Roboguru

Inti teori Osilasi mengenai pembentukan Jagat Raya adalah ....

Pertanyaan

Inti teori Osilasi mengenai pembentukan Jagat Raya adalah ....

  1. Jagat Raya terbentuk karena adanya suatu massa besar yang kemudian meledak

  2. Jagat Raya sudah ada sejak waktu yang tak terbatas

  3. Jagat Raya terbentuk karena adanya siklus materi

  4. alam semesta tidak ada awalnya dan tidak akan berakhir

  5. kumpulan dari galaksi-galaksi dalam berbagai bentuk

Pembahasan Soal:

Teori osilasi atau teori ekspansi dan kontraksi mengatakan bahwa alam semesta mengalami dua siklus materi yaitu keadaan mengembang dan memampat. Satu siklusnya diperkirakan akan berlangsung selama 30 milyar tahun. Ketika siklus mengembang yang disebabkan oleh adanya reaksi inti hidrogen, terciptalah galaksi-galaksi. Keadaan ini akan terjadi terus menerus hingga akhirnya bintang-bintang akan mati dan memampat kemudian terjadi pengembangan lagi dan seterusnya.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan: (1) mempunyai ekor; (2) memiliki cahaya sendiri; (3) mempunyai cincin; (4) memiliki bentuk-bentuk tertentu; (5) ada inti cahaya yang lebih terang dipusarannya. Ciri-ciri galaksi terd...

Pembahasan Soal:

Teori Mengembang dan Memampat (The Oscillating Theory), teori ini dikenal pula dengan teori ekspansi dan konstraksi. Menurut teori ini jagat raya terbentuk karena adanya suatu siklus materi yang diawali dengan massa ekspansi (mengembang) yang disebabkan oleh adanya reaksi inti hidrogen. Pada tahap ini terbentuklah galaksi- galaksi. Tahap ini diperkirakan berlangsung selama 30 miliar tahun. Selanjutnya, galaksi-galaksi dan bintang yang telah terbentuk akan meredup kemudian memampat didahului dengan keluarnya pancaran panas yang sangat tinggi. Setelah tahap memampat, maka tahap berikutnya adalah tahap mengembang dan kemudian pada akhirnya memampat lagi. Maka proses akan berulang dan menjadi sebuah siklus.

Berdasarkan ciri khas yang ada pada teori tersebut terdapat pada pilihan jawaban E. siklus materi menjadi jawaban yang tepat.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan di bawah ini! Terjadi karena peristiwa dentuman dahsyat Galaksi bergerak dengan jarak konstan Materi jagat raya berasal dari hidrogen Jagat raya senantiasa mengembang ke se...

Pembahasan Soal:

Teori ekspansi atau disebut juga dengan Oscillating theory (teori mengembang dan memapat) merupakan penyataan bahwa jagat raya senantiasa bergerak menjauhi pusat alam dalam kata lain mengembang ke segala arah.Dalam masa ekspansi terbentuklah galaksi-galaksi serta bintang-bintang yang ada di dalamnya, ekspansi ini terjadi karena adanya reaksi inti hidrogen pada akhirnya membentuk unsur lain yang lebih kompleks. Tokoh Hubble yang mengemukakakn teori ini juga berpendapat berbagai galaksi yang telah di amati tersebut bergerak saling menjauh dengan perbandingan jarak yang konstan. Semakin jauh suatu galaksi maka semakin besar pula kecepatannya.

Berdasarkan penyataan tersebut maka opsi yang tepat adalah materi jagat raya berasal dari hidrogen
dan jagat raya senantiasa mengembang ke segala arah yang ada pada nomor 3 dan 4.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space  

0

Roboguru

Ciri khas teori The Oscillating theory tentang pembentukan alam raya adalah adanya ...

Pembahasan Soal:

Teori Ekspansi dan Kontraksi (The Oscillating Theory). Teori ini dikenal pula dengan nama teori ekspansi dan konstraksi. Menurut teori ini jagat raya terbentuk karena adanya suatu siklus materi yang diawali dengan massa ekspansi (mengembang) yang disebabkan oleh adanya reaksi inti hidrogen. Pada tahap ini terbentuklah galaksi-galaksi. Tahap ini diperkirakan berlangsung selama 30 miliar tahun. Selanjutnya, galaksi-galaksi dan bintang yang telah terbentuk akan meredup kemudian memampat didahului dengan keluarnya pancaran panas yang sangat tinggi. Setelah tahap memampat, maka tahap berikutnya adalah tahap mengembang dan kemudian pada akhirnya memampat lagi.

0

Roboguru

Proses pendinginan mengakibatkan bumi susut dan mengkerut sehingga membentuk relief pegunungan. Penyataan ini terdapat dalam teori ....

Pembahasan Soal:

Berikut ini adalah teori pembentukan dan perubahan kulit/permukaan bumi.

  1. Teori Kontraksi (Contraction Theory) merupakan teori yang menyebutkan bahwa bumi semakin lama semakin susut dan mengerut akibat adanya proses pendinginan. Proses ini mengakibatkan bagian permukaan bumi membentuk pegunungan dan lembah-lembah.
  2. Teori Dua Benua (Laurasia-Gondwana Theory) menyatakan dahulu bumi terdiri atas dua benua yang sangat besar, yaitu Laurasia dan Gondwana. Kedua benua tersebut kemudian bergerak dan berpecah menjadi beberapa benua sampai seperti saat ini.
  3. Teori Pengapungan Benua (Continental Drift Theory) menyebutkan bahwa bumi pada awalnya terdiri dari satu benua yang sangat besar, disebut Pangea. Benua ini kemudian terpecah dan berpencar ke arah barat karena gaya sentrifugal yang disebabkan oleh gerak rotasi bumi.
  4. Teori Konveksi (Convection Theory) adalah teori yang menyatakan bahwa di dalam bumi yang masih panas terjadi aliran konveksi ke arah lapisan kulit bumi yang ada di atasnya. Arus konveksi yang membawa lava sampai ke permukaan bumi kemudian membeku dan membentuk lapisan kulit bumi yang baru.
  5. Teori Lempeng Tektonik (Tectonic Plate Theory) menyatakan bahwa kulit bumi terdiri dari lempeng tektonik yang berada di atas lapisan astenosfer yang bersifat cair. Lempeng tektonik tersebut selalu bergerak karena adanya arus konveksi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined

0

Roboguru

Gambar tersebut adalah ilustrasi teori pembentukan jagat raya ....

Pembahasan Soal:

Gambar di atas adalah gambar dari teori ekspansi dan kontraksi. Teori ekspansi dan kontraksi berpendapat bahwa ada suatu siklus di jagat raya. Satu siklus mengalami satu masa ekspansi dan satu masa kontraksi. Satu siklus diperkirakan berlangsung selama 30 milyar tahun. Dalam masa ekspansi terbentuklah galaksigalaksi serta bintang-bintang di dalamnya. Ekspansi ini diakibatkan oleh adanya reaksi inti hydrogen yang pada akhirnya membentuk unsur-unsur lain yang komplek. Pada masa kontraksi, galaksi-galaksi dan bintang-bintang yang telah terbentuk meredup dan unsure-unsur yang telah terbentuk menyusut dengan mengeluarkan tenaga berupa panas yang sangat tinggi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved