Roboguru

Jangan gemar berbuat dusta, kelak dirimu mendapat nista. Pesan gurindam di atas adalah berkaitan dengan kewajiban satu indranya, yaitu ....

Pertanyaan

Jangan gemar berbuat dusta,
kelak dirimu mendapat nista.


Pesan gurindam di atas adalah berkaitan dengan kewajiban satu indranya, yaitu ....space 

  1. penglihatan

  2. pendengaran

  3. pengecapan

  4. penciuman

Pembahasan Soal:

Gurindam adalah puisi lama yang terdiri dari dua bait, tiap bait terdiri dari dua baris kalimat dengan rima yang sama dan merupakan satu kesatuan yang utuh.

Pesan yang terkandung dalam gurindam tersebut adalah kita tidak boleh suka berbohong, karena akibat dari perbuatan itu adalah kita akan mendapat kehinaan dan kerendahan dalam hidup. Salah satu indera yang berhubungan dengan perbuatan tersebut adalah indera pengecapan yaitu lidah untuk berbicara.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Yuliani

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apabila anak tidak dilatih, Jika besar bapanya letih. Maksud gurindam tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Dalam gurindam di atas disebutkan bahwa jika seorang anak tidak dilatih, setelah dewasa ayahnya akan letih. Artinya, jika anak tidak dididik dengan baik sejak kecil, saat dewasa nanti dia hanya akan menyusahkan orang tuanya. Oleh arena itu jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Contoh gurindam yang tepat adalah ...

Pembahasan Soal:

Puisi rakyat merupakan kesusastraan rakyat warisan nenek moyang yang memiliki nilai-nilai dan berkembang dalam kehidupan masyarakat. Salah satu contoh jenis puisi rakyat adalah gurindam.

Gurindam adalah puisi yang terdiri dari dua bait dan dalam setiap baitnya ada dua baris kalimat dengan rima yang sama. Baris pertama dalam gurindam umumnya berupa persoalan atau masalah, sedangkan baris kedua berisi jawaban atau akibat dari masalah tersebut. Ciri-ciri gurindam, yaitu:

  • Terdiri atas dua baris.
  • Setiap baris terdiri dari 10-14 suku kata.
  • Rima akhirnya berpola a-a.
  • Baris pertama berisi sebab.
  • Baris kedua berisi akibat.
  • Umumnya memiliki makna petuah dan filosofi hidup

Berikut ini adalah analisis contoh gurindam yang tepat pada setiap pilihan jawaban, yaitu:

  • Pada pilihan A yang berbunyi "Buah duku buah durian, Hanya kamu kesayangan" memiliki ciri-ciri: terdiri dari dua baris, baris pertama berjumlah 9 suku kata, baris kedua berjumlah 8 suku kata, rima akhirnya berpola a-a, baris pertama merupakan sampiran, baris kedua merupakan isi, serta memiliki makna menghibur. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, jawaban pilihan A tidak termasuk contoh gurindam melainkan pantun.
  • Pada pilihan B yang berbunyi "Buah duku buah durian, Durian matang enak sekali" memiliki ciri-ciri: terdiri dari dua baris, baris pertama berjumlah 9 suku kata, baris kedua berjumlah 10 suku kata, rima akhirnya berpola a-b atau a-i, baris pertama dan kedua merupakan kata-kata biasa, serta tidak memiliki makna apapun. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, jawaban pilihan B tidak termasuk contoh gurindam.
  • Pada pilihan C yang berbunyi "Jika ingin jadi anak pintar, Setiap saat harus belajar" memiliki ciri-ciri: terdiri dari dua baris, baris pertama berjumlah 10 suku kata, baris kedua berjumlah 10 suku kata, rima akhirnya berpola a-a, baris pertama berisi sebab, baris kedua berisi akibat, serta memiliki makna petuah. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, jawaban pilihan C termasuk contoh gurindam.
  • Pada pilihan D yang berbunyi "Jika ingin menjadi mulia, Ingatlah selalu menjadi baik" memiliki ciri-ciri: terdiri dari dua baris, baris pertama berjumlah 10 suku kata, baris kedua berjumlah 11 suku kata, rima akhirnya berpola a-i, baris pertama dan kedua memiliki hubungan sebab-akibat, serta memiliki makna petuah. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, jawaban pilihan A tidak termasuk contoh gurindam karena pola rimanya tidak sesuai.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

0

Roboguru

Rima akhir dalam gurindam adalah...

Pembahasan Soal:

Gurindam berasal dari bahasa Tamil (India) “kirindam” yang diartikan sebagai perumpamaan. Gurindam diartikan sebagai karya sastra lama yang berbentuk seperti puisi dan terdiri dari dua baris kalimat dengan rima yang sama. Ciri-ciri gurindam, di antaranya adalah terdiri dari dua baris setiap baitnya, baris pertama memiliki pesan sebab, baris kedua memiliki pesan akibat, berima akhir sama, memiliki pesan moral di dalamnya, serta memiliki jumlah suku kata yang tidak tetap. Oleh sebab itu, rima akhir dalam gurindam adalah a-a, b-b, c-c karena gurindam terdiri atas dua baris dalam satu baitnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined

0

Roboguru

Dengan ibu hendaknya hormat Supaya badan dapat selamat Maksud gurindam tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Maksud yang terkandung dalam gurindam tersebut adalah ia ingin menyampaikan kepada pembaca bahwa jika ingin bahagia, kita harus menghormati ibu. Hal ini seperti yang terdapat pada ungkapan Dengan ibu hendaknya hormat (maksud pernyataan ini adalah kta harus menghormati ibu yang telah melahirkan kita). Sementara itu, pada kalimat selanjutnya, Supaya badan dapat selamat, maknanya agar kehidupan kita bahagia dan selamat dunia akhirat. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Jenis kata hubung yang digunakan dalam gurindam di atas adalah ...

Pembahasan Soal:

Gurindam adalah syair yang singkat yang terdiri dari dua baris, tiap baris terdiri atas 8-12 suku kata. Gurindam memiliki rima a-a, dan tiap baris adalah isi.

Kata hubung atau konjungsi merupakan kata sambung yang berfungsi menghubungkan suatu klausa dengan klausa lain, atau suatu kalimat dengan kalimat lain.

Jagalah hati jagalah lisan
Agar kau tidak hidup dalam penyesalan

Jenis kata hubung yang digunakan dalam gurindam di atas adalah subordinatif. Kata hubung subordinatif adalah kata hubung yang menyatakan tujuan atau harapan yang ditandai dengan kata agarbiar, supaya, dan lain-lain.

Dengan demikian, jenis kata hubung yang digunakan dalam gurindam di atas adalah subordinatif.undefined 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved