Iklan

Iklan

Pertanyaan

Informasi berikut ini yang tidak tepat terkait dengan negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia II adalah ....

Informasi berikut ini yang tidak tepat terkait dengan negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia  II adalah ....

  1. Tiongkok bergabung dengan Sekutu untuk kepentingannya sendiri

  2. Inggris pada awalnya enggan menerima Rusia dalam blok Sekutu

  3. Jerman dan Italia sangat bergantung pada bantuan Jepang

  4. Sekutu dipimpin oleh Inggris dan Prancis

  5. Hindia-Belanda bergabung dengan Sekutu

Iklan

E. Mar'Atus

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Negara yang terlibat dalam Perang Dunia II diantaranya Negara axis/Poros Anggotanya terdiri atas Jerman, Italia, dan Jepang yang terikat dalam Pakta Tripartit dan Poros Roma-Berlin. Nama Axis/Poros merujuk pada garis geografis lurus antara ibukota Roma dan Berlin. Blok Sekutu Sekutu dipimpin oleh Inggris dan Prancis, tetapi ketika Prancis jatuh menyisakan Inggris sebagai satu-satunya negara besar di pihak Sekutu. Anggota Sekutu yang lain adalah negara-negara persemakmuran Inggris. Pada 1941, setelah Jerman menyerang Uni Soviet, Inggris menerima Uni Soviet yang beraliran komunis itu ke dalam aliansi mereka. Alasannya, Jerman perlu dilumpuhkan dari sektor Timur. Selanjutnya, dengan menyebarnya perang ke Eropa dan Samudra Pasifik, Tiongkok yang sepeniga wilayahnya diduduki Jepang pada 1944, mengirim pasukannya membantu Inggris dan mempertahankan India dari invasi Jepang serta merebut kembali Myanmar. Setelah Jepang menyerang Pearl Harbour pada 1941, Amerika Serikat secara resmi ikut berperang dan turut membantu Sekutu berperang di Eropa dan Pasifik. Sebelum terlibat aktif berperang, Amerika Serikat telah membantu pasukan Sekutu dengan menyumbangkan amunisi dan persenjataan. Dari penjelasan berikut maka Informasi berikut ini yang tidak tepat terkait dengan negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia II adalah Jerman dan Italia sangat bergantung pada bantuan Jepang.

Negara yang terlibat dalam Perang Dunia II diantaranya

  • Negara axis/Poros

Anggotanya terdiri atas Jerman, Italia, dan Jepang yang terikat dalam Pakta Tripartit dan Poros Roma-Berlin. Nama Axis/Poros merujuk pada garis geografis lurus antara ibukota Roma dan Berlin.

  • Blok Sekutu

Sekutu dipimpin oleh Inggris dan Prancis, tetapi ketika Prancis jatuh menyisakan Inggris sebagai satu-satunya negara besar di pihak Sekutu. Anggota Sekutu yang lain adalah negara-negara persemakmuran Inggris. Pada 1941, setelah Jerman menyerang Uni Soviet, Inggris menerima Uni Soviet yang beraliran komunis itu ke dalam aliansi mereka. Alasannya, Jerman perlu dilumpuhkan dari sektor Timur. Selanjutnya, dengan menyebarnya perang ke Eropa dan Samudra Pasifik, Tiongkok yang sepeniga wilayahnya diduduki Jepang pada 1944, mengirim pasukannya membantu Inggris dan mempertahankan India dari invasi Jepang serta merebut kembali Myanmar. Setelah Jepang menyerang Pearl Harbour pada 1941, Amerika Serikat secara resmi ikut berperang dan turut membantu Sekutu berperang di Eropa dan Pasifik. Sebelum terlibat aktif berperang, Amerika Serikat telah membantu pasukan Sekutu dengan menyumbangkan amunisi dan persenjataan. Dari penjelasan berikut maka Informasi berikut ini yang tidak tepat terkait dengan negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia II adalah Jerman dan Italia sangat bergantung pada bantuan Jepang.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

83

amelia putri

Pembahasan lengkap banget

dffalkhnsa

Bantu banget

Elvia Nuraini

Bantu banget

Ahmad Azi Syahputra

Jawabannya Tolong di tepat kan yg benar

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan tiga negara yang tergabung dalam Blok Fasis dalam Perang Dunia II !

15

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia