Iklan

Iklan

Pertanyaan

Isi titik-titik dengan kata yang sesuai! Pernapasan dada dan pernapasan perut tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Keduanya terjadi bersamaan. Proses masuknya udara (inspirasi) pada pernapasan dada diawali dengan otot antar tulang rusuk yang mengalami (9)................................, volume rongga dada (10) ....................... sehingga tekanan udara di paru-paru (11)................................ dibanding tekanan udara di (12) ....................................... Akibatnya udara luar (13) ................................. ke dalam (14) .................................... Sedangkan proses keluarnya udara (ekspirasi) pada pernapasan dada diawali dengan otot interkostal (otot antar tulang rusuk (15) .........................................volume ronggadada (16).....................................sehingga tekanan udara di paru-paru (17) ....................... dibandingkan tekanan udara di (18) ........................................ Akibatnya udara (19) ............................. dari (20) ................. ke (21) ......................​ Kata yang tepat untuk melengkapi no 12adalah. . . .

Isi titik-titik dengan kata yang sesuai!

Pernapasan dada dan pernapasan perut tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Keduanya terjadi bersamaan. Proses masuknya udara (inspirasi) pada pernapasan dada diawali dengan otot antar tulang rusuk yang mengalami (9)................................, volume rongga dada (10) ....................... sehingga tekanan udara di paru-paru (11)................................ dibanding tekanan udara di (12) ....................................... Akibatnya udara luar (13) ................................. ke dalam (14) .................................... Sedangkan proses keluarnya udara (ekspirasi) pada pernapasan dada diawali dengan otot interkostal (otot antar tulang rusuk (15) .........................................volume ronggadada (16).....................................sehingga tekanan udara di paru-paru (17) ....................... dibandingkan tekanan udara di (18) ........................................ Akibatnya udara (19) ............................. dari (20) ................. ke (21) ......................​

Kata yang tepat untuk melengkapi no 12 adalah. . . .

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Titik-titik nomor 12 akan tepat diisi dengan kata luar tubuh atau lingkungan luar. Pada pernapasan dada ditandai dengan perubahan volume rongga dada yang diakibatkan oleh otot antar tulang rusuk. Mekanismenya dibagi menjadi 2 fase yaitu inspirasi dan ekspirasi. Fase inspirasi merupakan fase masuknya udara ke dalam rongga dada karena kontraksi otot antar tulang rusuk yang menyebabkan rongga dada membesar (tekanan rongga dada lebih kecil daripada udara luar). Sedangkan fase ekspirasi merupakan fase keluarnya udara dari paru-paru akibat otot antar tulang rusuk mengalami relaksasi dan mengakibatkan rongga dada mengecil (tekanan luar lebih kecil dibanding rongga dada)

Titik-titik nomor 12 akan tepat diisi dengan kata luar tubuh atau lingkungan luar.

Pada pernapasan dada ditandai dengan perubahan volume rongga dada yang diakibatkan oleh otot antar tulang rusuk. Mekanismenya dibagi menjadi 2 fase yaitu inspirasi dan ekspirasi. Fase inspirasi merupakan fase masuknya udara ke dalam rongga dada karena kontraksi otot antar tulang rusuk yang menyebabkan rongga dada membesar (tekanan rongga dada lebih kecil daripada udara luar). Sedangkan fase ekspirasi merupakan fase keluarnya udara dari paru-paru akibat otot antar tulang rusuk mengalami relaksasi dan mengakibatkan rongga dada mengecil (tekanan luar lebih kecil dibanding rongga dada)

Latihan Bab

Organ-Organ Pernapasan

Mekanisme Pernapasan

Gangguan pada Sistem Pernapasan dan Upaya Pencegahannya

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

64

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Otot apa saja yang bekerja dalam mekanisme pernapasan pada manusia?

467

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia