Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut dengan saksama!

Air merupakan 80% pengisi tubuh manusia sehingga manusia diwajibkan memenuhi kebutuhan air setiap harinya. Bila dikaitkan dengan makhluk hidup yang lain seperti hewan dan tumbuhan, tetap mempunyai peran yang penting.space 

Informasi penting yang terdapat pada teks tersebut adalah....

Informasi penting yang terdapat pada teks tersebut adalah....space 

  1. Kita perlu minum setiap harispace 

  2. Air banyak digunakan untuk minumspace 

  3. Penyebaran air di dunia ini tidak merataspace 

  4. 80% dari penyusun tubuh manusia adalah airspace 

Iklan

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space 

Iklan

Pembahasan

Teks eksposisi adalah teks yang menyajikan informasi berupa ilmu pengetahuan. Informasi in ikemudian dituangkan dalam bentuk ringkas dan padat. Adapun struktur yang digunakan adalah tesis, argumentasi, dan penutup. Informasi pentingdalam teks/paragraf adalah inti bahasan atau bahasan pokokdalamsuatu teks/paragraf. Kita dapat menemukaninformasi pentingdengan cara membaca teks dengan cermat, mencari inti bahasannya lalu merangkumnya pada media tulis. Analisis informasi penting dari teks/paragraf eksposisi: Air merupakan 80% pengisi tubuh manusia sehingga manusia diwajibkan memenuhi kebutuhan air setiap harinya. Bila dikaitkan dengan makhluk hidup yang lain seperti hewan dan tumbuhan, tetap mempunyai peran yang penting. Informasi penting yang terdapat pada teks tersebut adalah: 80% daripenyusun tubuh manusia adalah air. Hal tersebut merupakan informasi penting dari penggalan teks/paragraf di atas karena berisi topik utama dari pembahasan di paragraf tersebut, yaitu membahas mengenai air yang menjadi pengisi tubuh manusia. Berikut alasannya mengapa 3 option yang lain bukan merupakan informasi penting dari teks eksposisi di atas: Option A Kita perlu minum setiap hari Kalimat tersebut bukan merupakan informasi penting dari penggalan teks/paragraf di atas karena isinya tidak sesuai dan tidak terdapat pada penggalan teks/paragraf di atas. Dalam paragraf di atas, tidak ada kalimat yang membahas mengenai "kita perlu minum setiap hari", sehingga kalimat tersebut bukan merupakan informasi penting dari penggalan teks/paragraf di atas. Option B Air banyak digunakan untuk minum Kalimat tersebut bukan merupakan informasi penting dari penggalan teks/paragraf di atas karena isinya tidak sesuai dan tidak terdapat pada penggalan teks/paragraf di atas.Dalam paragraf di atas, tidak ada kalimat yang membahas mengenai "air banyak digunakan untuk minum", sehingga kalimat tersebut bukan merupakan informasi penting dari penggalan teks/paragraf di atas. Option C Penyebaran air di dunia ini tidak merata Kalimat tersebut bukan merupakan informasi penting dari penggalan teks/paragraf di atas karena isinya tidak sesuai dan tidak terdapat pada penggalan teks/paragraf di atas.Dalam paragraf di atas, tidak ada kalimat yang membahas mengenai "penyebaran air di dunia ini tidak merata", sehingga kalimat tersebut bukan merupakan informasi penting dari penggalan teks/paragraf di atas. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Teks eksposisi adalah teks yang menyajikan informasi berupa ilmu pengetahuan. Informasi in ikemudian dituangkan dalam bentuk ringkas dan padat. Adapun struktur yang digunakan adalah tesis, argumentasi, dan penutup.

Informasi penting dalam teks/paragraf adalah inti bahasan atau bahasan pokok dalam suatu teks/paragraf. Kita dapat menemukan informasi penting dengan cara membaca teks dengan cermat, mencari inti bahasannya lalu merangkumnya pada media tulis.

Analisis informasi penting dari teks/paragraf eksposisi:

Air merupakan 80% pengisi tubuh manusia sehingga manusia diwajibkan memenuhi kebutuhan air setiap harinya. Bila dikaitkan dengan makhluk hidup yang lain seperti hewan dan tumbuhan, tetap mempunyai peran yang penting.

Informasi penting yang terdapat pada teks tersebut adalah:

80% dari penyusun tubuh manusia adalah air.

Hal tersebut merupakan informasi penting dari penggalan teks/paragraf di atas karena berisi topik utama dari pembahasan di paragraf tersebut, yaitu membahas mengenai air yang menjadi pengisi tubuh manusia.

Berikut alasannya mengapa 3 option yang lain bukan merupakan informasi penting dari teks eksposisi di atas:

  • Option A
    Kita perlu minum setiap hari
    Kalimat tersebut bukan merupakan informasi penting dari penggalan teks/paragraf di atas karena isinya tidak sesuai dan tidak terdapat pada penggalan teks/paragraf di atas. Dalam paragraf di atas, tidak ada kalimat yang membahas mengenai "kita perlu minum setiap hari", sehingga kalimat tersebut bukan merupakan informasi penting dari penggalan teks/paragraf di atas.
  • Option B
    Air banyak digunakan untuk minum
    Kalimat tersebut bukan merupakan informasi penting dari penggalan teks/paragraf di atas karena isinya tidak sesuai dan tidak terdapat pada penggalan teks/paragraf di atas. Dalam paragraf di atas, tidak ada kalimat yang membahas mengenai "air banyak digunakan untuk minum", sehingga kalimat tersebut bukan merupakan informasi penting dari penggalan teks/paragraf di atas.
  • Option C
    Penyebaran air di dunia ini tidak merata
    Kalimat tersebut bukan merupakan informasi penting dari penggalan teks/paragraf di atas karena isinya tidak sesuai dan tidak terdapat pada penggalan teks/paragraf di atas. Dalam paragraf di atas, tidak ada kalimat yang membahas mengenai "penyebaran air di dunia ini tidak merata", sehingga kalimat tersebut bukan merupakan informasi penting dari penggalan teks/paragraf di atas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksposisi

Kebahasaan Teks Eksposisi

Menganalisis Teks Eksposisi

Menyusun Teks Eksposisi

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Untuk memahami teks eksposisi lebih dalam, berikut ini disajikan teks model eksposisi tentang peningkatan minat baca dan pemberantasan buta aksara. Peningkatan Minat Baca dan Pemberantasan Buta A...

91

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia