Roboguru

Informasi tentang awal mula Kutai diketahui dari .. yang berjumlah sebanyak...

Pertanyaan

Informasi tentang awal mula Kutai diketahui dari .. yang berjumlah sebanyak...

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Kutai Martapura adalah kerajaan bercorak Hindu di Nusantara yang memiliki bukti sejarah tertua berupa prasasti Yupa dan berdiri sekitar abad ke-4. Pusat kerajaan ini terletak di Muara Kaman, yang saat ini adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Nama Kutai diberikan oleh para ahli mengambil dari nama tempat ditemukannya prasasti yang menunjukkan eksistensi kerajaan tersebut. Sumber primer sejarah Kerajaan Kutai adalah tujuh prasasti yupa yang ditemukan di Bukit Brubus, Muara Kaman. Penemuan batu bertulis ini tidak sekaligus, melainkan dalam dua tahap dengan rentang waktu lebih dari setengah abad. 

Dengan demikian, informasi tentang awal mula Kutai diketahui dari Yupa yang berjumlah sebanyak 7 buah.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Prasasti pertama yang berkaitan erat dengan kerajaan Hindu ditemukan pertama kali di….

Pembahasan Soal:

Prasasti pertama yang berkaitan erat dengan kerajaan Hindu ditemukan pertama kali di Kutai, Kalimantan Timur pada awal abad ke-5 dalam bentuk tujuh buah Yupa (memakai huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta). Dari tujuh buah Yupa didapatkan keterangan mengenai kehidupan keagamaan pada waktu itu yang menyatakan bahwa: Yupa itu didirikan untuk memperingati dan melaksanakan yadnya oleh Mulawarman, selain itu Prasasti tersebut memuat silsilah raja-raja pertama Kutai. Keterangan yang lain menyebutkan bahwa raja Mulawarman melakukan yadnya pada suatu tempat suci untuk memuja dewa Siwa. Tempat itu disebut dengan Vaprakeswara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Dalam salah satu Yupa pada prasasti Kutai tertera keterangan tentang silsilah raja raja kerajaan Kutai. Berdasarkan keterangan tersebut maka dapat disimpulkan pendiri kerajaan Kutai adalah ....

Pembahasan Soal:

Salah satu batu prasasti di Kerajaan Kutai adalah Prasasti Mulawarman, atau disebut juga Prasasti Kutai, adalah sebuah prasasti yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Kutai. Terdapat tujuh buah yupa yang memuat prasasti, namun baru 4 yang berhasil dibaca dan diterjemahkan. Prasasti ini menggunakan huruf Pallawa Pra-Nagari dan dalam bahasa Sanskerta, yang diperkirakan dari bentuk dan jenisnya berasal dari sekitar 400 Masehi. Prasasti ini ditulis dalam bentuk puisi anustub. Isinya menceritakan Raja Mulawarman yang memberikan sumbangan kepada para kaum Brahmana berupa sapi yang banyak. Mulawarman disebutkan sebagai cucu dari Kudungga, dan anak dari Aswawarman. Prasasti ini merupakan bukti peninggalan tertua dari kerajaan yang beragama Hindu di Indonesia. Nama Kutai umumnya digunakan sebagai nama kerajaan ini meskipun tidak disebutkan dalam prasasti, sebab prasasti ditemukan di Kabupaten Kutai, Kalimantan Timur, tepatnya di hulu Sungai Mahakam.

Dengan demikian pendiri kerajaan Kutai adalah Kudungga.

0

Roboguru

Tugu batu tempat mengikat binatang untuk korban persembahan para dewa-dewa, memuat informasi mengenai Kerajaan Kutai, berupa….

Pembahasan Soal:

Berikut ini merupakan penjelasan dari peninggalan-peninggalan arkeologis zaman Hindu dan Buddha, seperti :

  • Lingga, memiliki makna menyerupai alat kelamin laki-laki, karena bentuknya seperti Phallus lambang kesuburan dalam Tradisi Megalithik. Sementara dalam perkembangan Hindu, lingga merupakan simbol dari Dewa Siwa,
  • Yoni, memiliki makna menyerupai alat kelamin dari wanita yang merupakan lambang kesuburan pada masa prasejarah. Sementara pada masa perkembangan Hindu, Yoni merupakan simbol dari Dewi Parvati istri dari Dewa Siwa,
  • Menhir, berfungsi sebagai tugu batu tempat bersemayamnya roh nenek moyang,
  • Yupa,  berfungsi sebagai tugu batu tempat mengikat binatang untuk korban persembahan para dewa-dewa,
  • Arca, berarti patung.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Keberadaan Kerajaan Kutai dibuktikan dengan ditemukannya tujuh buah prasasti yang bebentuk….

Pembahasan Soal:

Yupa adalah batu tugu peninggalan kerajaan Kutai. Terdapat tujuh buah Yupa yang memuat prasasti, namun baru 4 yang berhasil dibaca dan diterjemahkan. Prasasti Yupa mengisyaratkan tentang peristiwa persembahan sapi kepada Brahmana oleh Raja Mulawarman. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Apakah nama kerajaan pertama di Indonesia,ada dimana,dan apa nama prasastinya?

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai didirikan oleh Maharaja Kudungga sekitar tahun 400 Masehi. Berdasarkan bukti atau prasasti sejarah yang ditemukan, Kerajaan bercorak Hindu ini adalah kerajaan tertua di Nusantara atau Indonesia. Puncak kejayaan Kerajaan Kutai Martapura terjadi pada masa pemerintahan Maharaja Mulawarman pada abad ke-4. Mulawarman adalah raja ke-3 Kutai Martapura, putra Aswawarman sekaligus cucu Kudungga. Kejayaan kerajaan yang terletak di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, pada era kepemimpinan Maharaja Mulawarman diceritakan dalam prasasti Yupa.

Dengan demikian, kerajaan pertama di Indonesia adalah kerajaan Kutai yang terletak di  tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur dengan bukti sejarahnya yaitu ditemukan prasasti Yupa.
 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved