Roboguru

Isilah tabel dibawah ini dengan lengkap! Nama organisasi sejarah kelahiran tujuan bentuk perjuangan Trikoro Darmo

Pertanyaan

Isilah tabel dibawah ini dengan lengkap!
Nama organisasi sejarah kelahiran tujuan bentuk perjuangan
Trikoro Darmo      

 

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan asas Tri Koro Dharmo!

Pembahasan Soal:

Trikoro Dharmo adalah organisasi himpunan para pemuda di Jawa pertama. Organisasi ini digagas oleh dr. Satiman Wirjosandjojo, Kadarman, dan Sunardi. Organisasi tersebut awalnya dibentuk sebagai tanggapan terhadap organisasi Budi Utomo yang dianggap konservatif, monoton, dan eksklusif. Kemudian muncul gagasan untuk menyatukan pemuda dari berbagai suku di Jawa. Oleh karena itu Tri Koro Dharmo berubah nama menjadi Jong Java. Tri Koro Dharmo memiliki tiga asas, yaitu:

  • menciptakan hubungan antara siswa pria di bumi di sekolah dan kursus kejuruan,
  • tambahkan pengetahuan umum ke setiap anggota,
  • membangkitkan dan mempertajam bahasa dan budaya Indonesia.

Jadi, jawabannya adalah menciptakan hubungan antar siswa, menambah pengetahuan umum, dan membangkitkan budaya dan bahasa Indonesia.

0

Roboguru

Salah satu organisasi pemuda yang muncul setelah Budi Utomo ialah Trikoro Dharmo. Trikoro Dharmo memiliki tiga visi mulia yang terdiri dari sakti, budi dan bhakti. Bhakti memiliki arti ....

Pembahasan Soal:

Tri Koro Dharmo merupakan organisasi himpunan para pemuda pertama kalinya di Indonesia yang berdiri pada tanggal 7 Maret 1915 di Batavia. Organisasi tersebut didirikan oleh R. Satiman Wiryosanjoyo. Tri Koro Dharmo berisi para pemuda pelajar STOVIA yang saat itu juga terdapat organisasi Budi Utomo. Organisasi ini digagas oleh dr. Satiman Wirjosandjojo, Kadarman, dan Sunardi. Organisasi ini memiliki kemiripan dengan Budi Utomo, yaitu menyebarkan semangat pendidikan dan kebudayaan bagi para anggotanya. Trikoro Dharmo memiliki tiga visi, yaitu Sakti yang berarti kekuasaan dan kecerdasan, Budi yang berarti bijaksana, serta Bhakti yang berarti kasih sayang.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Kebangkitan Nasional pada intinya adalah...

Pembahasan Soal:

Kebangkitan Nasional merupakan konsep yang muncul untuk menunjukan periode bangsa Indonesia menyadari akan perlunya persatuan untuk melawan penjajah. Terlebih dengan kelahiran Budi Utomo pada 20 Mei 1908, yang dijadikan sebagai tonggak bangkitnya nasionalisme rakyat Indonesia. Kemudian dalam perkembangannya organisasi-organisasi dijadikan sebagai alat perjuangan disamping upaya konfrontasi dengan penjajah. Makna Kebangkitan Nasional adalah masa di mana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran akan suatu bangsa yang memiliki tujuan satu yakni kemerdekaan Indonesia. 

Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Bagaimana peran beliau dalam Pergerakan Nasional?

Pembahasan Soal:

Dokter Wahidin Soedirohoesodo terkenal sebagai pelopor semangat kebangsaan. Beliau adalah tokoh yang mengilhami lahirnya organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Hari lahir organisasi Budi Utomo itu kemudian kita peringati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Di Jakarta, Dokter Wahidin Sudirohusodo mencoba mengunjungi para pelajar STOVIA dan menjelaskan detail gagasannya. Saat itu, beliau menganjurkan agar para pelajar itu mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Ternyata gagasan Sudirohusodo ini mendapat sambutan baik dari para pelajar STOVIA itu. Mereka juga sependapat dan menyadari bagaimana buruknya nasib rakyat Indonesia pada waktu itu. Pada tanggal 20 Mei 1908, Sutomo dan kawan-kawannya mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama Budi Utomo.

Dengan demikian, gambar pada soal adalah gambar tokoh yang bernama Dokter Wahidin Soedirohoesodo, peran beliau dalam Pergerakan Nasional adalah menganjurkan agar para pelajar STOVIA mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa dan ikut memikirkan bagaimana buruknya nasib rakyat Indonesia pada waktu itu dan menjadi pelopor semangat kebangsaan yang pada akhirnya bersama teman-temannya ikut mendirikan organisasi Budi Utomo.

0

Roboguru

Berilah tanda ceklis (V) pada jawaban yang paling tepat!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, pergerakan nasional merupakan istilah yang digunakan pada fase sejarah Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Pergerakan nasional terjadi dalam kurun waktu 1908-1945. Kemudian di 1908 lahir organisasi modern dengan cita-cita nasional. Pergerakan nasional terjadi dalam kurun waktu 1908-1945. Dalam buku Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia (2015) karya Ahmadin, 1908 dijadikan sebagai awal pergerakan nasional karena pada masa tersebut perjuangan yang dilakukan rakyat masuk dalam kategori bervisi nasional. Pada 1907, Wahidin bertemu denghan Soetomo, mahasiswa STOVIA dan membentuk organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini merupakan organisasi pertama yang didirikan oleh bangsa Indonesia dan beranggotakan mahasiswa STOVIA. Berdirinya organisasi merupakan awal kebangkitan nasional atau pergerakan nasional. Pergerakan nasional merupakan istilah yang digunakan pada fase sejarah Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Pergerakan nasional terjadi dalam kurun waktu 1908-1945.


 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved