Roboguru
SD

Industri yang termasuk dalam jenis industri berdasarkan lokasi unit usaha adalah ….

Pertanyaan

Industri yang termasuk dalam jenis industri berdasarkan lokasi unit usaha adalah ….space space 

  1. Industri hulu

  2. Industri hilir

  3. Industri ringan

  4. Industri yang berorientasi pada pasar

A. Aghnia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang sesuai untuk pertanyaan adalah Industri berorientasi pada pasar. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Pembahasan

Industri merupakan kegiatan manufaktur yang menyangkut semua kegiatan manusia dalam bidang ekonomi yang bersifat produktif. Pengklasifikasian industri didasarkan pada beberapa kriteria, yaitu bahan baku, tenaga kerja, pangsa pasar, modal, atau jenis teknologi yang digunakan. Untuk klasifikasi industri berdasarkan lokasi unit usahanya terbagi menjadi lima, yaitu:

  1. Industri berorientasi pada pasar (market oriented industry), yaitu industri yang didirikan mendekati daerah persebaran konsumen.
  2. Industri berorientasi pada tenaga kerja (employment oriented industry), yaitu industri yang didirikan mendekati daerah pemusatan penduduk, terutama daerah yang memiliki banyak angkatan kerja tetapi kurang pendidikannya.
  3. Industri berorientasi pada pengolahan (supply oriented industry), yaitu industri yang didirikan dekat atau ditempat pengolahan. Misalnya: industri semen di Palimanan Cirebon (dekat dengan batu gamping), industri pupuk di Palembang (dekat dengan sumber pospat dan amoniak), dan industri BBM di Balongan Indramayu (dekat dengan kilang minyak).
  4. Industri berorientasi pada bahan baku, yaitu industri yang didirikan di tempat tersedianya bahan baku. Misalnya: industri konveksi berdekatan dengan industri tekstil, industri pengalengan ikan berdekatan dengan pelabuhan laut, dan industri gula berdekatan lahan tebu.
  5. Industri yang tidak terikat oleh persyaratan yang lain (footloose industry), yaitu industri yang didirikan tidak terikat oleh syarat-syarat di atas. Industri ini dapat didirikan di mana saja, karena bahan baku, tenaga kerja, dan pasarnya sangat luas serta dapat ditemukan di mana saja. Misalnya: industri elektronik, industri otomotif, dan industri transportasi.

Berdasarkan penjelasan diatas, jawaban yang sesuai untuk pertanyaan adalah Industri berorientasi pada pasar. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

480

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Industri pengolahan susu berlokasi di dekat peternakan sapi. Pemilihan lokasi tersebut berdasarkan pada orientasi terhadap ....

676

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia