Roboguru

Interaksi terdiri dari beberapa hal. Isilah titik-titik di bawah ini dengan : + : ada stimulus (diuntungkan) - : dihambat (dirugikan) 1 : tidak berpengaruh No Nama Interaksi ON (bergabung) OFF (berpisah) A B A B 1 Netralisme         2 Kompetisi         3 Mutualisme         4 Alelopati         5 Protokoperasi         6 Komensalisme         7 Amensalisme         8 Parasitisme         9 Predasi

Pertanyaan

Interaksi terdiri dari beberapa hal. Isilah titik-titik di bawah ini dengan :

+ : ada stimulus (diuntungkan)
- : dihambat (dirugikan)
1 : tidak berpengaruh

No Nama Interaksi ON (bergabung) OFF (berpisah)
A B A B
1 Netralisme        
2 Kompetisi        
3 Mutualisme        
4 Alelopati        
5 Protokoperasi        
6 Komensalisme        
7 Amensalisme        
8 Parasitisme        
9 Predasi        

Pembahasan Soal:

Interaksi antarorganisme merupakan hubungan yang melibatkan dua organisme atau lebih. Pola interaksi organisme terdiri dari :

  1. Netralisme, yaitu hubungan yang tidak saling mempengaruhi meskipun organisme hidup pada habitat yang sama. 
  2. Kompetisi, merupakan bentuk interaksi antarindividu sejenis atau antarpopulasi dimana individu atau populasi tersebut bersaing mendapatkan sarana untuk tumbuh dan berkembang.
  3. Predasi, yaitu interaksi antara pemangsa dan mangsa. Pemangsa adalah hewan yang memangsa atau memakan, sedangkan mangsa adalah hewan yang dimangsa atau dimakan.
  4. Parasitisme, yaitu hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis dimana salah satu pihak diuntungkan, sedangkan pihak yang lain dirugikan.
  5. Mutualisme, yaitu interaksi yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
  6. Komensalime, yaitu interaksi yang hanya menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan atau dirugikan.
  7. Amensalisme, yaitu interaksi organisme dimana salah satu organisme menghambat pertumbuhan organisme lain.
  8. Alelopati, merupakan peristiwa pelepasan racun oleh tumbuhan sehingga menghambat pertumbuhan tumbuhan lain di sekitarnya.
  9. Protokooperasi, yaitu interaksi antara dua spesies atau lebih yang masing-masing saling memperoleh keuntungan dengan adanya asosiasi, tetapi asosiasi yang terjadi bukan merupakan suatu keharusan.

Berdasarkan uraian di atas, maka isian pada tabel yaitu sebagai berikut.

+ : ada stimulus (diuntungkan)
- : dihambat (dirugikan)
1 : tidak berpengaruh

No Nama Interaksi ON (bergabung) OFF (berpisah)
A B A B
1 Netralisme 1 1 1 1
2 Kompetisi + - 1 1
3 Mutualisme + + - -
4 Alelopati + - 1 1
5 Protokooperasi + + 1 1
6 Komensalisme + 1 - 1
7 Amensalisme - 1 1 1
8 Parasitisme + - - +
9 Predasi + - - +

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Fransisca

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 27 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan interaksi-interaksi antar-populasi membentuk komunitas yang Anda ketahui!

Pembahasan Soal:

lnteraksi antara populasi yang satu dengan yang lain dalam suatu, areal pada waktu tertentu membentuk komunitas.  Dalam melakukan hubungan timbal balik tersebut, antara populasi yang satu dengan yang lain membentuk suatu pola hubungan sebagai berikut: 

  1. Simbiosis mutualisme (hubungan saling menguntungkan), misalnya antara bunga dan kupu-kupu. 
  2. Simbiosis parasitisme (hubungan yang merugikan salah satu organisme), misalnya antara kutu dan anjing. 
  3. Simbiosis komensalisme (salah satu diuntungkan dan yang lain tidak dirugikan), misalnya antara ikan remora dan ikan hiu. 
  4. Predasi (yang satu memakan yang lain), misalnya antara kucing dan tikus. 
  5. Kompetisi (berebut untuk mendapatkan makanan, air, udara, cahaya, wilayah, dan pasangan untuk kawin). 
  6. Netralisme (tidak diuntungkan dan tidak dirugikan), misalnya antara cecak dengan kecoa.

0

Roboguru

Sebutkan 5 simbiosis beserta pengertiannya!

Pembahasan Soal:

Simbiosis adalah hubungan timbak balik antara satu organisme dengan organisme lain. Contoh simbiosis adalah mutualisme, komensalisme, parasitisme, predasi, dan kompetisi.

Simbiosis mutualisme adalah simbiosis di mana kedua organisme saling diuntungkan. Contohnya, simbiosis antara jamur dengan alga membentuk liken. Jamur menyediakan air dan zat hara bagi alga, sedangkan alga menggunakannya untuk melakukan fotosintesis untuk menghasilkan karbohidrat bagi alga dan jamur.

Simbiosis komensalisme adalah simbiosis di mana satu pihak diuntungkan, sedangkan pihak yang lain tidak untung maupun rugi. Contohnya, simbiosis antara ikan badut dan anemon laut. Ikan badut memperoleh perlindungan dari anemon laut, dan tidak terkena sengatan karena lapisan mukus di badannya. Anemon laut tidak mendapat keuntungan maupun kerugian dengan keberadaan ikan badut.

Simbiosis parasitisme adalah simbiosis di mana satu pihak diuntungkan, sedangkan pihak lain dirugikan. Contohnya, simbiosis antara virus dengan manusia. Virus memerlukan sel hidup untuk bereplikasi. Namun, replikasi dan penyebaran virus menyebabkan kematian sel hingga kematian inangnya.

Predasi adalah hubungan makan dan dimakan oleh pemangsa dan mangsa. Contohnya, singa di padang rumput memangsa rusa.

Kompetisi adalah hubungan antar organisme, baik dalam satu spesies atau tidak, yang memperebutkan sumber daya yang sama. Contohnya, singa dan macan tutul memiliki mangsa yang sama, yaitu rusa.undefined 

0

Roboguru

Apakah setiap interaksi antarkomponen biotik di dalam suatu ekosistem selalu bersifat menguntungkan?

Pembahasan Soal:

Interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem dibagi menjadi beberapa seperti simbiosis, predasi, dan kompetisi. Simbiosis adalah pola interaksi yang erat dan khusus antara dua pihak yang berlawanan jenis. Macam-macam bentuk simbiosis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis amensalisme. Simbiosis mutualisme terjadi jika dua spesies berbeda berhubungan dan saling menguntungkan. Simbiosis parasitisme terjadi jika salah satu organisme mengalami kerugian. Simbiosis komensalisme terjadi jika salah satu spesies akan diuntungkan, sedangkan yang lain tidak dirugikan. Simbiosis amensalime terjadi jika salah satunya dirugikan sedangkan yang satunya tidak mendapatkan keuntungan maupun kerugian. Predasi merupakan hubungan interaksi antara pemangsa dan mangsanya. Kompetisi merupakan persaingan yang terjadi di antara 2 spesies.

Jadi, setiap interaksi antarkomponen biotik di dalam suatu ekosistem tidak selalu bersifat menguntungkan. Contohnya interaksi simbiosis parasitisme, simbiosis amensalisme, predasi dan kompetisi. space 

0

Roboguru

Jelaskan pengertian parasitisme, mutualisme, komensalisme, predasi dan kompetisi!

Pembahasan Soal:

Parasitisme merupakan hubungan antara 2 organisme dimana satu organisme diuntungkan dan organisme lain dirugikan, contohnya yaitu benalu dengan tanaman inangnya. Mutualisme merupakan hubungan saling menguntungkan antara 2 organisme, contohnya yaitu bunga dengan kupu-kupu. Komensalisme merupakan hubungan antara 2 organisme dimana satu organisme diuntungkan dan organisme lain tidak diuntungkan ataupun dirugikan, contohnya yaitu anggrek dengan tanaman inangnya. Predasi merupakan hubungan antara organisme pemangsa dengan organisme yang dimangsa, contohnya yaitu singa dengan rusa. Kompetisi merupakan interaksi antar individu untuk memperebutkan sumber daya yang terbatas, contohnya yaitu kambing dan sapi di lapangan rumput yang sama.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan jenis-jenis interaksi antara makhluk hidup yang dapat mempengaruhi dinamika populasi!

Pembahasan Soal:

Ekosistem merupakan interaksi komponen biotik dengan komponen abiotik. Komponen biotik mencakup makhluk hidup sedangkan komponen abiotik mencakup lingkungan yang menunjang seperti air, tanah, udara, cahaya matahari dan lain sebagainya. Ada beberapa pola interaksi yang dapat terjadi pada makhluk hidup, yaitu kompetisi, predasi, simbiosis, dan antibiosis. Kompetisi terjadi pada makhluk hidup yang membutuhkan bahan makanan sehingga menimbulkan persaingan. Pradasi merupakan interaksi makhluk hidup yang satu sebagai predator dan yang satu sebagai mangsanya. Misalnya singa yang memangsa kijang atau rusa. Simbiosis adalah interaksi antar makhluk hidup yang berdampingan tanpa melakukan persaingan atau predasi. Simbiosis dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme. Antibiosis adalah interaksi antara makhluk hidup, di mana makhluk hidup yang satu menghambat kehidupan dan pertumbuhan makhluk hidup lain. Interaksi kompetisi dan predasi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan adanya dinamika populasi yang menurun.

Jadi, jenis-jenis interaksi antara makhluk hidup yang dapat mempengaruhi dinamika populasi yaitu kompetisi, predasi, simbiosis, dan antibiosis.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved