Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


    Menjaga kesehatan tubuh memang penting, karena apabila kesehatan kita terganggu maka aktivitas kita sehari-hari juga dapat terganggu. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh kita, adalah dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

    Salah satu buah yang dapat kita konsumsi adalah alpukat. Buah yang satu ini memiliki banyak manfaat, tetapi tidak disarankan bagi anda yang menderita penyakit kolesterol. Manfaat yang dapat kita peroleh dari buah alpukat ini adalah menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, menjaga kesehatan kulit, dan berbagai macam manfaat lainnya.

    Buah ini memiliki banyak manfaat, karena di dalamnya juga terdapat banyak kandungan yang baik bagi tubuh. Kandungan yang terdapat dalam buah alpukat antara lain adalah vitamin E, vitamin C, kalium, sumber antioksidan, lemak tak jenuh tunggal, asam, omega 9, folat, pitosterol, dan berbagi macam kandungan lainnya.

    Selain baik untuk kesehatan, buah ini juga dapat kita konsumsi pada saat kita diet. Lemak yang terdapat di dalam buah alpukat dapat menjadi cadangan energi yang bertahan lama. Sehingga perut kita akan terasa kenyang lebih lama dan mampu menekan nafsu makan.

    Dengan banyaknya manfaat yang terkandung di dalam buah alpukat, kita dapat mengonsumsinya sebagai pengganti buah yang lain agar tidak bosan. Kita dapat langsung mengonsumsinya atau dapat juga dengan menjadikannya jus alpukat.space 

Informasi tersurat pada paragraf kedua teks di atas adalah ....

Informasi tersurat pada paragraf kedua teks di atas adalah ....space 

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

informasi tersurat pada paragraf kedua teks di atas adalah manfaat buah alpukat.

informasi tersurat pada paragraf kedua teks di atas adalah manfaat buah alpukat.space 

Pembahasan

Sebuah teks dapat memuat informasi tersurat dan tersirat . Informasi tersurat adalah informasi yang tertulis secara jelas dalam teks, sedangkan informasi tersirat adalah yang terkandung atau tersembunyi di dalam teks. Pokok-pokok informasi dengan membaca teks secara saksama dandapat ditemukan dengan bantuan rumus 5W + 1H, yaitu what (apa), who (siapa), where (dimana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Pada paragraf kedua teks di atas, pokok pikirannya adalah buah alpukat, karena kalimat-kalimat selanjutnya menjelaskan tentang manfaat buah, yaitumenjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, menjaga kesehatan kulit, dan berbagai macam manfaat lainnya. Dengan demikian, informasi tersurat pada paragraf kedua teks di atas adalah manfaat buah alpukat.

Sebuah teks dapat memuat informasi tersurat dan tersirat. Informasi tersurat adalah informasi yang tertulis secara jelas dalam teks, sedangkan informasi tersirat adalah yang terkandung atau tersembunyi di dalam teks. Pokok-pokok informasi dengan membaca teks secara saksama dan dapat ditemukan dengan bantuan rumus 5W + 1H, yaitu what (apa), who (siapa), where (dimana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Pada paragraf kedua teks di atas, pokok pikirannya adalah buah alpukat, karena kalimat-kalimat selanjutnya menjelaskan tentang manfaat buah, yaitu menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, menjaga kesehatan kulit, dan berbagai macam manfaat lainnya.

Dengan demikian, informasi tersurat pada paragraf kedua teks di atas adalah manfaat buah alpukat.space 

361

Iklan

Pertanyaan serupa

Pikiran utama paragraf di atas adalah....

170

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia