Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan drama berikut!


Lembu
Begitulah. Kecuali keadaan di Tegalwurung! Panji Tumbal berhasil ditawan oleh Pangeran Kembar. Kepalanya dipenggal. Pangeran Bindi menduduki seluruh Kadipaten Tegalwurung dan menyatakan menentang kedaulatan Maharaja kita, serta menobatkan dirinya sendiri menjadi Raja. Pengeran kembar mendukungnya.

Reso
Hm! Ini bukan persoalan remeh.

Dara
Ia bukan putra tertua dari almarhum Sri Baginda Raja yang dulu.

Reso
Atas dasar kekuatan! Setiap orang yang merasa dirinya kuat boleh saja menobatkan dirinya menjadi Raja. Seperti juga Raja yang dulu mendirikan kerajaan ini. Tinggal soalnya apakah ia akan bisa membuktikan bahwa dirinya benar-benar yang terkuat di seluruh negara. Bisa tidak ia menundukkan semua tandingan yang ada.

W.S. Rendraundefined 

Inti drama tersebut adalah....

Inti drama tersebut adalah.... 

  1. Dukungan Pangeran Kembar untuk Pangeran Bindi setelah menggulingkan kedaulatan Maharaja yang sahundefined 

  2. Dengan kekuatan yang dimiliki, Pangeran Bindi berhasil menguasai Tegalwurung dan menentang kedaulatan Maharaja yang sedang berkuasaundefined 

  3. Pertempuran antara Pangeran Bindi dan Pangeran Kembar untuk memperebutkan kedaulatan kerajaan Maharajaundefined 

  4. Keberhasilan Maharaja dibantu Reso melawan Pangeran Bindi dalam merebut kembali kerajaannyaundefined 

  5. Kekuatan Pangeran Bindi yang tidak ada tandingannya di seluruh negara sehingga dapat merebut kedaulatan yang sahundefined 

Iklan

N. Novitasari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefinedundefined 

Iklan

Pembahasan

Struktur Teks Drama, yaitu: Prolog, merupakan bagian pembukaan atau peristiwa pendahuluan dalam sebuah drama atau sandiwara. Dialog, merupakan media kiasan yang melibatkan tokoh-tokoh drama yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak manusia, problematikan hidup yang dihadapi, dan cara manusia dalam menyikapi persoalan hidupnya. Epilog, merupakan bagian akhir dari sebuah drama yang berfungsi untuk menyampaikan inti sari cerita atau bagian yang menafsirkan maksud cerita oleh salah seorang aktor atau dalang pada akhir cerita. Inti drama tersebut ada pada struktur drama bagian epilog, yaitu di akhir cerita tepatnya pada kalimat "Atas dasar kekuatan! Setiap orang yang merasa dirinya kuat boleh saja menobatkan dirinya menjadi Raja", yang menjelaskn bahwa dengan kekuatan yang dimiliki, Pangeran Bindi berhasil menguasai Tegalwurung dan menentang kedaulatan Maharaja yang sedang berkuasa. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Struktur Teks Drama, yaitu:
 

  1. Prolog, merupakan bagian pembukaan atau peristiwa pendahuluan dalam sebuah drama atau sandiwara.
  2. Dialog, merupakan media kiasan yang melibatkan tokoh-tokoh drama yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak manusia, problematikan hidup yang dihadapi, dan cara manusia dalam menyikapi persoalan hidupnya.
  3. Epilog, merupakan bagian akhir dari sebuah drama yang berfungsi untuk menyampaikan inti sari cerita atau bagian yang menafsirkan maksud cerita oleh salah seorang aktor atau dalang pada akhir cerita.


Inti drama tersebut ada pada struktur drama bagian epilog, yaitu di akhir cerita tepatnya pada kalimat "Atas dasar kekuatan! Setiap orang yang merasa dirinya kuat boleh saja menobatkan dirinya menjadi Raja", yang menjelaskn bahwa dengan kekuatan yang dimiliki, Pangeran Bindi berhasil menguasai Tegalwurung dan menentang kedaulatan Maharaja yang sedang berkuasa.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefinedundefined 

Latihan Bab

Mengenal Drama

Bentuk Drama

Unsur Intrinsik Drama

Elemen Drama

863

Sophia

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Achie : ( mengeryitkan kening ) Terus apa maksudmu? Nina : Maksudku ... kita bisa mengerjakannya bersama-sama. Selain lebih cepat, kita juga ... Achie : ( memotong ) Ogahl Mendingan aku dapat ni...

673

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia