Iklan

Iklan

Pertanyaan

Interaksi desa dan kota menunjukkan hubungan timbal balik kedua wilayah. Identifikasilah dampak negatif interaksi desa dan kota bagi desa !

Interaksi desa dan kota menunjukkan hubungan timbal balik kedua wilayah. Identifikasilah dampak negatif interaksi desa dan kota bagi desa !

Iklan

A. Bryando

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Interaksi desa dan kota menunjukkan hubungan timbal balik kedua wilayah. Dampak negatif interaksi desa dan kota bagi desa adalah sebagai berikut : Memudarnya kehidupan agraris, sekarang minat masyarakat desa untuk beraktivitas di sektor pertanian menurun. Upah dan hasil sektor pertanian di anggap kurang menjanjikan. Masyarakat melihat pekerjaan di kota lebih beragam dan lebih menghasilkan dari pada jadi petani di desa. Meningkatnya perilaku kosumtif di desa, maraknya iklan dan promosi akhir nya mendorong penduduk desa berprilaku konsumtif Tenaga kerja produktif berkurang, usia produktif memilih bekerja di perkotaan karena lapangan pekerjaan di kota lebih beragam dan lebih layak. Terjadi nya fungsi lahan, alih fungsi lahan yaitu perubahan pengunaan lahan untuk tujuan lain, misalnya lahan pertanian di bangun pabrik, atau perumahan. Hal ini di sebabkan perkembangan kota ke arah desa, lahan di perkotaan makin sempit karena padatnya penduduk kota. Tradisi dan budaya khas desa semakin memudar. Modernitas kota memengaruhi budaya penduduk desa. Arus informasi sekarang mudah di akses melalui televisi, surat kabar dan internet. Penduduk desa berpotensi meniru gaya hidup yang di tampilkan di media, secara tidak langsung perilaku ini akan mengikis tradisi da budaya yang ada di desa.

Interaksi desa dan kota menunjukkan hubungan timbal balik kedua wilayah. Dampak negatif interaksi desa dan kota bagi desa adalah sebagai berikut :

  1. Memudarnya kehidupan agraris, sekarang minat masyarakat desa untuk beraktivitas di sektor pertanian menurun. Upah dan hasil sektor pertanian di anggap kurang menjanjikan. Masyarakat melihat pekerjaan di kota lebih beragam dan lebih menghasilkan dari pada jadi petani di desa.
  2. Meningkatnya perilaku kosumtif di desa, maraknya iklan dan promosi akhir nya mendorong penduduk desa berprilaku konsumtif
  3. Tenaga kerja produktif berkurang, usia produktif memilih bekerja di perkotaan karena lapangan pekerjaan di kota lebih beragam dan lebih layak.
  4. Terjadi nya fungsi lahan, alih fungsi lahan yaitu perubahan pengunaan lahan untuk tujuan lain, misalnya lahan pertanian di bangun pabrik, atau perumahan.  Hal ini di sebabkan perkembangan kota ke arah desa, lahan di perkotaan makin sempit karena padatnya penduduk kota.
  5. Tradisi dan budaya khas desa semakin memudar. Modernitas kota memengaruhi budaya penduduk desa. Arus informasi sekarang mudah di akses melalui televisi, surat kabar dan internet. Penduduk desa berpotensi meniru gaya hidup yang di tampilkan di media, secara tidak langsung perilaku ini akan mengikis tradisi da budaya yang ada di desa.

Latihan Bab

Struktur Keruangan dan Perkembangan Desa

Struktur Keruangan dan Perkembangan Kota

Pola dan Faktor-faktor Interaksi Desa dan Kota

Usaha Pemerataan Pembangunan di Desa dan Kota

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan dampak negatif adanya pembangunan kota terhadap masyarakat desa dan kota!

2rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia