Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jamur yang dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menangani flu, pilek, diabetes, tekanan darah tinggi, serta mencegah kanker adalah….

Jamur yang dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk  menangani flu, pilek, diabetes, tekanan darah tinggi, serta mencegah kanker adalah….

  1. jamur tiram

  2. jamur kuping

  3. jamur merang

  4. jamur kancing

  5. jamur shiitake

Iklan

A. Gustinawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah E.

pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Jamur Shiitake ( Lentinula edodes ) dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menangani flu, pilek, diabetes, tekanan darah tinggi, serta mencegah kanker. Jamur ini mengandung senyawa kolin dan adenin yang dapat mencegah munculnya sirosis, tirosinase untuk menurunkan kadar kolesterol darah, dan steroid yang tinggi berupa ergosterol yang dapat dikonversi menjadi vitamin D dengan bantuan sinar matahari, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai suplemen vitamin D. Senyawa lentinan atau polisakarida yang diekstrak dari jamur Shiitake sudah diakui oleh PMDA Jepang sebagai obat antikanker. Selain lentinan, pada jamur Shiitake juga terdapat beberapa senyawa seperti Schizophyllan dari Schizophyllum commune dan senyawa PSK (polisakarida-krestin) dari Trametes versicolor . Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Jamur Shiitake (Lentinula edodes) dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menangani flu, pilek, diabetes, tekanan darah tinggi, serta mencegah kanker. Jamur ini mengandung senyawa kolin dan adenin yang dapat mencegah munculnya sirosis, tirosinase untuk menurunkan kadar kolesterol darah, dan steroid yang tinggi berupa ergosterol yang dapat dikonversi menjadi vitamin D dengan bantuan sinar matahari, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai suplemen vitamin D. Senyawa lentinan atau polisakarida yang diekstrak dari jamur Shiitake sudah diakui oleh PMDA Jepang sebagai obat antikanker. Selain lentinan, pada jamur Shiitake juga terdapat beberapa senyawa seperti Schizophyllan dari Schizophyllum commune dan senyawa PSK (polisakarida-krestin) dari Trametes versicolor. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Latihan Bab

Karakteristik Fungi

Klasifikasi Fungi Berdasarkan Morfologi

Klasifikasi Fungi Berdasarkan Cara Reproduksi Seksual

Peranan Fungi

166

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Fungsi cincin dan volva pada cendawan yaitu...

546

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia