Roboguru

Industri telepon genggam terus berkembang, baik dari segi model maupun fitur di dalamnya. Telepon genggam yang awalnya hanya berfungsi menelepon dan SMS, sekarang dapat digunakan untuk permainan, kamera, dan internet. Hal tersebut menunjukkan ...

Pertanyaan

Industri telepon genggam terus berkembang, baik dari segi model maupun fitur di dalamnya. Telepon genggam yang awalnya hanya berfungsi menelepon dan SMS, sekarang dapat digunakan untuk permainan, kamera, dan internet. Hal tersebut menunjukkan ...space 

  1. terbentuknya kesadaran global sebagai hasil akhir dari globalisasispace 

  2. kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang melahirkan revolusi informasispace 

  3. terbukanya sistem perekonomian di bidang perdagangan, produksi, maupun keuanganspace 

  4. meluasnya pasar uang sehingga semakin besar pula kegiatan ekonomi suatu negaraspace 

  5. adanya pengaruh liberalisme sehingga laju globalisasi semakin cepatspace 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Perkembangan teknologi informasi yang diperlihatkan dengan perkembangan telepon genggam adalah bukti bahwa perkembangan IPTEK pada akhirnya melahirkan revolusi informasi. di mana informasi bebas dikomunikasi tanpa batasan jarak dan waktu.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepata adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Faktor utama yang menjadikan  proses globalisasi semakin dirasakan masyarakat secara langsung dapat berupa....

Pembahasan Soal:

terbukanya pola pikir merupakan faktor penunjang proses globalisasi namun pernyataan tersebut masih belum bisa dikatakan sempurna apabila tidak ada faktor utama, sedangkan kemajuan IPTEK merupakan faktor utama yang keberadaanya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, selebihnya dengan adanya kemajuan IPTEK masyarakat hanya membutuhkan penyesuaian, dan juga penerimaan atau penolakan, maka dari itu dengan adanya kemajuan IPTEK akan mempercepat proses globalisasi. Sedangkan konservatif adalah pemikiran yang tertutup masih bersifat tradisional, dan penanaman nilai norma merupakan bentuk primodialisme yang bisa saja sebagai potensi penghambat seseorang dalam proses globalisasi.

0

Roboguru

Pergerakan arus globalisasi yang cepat, membawa pengaruh pada perubahan teknologi. Salah satunya yaitu globalisasi memberikan kemudahan dalam komunikasi jarak jauh. Selain handphone, internet juga mer...

Pembahasan Soal:

Kemajuan IPTEK merupakan salah satu faktor pendorong terjadinya globalisasi di dunia. Pergerakan arus globalisasi yang cepat memberikan pengaruh pada bidang teknologi. Salah contohnya, yaitu munculnya komputer, laptop, telepon, handphone, dan internet. Seiring dengan pergerakan arus globalisasi, perkembangan teknologi semakin meningkat sebagai sarana dalam mempermudah pekerjaan manusia. Berdasarkan kasus di atas, salah satu upaya yang dilakukan untuk menghindari dampak negatif dari adanya perkembangan internet di era globalisasi, yaitu menjadi pengguna internet yang selektif, dengan cara memblokir situs-situs atau konten-konten negatif yang tersebar di berbagai platform dunia maya. Hal ini dilakukan sebagai cara dalam mengantisipasi terjadinya kejahatan dunia maya (cybercrime). Dengan menjadi pengguna internet yang selektif, seseorang dapat lebih mawas diri terhadap kemungkinan-kemungkinan tindakan kejahatan yang bisa saja terjadi akibat kecerobohan dalam menggunakan internet.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined  

0

Roboguru

Saat ini globalisasi berkembang pesat di seluruh belahan dunia. Faktor pendorong berkembang pesatnya globalisasi adalah ....

Pembahasan Soal:

Faktor pendorong globalisasi salah satunya adalah perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi. Melalui perkembangan tersebut menjadikan masyarakat bisa berhubungan dengan masyarakat lainnya di belahan dunia tanpa batasan ruang, dan waktu.

Dengan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.berkembangnya teknologi komunikasi dan transportasi undefined 

0

Roboguru

Apa saja faktor pendorong timbulnya globalisasi? jelaskan menurut pemahaman Anda! ...

Pembahasan Soal:

Globalisasi adalah  adalah tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain. Globalisasi memiliki faktor pendorong, yaitu;

  1. Kemajuan ilmu pengetahuan, berarti lahirnya berbagai penelitian baru, dan adanya keinginan manusia untuk merubah nasibnya berpengaruh penting terhadap hadirnya globalisasi.
  2. Kemajuan tekonologi, berarti lahirnya berbagai penemuan baru dalam bidang teknologi, seperti adanya handphone dan media sosial menjadikan penyatuan budaya dari berbagai negara lebih mudah dan lebih cepat.
  3. Terbukanya sistem perekonomian negara, berarti terbukanya ekonomi di tiap negara menjadikan masyarakat dari negara lainnya bebas bekerja di manapun, yang menjadikan satu negara berpotensi di isi oleh masyarkat dari berbagai belahan dunia.

Dengan melihat penjelasan tersebut terdapat tiga hal yang menjadi faktor pendorong globalisasi, di antaranya, kemajuan ilmu pengetahuan, kemajuan teknologi, terbukanya sistem perekonomian.space 

0

Roboguru

Menurut . . . . tren budaya populer semakin berkembang dan digemari oleh masyarakat melalui peran media massa, media sosial, media elektronik.

Pembahasan Soal:

Kutipan pada soal merupakan pandangan menurut Jean P. Baudrillad. Budaya populer kini dapat dikonotasikan sebagai budaya selera pasar yang cenderung mengeksplorasi kesenangan, tidak memiliki nilai substansial, namun digembari banyak orang. Masyarakat terutama kalangan remaja cenderung mudah mengikuti tren budaya populer. Tren tersebut biasanya mulai merebak melalui media sosial. Sehingga masyarakat yang mengikuti tren tersebut cenderung mengutamakan tujuan menjadi populer dan mendapat ketenaran di dunia maya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved