan berarti janin bernapas melalui hidung atau makan melalui mulut. Oksigen dan nutrisi yang didapat oleh janin diperoleh dari tubuh ibunya. Oksigen dan nutrisi dari tubuh ibu akan dibawa oleh darah dan dialirkan ke dalam plasenta. Setelah itu, asupan tersebut akan ditransfer langsung ke janin melalui tali pusar yang terhubung dari plasenta ke janin. Proses ini mulai terjadi di bulan 2 kehamilan.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

L. Desia

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Terakhir diupdate 17 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan proses pembentukan plasenta!

Pembahasan Soal:

Proses pembentukan plasenta melalui beberapa tahapan, meliputi:

  1. Stadium berongga. pembentukan plasenta dimulai dari perkembangan trofoblas pada hari ke 8-9 setelah pembuahan. Sel membelah sehingga sel yang tadinya hanya selapis menjadi berlapis-lapis dan membentuk rongga yang banyak pada lapisan sinsitiotrofoblas (sinsitium).
  2. Sistem sirkulasi fetro martenal. Sinsitium tumbuh ke dalam endometrium (dinding rahim) dan menyebabkan pembuluh darah dinding rahim rusak sehingga sinsitium tadi bisa dialiri oleh darah dari ibu dengan perbaikan otomatis pembuluh darah karena masuknya organ baru.
  3. Terbentuknya rongga korion. Trofoblas menghasilkan lagi sekelompok sel yang akan membentuk jaringan penyambung lembut yang disebut mesoderm ekstraembrional. Jaringan ini merupakan jaringan penyambung antara lapisan dalam sitotrofoblas dengan sel selaput heuser. Bagian yang melekat dengan sitotrofoblas menjadi selaput korion (chorionic plate) sedangkan bagian yang melekat dengan sel selaput heuser menjadi pelindung yolk sac (kantung kuning telur).
  4. Terbentuknya tali pusat. Pada akhir minggu ketiga kehamilan, mesoderm yang terbentuk dari sitotrofoblas tersebut menjadi sel darah dan pembuluh darah kapiler. Dari waktu ke waktu, rongga korion semakin luas, sehingga jaringan embrional semakin terpisah dari sitotrofoblas atau selaput korion, hanya dihubungkan oleh sedikit jaringan mesoderm yang menjadi tangkai penghubung (connecting stalk). Connecting stalk nantinya akan berkembang menjadi tali pusar.
  5. Plasenta dewasa. Pembuluh darah dari trofoblas menembus rahim, trofoblas akan menjadi plasenta dewasa, terbentuklah sirkulasi yang sempurna melalui pembuluh darah tali pusar. Meskipun saling berhubungan, darah ibu dan darah janin tetap tidak bisa bercampur, sistem ini disebut sistem hemochorial (tetap terpisah oleh dinding pembuluh darah janin dan lapisan korion).

0

Roboguru

Bagian yang berfungsi untuk tempat pengeluaran zat makanan, O2, CO2, dan zat sisa antara ibu dan janin adalah ....

Pembahasan Soal:

Plasenta suatu organ dalam kandungan pada masa kehamilan yang berfungsi untuk pertukaran produk-produk metabolisme dan produk gas antara peredaran darah ibu dan janin, serta produksi hormon.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ! Jelaskan peran bagian yang diberi huruf P, Q, dan R!

Pembahasan Soal:

Bagian-bagian dari membran kehamilan adalah sebagai berikut:

  • P adalah Amnion yang berfungsi untuk melindungi janin dari tekanan, benturan, atau perubahan suhu yang drastis.
  • Q adalah Tali pusar, penghubung antara janin dengan plasenta pada endometriuin ibu. Tali pusar berguna menyalurkan zat makanan dan oksigen dari ibu serta mengeluarkan zat sisa yang dihasilkan janin untuk dibuang.
  • R adalah Sakus vitelinus atau kantong telur merupakan pelebaran endodermis. Sakus vitelinus merupakan tempat pembentukan sel darah dan pembuluh darah embrio. Sakus vitelinus dengan trofoblas berinteraksi membentuk korion. Berfungsi sebagai organ pencernaan dan pernapasan awal, membentuk sel darah dan pembuluh darah serta pertumbuhan gonad primitif embrio.

0

Roboguru

Plasenta menghubungkan ibu dengan bayi. Fungsi plasenta adalah . . . . Menyuplai makanan ke tubuh janin Memungkinkan karbon dioksida dari darah ibu berdifusi ke darah janin Mencegah mikroorganism...

Pembahasan Soal:

Plasenta merupakan organ yang terbentuk dan menempel pada dinding rahim sejak awal masa kehamilan. Plasenta memiliki peran yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Fungsi plasenta, meliputi :

  1. Menyuplai nutrisi atau makanan ke tubuh janin
  2. Menyuplai oksigen ke tubuh janin untuk pertumbuhan dan perkembangan janin
  3. Mencegah mikroorganisme masuk ke tubuh janin
  4. Membuang sisa metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan oleh janin. Zat sisa tersebut akan dialirkan kembali ke aliran darah Ibu dan kemudian dikeluarkan bersama sisa metabolisme Ibu.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Janin dalam rahim ibu memperoleh makanan dari  ....

Pembahasan Soal:

Plasenta berbentuk pipih dan berkembang dari korion dan sebagian endometrium, plasenta memungkinkan oksigen dan makanan dari darah ibu berdifusi ke darah janin. Selama pertumbuhan embrio, pada korion tumbuh struktur seperti jari-jari yang disebut vili korion. Vili korion mengandung pembuluh darah janin dari alantois. Dari pembuluh darah pada vili, makanan akan disirkulasikan ke vena umbilikus (tali pusar).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved