Roboguru

Interaksi sosial terjadi harus terpenuhi beberapa faktor pendukung, baik secara langsung maupun tidak langsung. Syarat terjadinya interaksi sosial memerlukan....

Pertanyaan

Interaksi sosial terjadi harus terpenuhi beberapa faktor pendukung, baik secara langsung maupun tidak langsung. Syarat terjadinya interaksi sosial memerlukan....space space 

  1. asimilasi dan akomodasispace space 

  2. kontak dan komunikasispace space 

  3. sosialisasi dan kerjasamaspace space 

  4. status dan peranspace space 

Pembahasan Soal:

Syarat interaksi sosial:

1) Kontak sosial, baik secara langsung maupun tidak langsung

2) Komunikasi, dapat dilakukan dengan lisa, tulisan, isyarat maupun kode/sandi

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Tri

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan beberapa pernyataan berikut! 1) Diana bertengkar dengan adiknya karena berebut mainan. 2) Titi berpamitan kepada orang tua untuk pergi merantau. 3) .Ketua RW memberikan pengarahan kepada...

Pembahasan Soal:

lnteraksi sosial terjadi apabila memenuhi dua syarat, yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial terjadi apabila dua individu/kelompok saling berhubungan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi terjadi apabila ada stimulus dan respons antara kedua pihak yaitu komunikan dan komunikator. Pada soal, interaksi sosial ditunjukkan pada nomor 1), 2), dan 3). Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Komandan upacara memberi aba-aba kepada peserta upacara dan dipatuhi sehingga terjadi interaksi sosial yang baik. Ciri yang sangat menonjol dalam contoh interaksi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut Soerjono Soekanto, syarat terjadinya interaksi sosial mencakup dua hal: adanya kontak sosial dan komunikasi. Pemberian aba-aba komandan kepada petugas upacara merupakan contoh adanya komunikasi. Sehingga jawaban yang tepat ada opsi E.

0

Roboguru

Perhatikan peryataan berikut ! Adanya kontak sosial. Adanya komunikasi sosial. Pernyataan di atas merupakan syarat utama dalam ....

Pembahasan Soal:

Menurut Soerjono Soekanto, syarat terjadinya interaksi sosial adalah kontak sosial dan komunikasi.

Kontak sosial berarti hubungan masing-masing pihak tidak hanya secara langsung (bersentuhan fisik) tetapi juga tanpa hubungan fisik. Misal, surat menyurat, telepon, sms, dan lainnya. Jadi, hubungan fisik bukan syarat utama terjadinya interaksi sosial. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung maupun melalui alat bantu agar orang lain memberi tanggapan atau memberi respons.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat ialah A.space space space

0

Roboguru

Apa syarat terjadinya interaksi sosial ?

Pembahasan Soal:

Menurut Soerjono Soekanto, interaksi sosial dapat terjadi apabila memenuhi dua syarat, yaitu kontak sosial dan komunikasi.undefined 

2

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan 2 syarat terjadinya interaksi sosial!

Pembahasan Soal:

Interaksi adalah bentuk umum dari proses sosial juga menjadi syarat utama terjadinya aktivitas-aktivitas sosial. Adapun syarat dalam melalukan interaksi sosial dibagi menjadi dua, yakni kontak dan komunikasi. 

1. Kontak sosial

Pada dasarnya kontak sosial adalah upaya hubungan antara satu pihak dengan pihak lain. Hal tersebut merupakan awal terjadinya interaksi sosial di mana masing-masing pihak saling bereaksi meski tidak harus bersentuhan secara fisik. Sederhananya, kontak sosial adalah sebuah cara yang dilakukan seseorang dalam proses interaksi sosial. Kontak sosial dibedakan:

  • Kontak sosial primer merupakan hubungan timbal balik antarindividu atau antarkelompok yang terjadi secara fisik (tatap muka). Misalnya, berbicara dan berjabat tangan.
  • Kontak sosial sekunder merupakan hubungan timbal balik antarindividu atau antarkelompok melalui perantara, seperti komunikasi melalui media seperti telepon, chatting, ataupun menyampaikan pesan lewat orang lain. Kontak sosial sekunder terbagi lagi menjadi dua macam, yaitu langsung dan tidak langsung.
    - Sekunder Langsung: terjadi melalui perantara dan langsung diterima oleh yang bersangkutan. Contohnya mengirim pesan secara langsung ke teman melalui aplikasi media sosial.
    - Sekunder Tidak Langsung: terjadi melalui perantara dan tidak langsung diterima oleh yang bersangkutan. Contohnya mengirim barang ke teman melalui jasa kurir.

2. Komunikasi

Jika kontak sosial adalah suatu cara dalam berinteraksi sosial, maka komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi upaya saling memengaruhi antara keduanya. Komunikasi dapat dibedakan menjadi dua:

  • Komunikasi verbal merupakan bentuk komunikasi secara lisan seperti berbicara.
  • Komunikasi nonverbal merupakan bentuk komunikasi dengan menggunakan simbol-simbol atau gestur tubuh, seperti menyapa teman dengan melambaikan tangan. 

Jadi, syarat terjadinya interaksi adalah kontak sosial dan komunikasi. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved