Roboguru

Isi yang terkandung dalam kutipan fabel tersebut adalah ....

Pertanyaan

Isi yang terkandung dalam kutipan fabel tersebut adalah ....undefined 

  1. tokoh yang semena-mena terhadap tokoh lainundefined 

  2. tokoh yang ingin selalu dipuji oleh tokoh lainundefined 

  3. tokoh yang berniat memamerkan kegagahannyaundefined 

  4.  tokoh yang merasa iri karena kegagahan tokoh lainundefined 

Pembahasan Soal:

Teks tersebut menceritakan kesombongan harimau yang membuat Kancil marah karena Harimau suka semena-mena pada binatang yang lain yang lebih kecil dan lemah. Hingga akhirnya, Kancil bertemu Kelinci. Mereka berbincang-bincang tentang tingkah laku harimau dan mencoba mencari ide bagaimana cara membuat si Harimau kapok.

Jadi, bisa disimpulkan, isi yang terkandung dalam kutipan fabel tersebut adalah tokoh (Harimau) yang semena-mena terhadap tokoh lain dan membuat Kancil mencari ide supaya Harimau kapok.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 28 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 7! Di pedalaman sebuah hutan yang hijau, ketika musim panas tiba, seekor semut bersama kawanannya tampak akur, berjalan bergerombol...

Pembahasan Soal:

Tema adalah gagasan utama yang disampaikan di dalam cerita. Fabel di atas menceritakan seekor ayam hutan yang sombong dan tidak mau mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk saat musim hujan tiba. Akibatnya, ia tenggelam dan mati kelaparan. Berdasarkan cerita tersebut, dapat disimpulkan bahwa tema fabel di atas adalah kesombongan yang membawa petaka. Jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Analisislah tema dari teks fabel di atas!

Pembahasan Soal:

Tema adalah Ide atau juga gagasan inti sebuah cerita. Tema cerita di atas ialah menghargai diri sendiri. Hal ini dapat dilihat pada sifat siput yang tidak menghargai kelebihan yang dimilikinya padahal cangkang siput dapat menyelamatkan siput dari pemangsa.

Jadi, tema cerita di atas ialah menghargai diri sendiri.space 

Roboguru

Tema kutipan fabel tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI, pengertian fabel adalah cerita yang menggambarkan watak serta budi manusia namun pelakunya diperankan binatang. Di dalamnya memiliki pendidikan moral dan budi pekerti. Fabel adalah cerita fiksi atau khayalan belaka.

Unsur Intrinsik Fabel:

  1. Tema. Tema merupakan gagasan utama dalam suatu cerita.
  2. Tokoh dan penokohan. Tokoh dalam fabel berupa binatang. Tokoh ini diberi citraan (penokohan) sebagai binatang yang berperilaku seperti manusia
  3. Latar. Latar di dalam fabel dibagi menjadi tiga yaitu latar waktu, tempat, dan suasana.
  4. Alur. Alur merupakan jalan cerita atau urutan suatu peristiwa yang diceritakan di dalam sebuah cerita. Alur dibagi menjadi empat yaitu alur maju, mundur, campuran, dan sorot balik. Namun,  biasanya fabel itu menggunakan alur maju atau urutannya dari awal cerita hingga akhir cerita.
  5. Sudut pandang. Sudut pandang adalah cara yang digunakan pengarang untuk bercerita. Sudut pandang dibagi menjadi dua yaitu sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Jika sudut pandang orang pertama, pengarang terlibat dalam cerita tersebut. Jika sudut pandang orang ketiga, pengarang tidak terlibat dalam cerita tersebut
  6. Amanat. Amanat adalah pesan moral yang terdapat pada suatu cerita.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka tema dari fabel di atas adalah moral untuk tidak sombong dan mengejek orang lain serta menghargai orang lain. Hal ini dibuktikan pada kalimat "Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kami hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?".

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Roboguru

Raja Kuripan mempunyai dua orang putra, yaitu Raden Panji dan Raden Anom. Raden Anom lebih cerdas daripada Raden Panji. Raden Panji menjadi iri hati melihat kecerdasan Raden Anom. Oleh karena itu, ia ...

Pembahasan Soal:

Watak dalam teks fiksi merupakan cara pengarang dalam memerankan tokoh-tokohnya dalam cerita. Watak tokoh dapat disimpulkan dari penggambaran fisik, penggambaran tindakan tokoh, dialog tokoh, monolog, atau komentar/narasi penulis terhadap tokoh. Watak Raden Panji dan Raden Anom digambarkan dari narasi penulis terhadap tokoh. Pada kalimat dua, penulis menggambarkan watak tokoh menggunakan narasi berupa Raden Anom lebih cerdas daripada Raden Panji.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined

Roboguru

Sebutkan latar waktu dan tempat pada kutipan fabel tersebut!

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Latar ialah keterangan mengenai waktu, ruang dan suasana terjadinya lakuan dalam karya sastra. Latar tempat (berkaitan dengan di mana peristiwa dalam cerita itu terjadi). Latar waktu (berkaitan dengan kapan peristiwa dalam cerita terjadi). Latar Suasana (berkaitan dengan perasaan atau suasana kejadian peristiwa dalam cerita itu terjadi).

Jenis atau macam-macam latar diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Latar waktu. Menjelaskan kapan tokoh ataupun si pelaku melakukan sesuatu pada saat kejadian peristiwa dalam cerita yang sedang telah terjadi. Misalnya: Pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, di zaman dulu, dimasa depan, dan lain sebagainya.
  2. Latar tempat. Menjelaskan dimana tokoh ataupun si pelaku melakukan sesuatu pada saat kejadian peristiwa dalam cerita yang sedang telah terjadi. Seperti misalnya: di sungai, di hutan, di rumah, di lapangan.
  3. Latar suasana. Menjelaskan situasi apa saja yang terjadi ketika saat si tokoh atau si pelaku malakukan sesuatu. Seperti misanya: saat galau, gembira, lelah, dan lain sebagainya.

Berdasarkan penjelasan di atas, latar tempat pada kutipan fabel tersebut adalah hutan belantara. Hal ini dibuktikan pada kalimat di hutan belantara hiduplah seekor Landak. Latar waktu pada kutipan teks tersebut adalah malam hari. Hal ini terdapat pada kalimat mencari makan pun dia hanya berani pada malam hari disaat binatang lain tidur pulas.

Dengan demikian, latar waktu dan latar tempat pada kutipan fabel di atas adalah malam hari dan hutan belantara.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved