Roboguru

Industri gerabah di Kasongan berdasar bahan bakunya termasuk jenis industri…

Pertanyaan

Industri gerabah di Kasongan berdasar bahan bakunya termasuk jenis industri…

  1. ekstratif 

  2. nonekstratif 

  3. fasilitatif 

  4. primer 

  5. kecil 

Pembahasan Soal:

Industri gerabah di Kasongan mengambil bahan baku kerajinan dari daerah setempat. Bahan baku berupa tanah liat untuk pembuatan keramik Kasongan diperoleh di sepanjang tepian Sungai Bedog, yang mengapit Desa Kasongan di sebelah timur dan selatan. Berdasarkan bahan bakunya, klasifikasi industri dibagi sebagai berikut:

  • Industri ekstraktif adalah industri yang mengambil bahan bakunya langsung dari alam, seperti pertambangan, pertanian, perikanan, kehutanan, perkebunan, dan sejenisnya. Industri ekstraktif lokasinya harus berada di tempat terdapatnya bahan baku.
  • Industri non ekstraktif, yaitu industri yang bahan bakunya terdapat di tempat lain selain di alam sekitar.
  • Industri fasilitatif, yaitu industri yang memiliki produk utama berbentuk jasa. 

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang paling tepat untuk soal ini adalah A. 
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu contoh kegiatan yang termasuk dalam klasifikasi industri sekunder adalah ….

Pembahasan Soal:

Industri yang menghasilkan barang atau benda yang membutuhkan pengolahan lebih lanjut sebelum dapat dinikmati atau digunakan disebut industri sekunder. Contohnya: industri pemintalan kapas menjadi benang, industri besi, industri tambang minyak bumi. undefined 

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Sebuah industri akan memilih lokasi pabrik dekat dengan pasar jika …. produk yang dihasilkan lebih berat dari pada bahan baku produk yang dihasilkan tidak mudah diangkut bahan baku tidak mudah ru...

Pembahasan Soal:

Penentuan pemilihan lokasi industri didasari oleh beberapa faktor yang semua tujuannya sama yaitu meminimalkan biaya produksi agar keuntungan semakin besar. 

Lokasi industri dekat dengan bahan baku. Suatu industri didirikan dekat dengan lokasi ketersedian bahan baku jika didasarkan oleh pertimbangan berikut.

  • bahan baku yang digunakan mudah rusak;
  • biaya angkut bahan baku lebih mahal dibanding biaya angkut barang jadi; dan
  • bahan baku lebih berat dibanding barang jadi.

Sifat dan bentuk bahan baku juga memengaruhi terhadap penentuan lokasi industri tersebut. Contoh industri yang harus didirikan dekat dengan bahan baku antara lain industri kayu, industri batu-bara, buah-buahan, gas, minyak. 

Lokasi industri dekat dengan pasar. Industri didirikan dekat wilayah pemasaran/konsumen jika pertimbangannya adalah sebagai berikut.

  • produksi yang dihasilkan lebih berat dibanding bahan baku;
  • bahan baku yang digunakan tidak mudah rusak;
  • barang produksi mudah rusak;
  • wilayah pemasaran luas.

Lokasi industri dekat dengan tenaga kerja. Ketersediaan tenaga kerja menjadi hal penting dalam kemajuan suatu industri. Industri tertentu memilih mendirikan lokasi kegiatan di daerah yang banyak tersedia tenaga kerja terampil dan upahnya relatif murah seperti industri batik, pabrik jamu dan industri rokok.

Lokasi industri dekat dengan sarana transportasi. Pemasaran merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam industri. Kelancaran pemasaran akan berpengaruh terhadap keuntungan industri. Lokasi industri harus memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana transportasi untuk mengangkut barang dan komoditas ke konsumen. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, hanya nomor 1,2,dan 3 yang benar.

Oleh karena itu jawaban yang paling tepat adalah A 
 

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Benua Asia menampung lebih dari 70% penduduk dunia sehingga lebih rentan terhadap perubahan iklim. SEBAB ...

Pembahasan Soal:

Benua Asia merupakan benua terpadat penduduknya, sekitar 60-70% tinggal di benua ini dan sisanya tersebar di benua lainnya. Perubahan iklim adalah perubahan sigifikan pada iklim, suhu udara dan curah hujan. Penyebab dari adanya perubahan iklim yaitu meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida dan gas-gas lainnya di atmosfer yang menyebabkan efek gas rumah kaca. Jumlah penduduk Asia yang padat lebih rentan terhadap perubahan iklim karena turut berperan dalam peningkatan konsentrasi gas karbon dioksida di antaranya dalam penggunaan kendaraan. Maka kalimat pernyataan tepat. Selanjutnya kalimat alasan tidak tepat karena dalam pengendalian perubahan iklim terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan di antaranya menggunakan sumber energi yang terbarukan dan ramah lingkungan dan melakukan penanaman hutan dalam skala besar.

Jadi, Jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Pembangunan sektor industri di suatu wilayah secara langsung mempunyai peran penting karena .... membuka lapangan kerja meningkatkan pendapatan penduduk menambah sumber devisa negara memajukan p...

Pembahasan Soal:

Industri merupakan seluruh bentuk kegiatan ekonomi dalam mengolah bahan baku untuk menghasilkan barang yang memiliki nilai tambah atau manfaat yang lebih tinggi. Karena proses produksi dalam industri memerlukan sumber daya manusia, maka pembangunan sektor industri akan membuka lapangan pekerjaan bagi para penduduk, sehingga dapat meningkatkan pendapatan penduduk. Kegiatan industri menghasilkan produk baik untuk pemasaran dalam negri maupun untuk kepentingan ekspor. Aktivitas ekspor dari produk hasil industri merupakan salah satu sumber utama devisa negara. Pembangunan sektor industri juga membawa pengetahuan dan teknologi baru ke suatu wilayah dan terus berupaya mengembangkannya, sehingga dapat memajukan pengetahuan dan teknologi.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Pola unit kegiatan dalam zona keruangan kota yang memisahkan daerah miskin atau daerah kumuh disebut....

Pembahasan Soal:

Tata Ruang adalah perwujudan dari struktur ruang dan pola ruang. Dalam tata ruang kota pemisahan yang dapat menimbulkan kelompok-kelompok atau kompleks-kompleks tertentu disebut dengan segregasi. Segregasi timbul akibat adanya heterogenitas sosial berupa ketimpangan ekonomi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved