Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati teks negosiasi berikut.


Elida: Boleh saya lewat sini, Pak?

Satpam: Maaf, Mbak. Kalau misalnya mau masuk bisa lewat depan, ini pintu keluar.

Elida: Tapi, Pak, saya tadi sudah masuk dari depan, dan sudah keluar sini juga. Tapi, tas saya ketinggalan di tempat penutupan barang. Kalau lewat depan, saya bakal bayar lagi. Boleh, kan, lewat sini? Saya cuma mau ambil tas.

Satpam: Yang bener, ya, cuma mau ambil tas?

Elida: Bener, Pak. Itu tas tadi saya titip di penitipan barang. Ini nomernya saja masih saya simpan.

Satpam: Ya, baik kalau begitu. Mbak langsung ambil, yah, terus keluar lagi lewat sini.

Elida: Baik. Pak. Terima kasih.space 

Interpretasi teks negosiasi tersebut adalah ....

Interpretasi teks negosiasi tersebut adalah ....space 

Iklan

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

interpretasi teks negosiasi tersebut adalah satpam akhirnya sepakat untuk memberi Elida izin masuk kembali melalui pintu itu. Setelah terjadi negosiasi antara dirinya dan Elida, Elida akhirnya diperbolehkan masuk asalkan hanya sebentar karena hanya mengambil tas yang tertinggal di penitipan barang.

interpretasi teks negosiasi tersebut adalah satpam akhirnya sepakat untuk memberi Elida izin masuk  kembali melalui pintu itu. Setelah terjadi negosiasi antara dirinya dan Elida, Elida akhirnya diperbolehkan masuk asalkan hanya sebentar karena hanya mengambil tas yang tertinggal di penitipan barang.undefined 

Iklan

Pembahasan

Teks Negosiasi adalah teks yang di dalamnya berisi proses untuk mencapai suatu perjanjian atau kesepakatan. Teks di atas merupakan teks negosiasi yang dilakukan antara pihak "Elida "dan "satpam". Elida ingin masuk lewat pintu keluar untuk mengambil tas nya yang tertinggal. Awalnya satpam tersebut menolaknya dan menganjurkannya untuk lewat pintu masuk saja. Namun, Elida bernegosiasi agar dapat lewat pintu tersebut dengan alasan hanya sebentar saja. Setelah mendengar pernyataan tersebut, akhirnya satpam tersebut membiarkan Elida masuk. Menginterpretasi makna teksnegosiasiadalah menafsirkan atau mengartikan isi kesepakatan yang sudah disepakati oleh dua belah pihak ketika terjadi sebuah perbedaan dalam kehidupan sehari-hari. Interpretasi teks negosiasi di atas adalah satpam akhirnya sepakat untuk memberi Elida izin masuk kembali melalui pintu itu. Setelah terjadi negosiasi antara dirinya dan Elida, Elida akhirnya diperbolehkan masuk asalkan hanya sebentar karena hanya mengambil tas yang tertinggal di penitipan barang . Dengan demikian, interpretasi teks negosiasi tersebut adalah satpam akhirnya sepakat untuk memberi Elida izin masuk kembali melalui pintu itu. Setelah terjadi negosiasi antara dirinya dan Elida, Elida akhirnya diperbolehkan masuk asalkan hanya sebentar karena hanya mengambil tas yang tertinggal di penitipan barang.

Teks Negosiasi adalah teks yang di dalamnya berisi proses untuk mencapai suatu perjanjian atau kesepakatan.

Teks di atas merupakan teks negosiasi yang dilakukan antara pihak "Elida "dan "satpam". Elida ingin masuk lewat pintu keluar untuk mengambil tas nya yang tertinggal. Awalnya satpam tersebut menolaknya dan menganjurkannya untuk lewat pintu masuk saja. Namun, Elida bernegosiasi agar dapat lewat pintu tersebut dengan alasan hanya sebentar saja. Setelah mendengar pernyataan tersebut, akhirnya satpam tersebut membiarkan Elida masuk.

Menginterpretasi makna teks negosiasi adalah menafsirkan atau mengartikan isi kesepakatan yang sudah disepakati oleh dua belah pihak ketika terjadi sebuah perbedaan dalam kehidupan sehari-hari.

Interpretasi teks negosiasi di atas adalah satpam akhirnya sepakat untuk memberi Elida izin masuk  kembali melalui pintu itu. Setelah terjadi negosiasi antara dirinya dan Elida, Elida akhirnya diperbolehkan masuk asalkan hanya sebentar karena hanya mengambil tas yang tertinggal di penitipan barang.

Dengan demikian, interpretasi teks negosiasi tersebut adalah satpam akhirnya sepakat untuk memberi Elida izin masuk  kembali melalui pintu itu. Setelah terjadi negosiasi antara dirinya dan Elida, Elida akhirnya diperbolehkan masuk asalkan hanya sebentar karena hanya mengambil tas yang tertinggal di penitipan barang.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Teks Negosiasi

Jenis-Jenis Teks Negosiasi

Struktur Teks Negosiasi

Kebahasaan Teks Negosiasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

429

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang sesuai dengan negosiasi tersebut adalah ....

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia