Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks wawancara berikut!


Alfi: Ini bunga apa, bu?

Ibu: Ini bunga cempaka.

Alfi: Bunganya cantik dan harum, Alfi suka sekali dengan bunga cempaka.

Ibu: Bunga cempaka sangat harum. Keharumannya dimanfaatkan untuk membuat minyak wangi. Namun begitu, kita tidak boleh berlebihan dalam memanfaatkan sumber daya alam agar tidak cepat punah.space

Informasi penting dari teks wawacara di atas adalah ....

Informasi penting dari teks wawacara di atas adalah ....space

  1. manfaat bunga cempakaspace

  2. keharuman bunga cempakaspace

  3. pemanfaatan kekayaan alamspace

  4. kekayaan alam sesuai kondisi geografisspace

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

Iklan

Pembahasan

Wawancara adalah metode untuk memperoleh informasi yang berada di tengah-tengah antara percakapan bebas dan polling massal serta melibatkan pengumpulan data melalui komunikasi langsung antara peneliti dan responden. Sedangkan pengertian informasi itu sendiri, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah: Penerangan. Pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu. Keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat dalam bagian-bagian amanat itu. Sebuah informasi dapat disampaikan dengan dua cara, yaitu: Secara tersurat (Eksplisit), artinya informasi tersebut disampaikan secara gamblang, tegas, terus terang, dan tidak berbelit-belit. Informasi tersurat dari sebuah bacaan dapat diperoleh secara langsung melalui bacaan. Kalimat tersurat merupakan jenis kalimat yang maknanya lugas atau jelas. Secara tersirat (Implisit), artinya informasi tersebut disampaikan secara tersembunyi atau informasi yang tidak tertulis pada sebuah bacaan. Untuk mendapatkan informasi ini, pembaca perlu pemahaman lebih melalui kesimpulan yang dibuat sendiri. Sehingga untuk mendapatkan informasi tersirat dari suatu bacaan diperlukan kemampuan memahami bacaan dengan benar. Berdasarkan penjelasan di atas, maka informasi penting dari teks wawacara tersebut adalah manfaat bunga cempaka. Hal ini sesuai dengan kalimat terakhir pada teks wawancara tersebut yang berbunyi "Ibu: Bunga cempaka sangat harum. Keharumannya dimanfaatkan untuk membuat minyak wangi. " Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Wawancara adalah metode untuk memperoleh informasi yang berada di tengah-tengah antara percakapan bebas dan polling massal serta melibatkan pengumpulan data melalui komunikasi langsung antara peneliti dan responden. Sedangkan pengertian informasi itu sendiri, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah:

  • Penerangan.
  • Pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu.
  • Keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat dalam bagian-bagian amanat itu.

 Sebuah informasi dapat disampaikan dengan dua cara, yaitu:

  1. Secara tersurat (Eksplisit), artinya informasi tersebut disampaikan secara gamblang, tegas, terus terang, dan tidak berbelit-belit. Informasi tersurat dari sebuah bacaan dapat diperoleh secara langsung melalui bacaan. Kalimat tersurat merupakan jenis kalimat yang maknanya lugas atau jelas. 
  2. Secara tersirat (Implisit), artinya informasi tersebut disampaikan secara tersembunyi atau informasi yang tidak tertulis pada sebuah bacaan. Untuk mendapatkan informasi ini, pembaca perlu pemahaman lebih melalui kesimpulan yang dibuat sendiri. Sehingga untuk mendapatkan informasi tersirat dari suatu bacaan diperlukan kemampuan memahami bacaan dengan benar.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka informasi penting dari teks wawacara tersebut adalah manfaat bunga cempaka. Hal ini sesuai dengan kalimat terakhir pada teks wawancara tersebut yang berbunyi "Ibu: Bunga cempaka sangat harum. Keharumannya dimanfaatkan untuk membuat minyak wangi."


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

53

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Informasi yang terdapat pada paragraf di atas adalah....

8

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia