Iklan

Iklan

Pertanyaan

Industri cenderung tumbuh di daerah dataran, dekat jalan raya, dan sumber energi. Prinsip Geografi untuk memahami fenomena di atas adalah ....

Industri cenderung tumbuh di daerah dataran, dekat jalan raya, dan sumber energi. Prinsip Geografi untuk memahami fenomena di atas adalah ....

  1. prinsip deskripsi

  2. prinsip morfologi

  3. prinsip distribusi

  4. prinsip korologi

  5. prinsip interelasi

Iklan

E. Anggraeni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ada empat prinsip geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing prinsip memiliki kecenderungan analisis yang berbeda-beda. Empat prinsip tersebut yaitu: Prinsip distribusi adalah prinsip yang menjelaskan persebaran fenomena alam. Contohnya: hutan hujan tropis banyak tersebar di Sumatra, Kalimantan, dan Papua. Prinsip deskripsi adalah prinsip yang menjelaskan suatu fenomena tertentu. Penjelasan tersebut dapat berupa pemaparan data dalam tabel, diagram, grafik, dan lain sebagainya. Contohnya: hutan hujan tropis merupakan jenis hutan heterogen yang banyak ditumbuhi tanaman yang memiliki daun lebat. Keadaan tanah pada wilayah hutan hujan tropis sangat lembap karena sinar matahari tidak tembus sampai ke permukaan tanah. Prinsip interelasi adalah prinsip yang menjelaskan hubungan sebab-akibat pada berbagai fenomena yang terjadi di muka bumi. Contohnya: banyaknya padang rumput di Nusa Tenggara Barat menyebabkan banyak masyarakat memilih menggeluti usaha peternakan hewan besar. Prinsip korologi , adalah prinsip yang menjelaskan gabungan dari ketiga prinsip di atas, dan penjelasan ilustrasinya biasanya sangat panjang. Industri cenderung tumbuh di daerah dataran, dekat jalan raya, dan sumber energi. Prinsip Geografi untuk memahami fenomena tersebut adalah prinsip distribusi. Hal ini berarti industri tumbuh tidak merata di semua tempat. Pernyataan pada soal menunjukkan bahwa daerah dataran, daerah yang dekat jalan raya, dan sumber energi menjadi pilihan yang baik untuk pembangunan industri.

Ada empat prinsip geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing prinsip memiliki kecenderungan analisis yang berbeda-beda. Empat prinsip tersebut yaitu:

  1. Prinsip distribusi adalah prinsip yang menjelaskan persebaran fenomena alam. Contohnya: hutan hujan tropis banyak tersebar di Sumatra, Kalimantan, dan Papua.
  2. Prinsip deskripsi adalah prinsip yang menjelaskan suatu fenomena tertentu. Penjelasan tersebut dapat berupa pemaparan data dalam tabel, diagram, grafik, dan lain sebagainya. Contohnya: hutan hujan tropis merupakan jenis hutan heterogen yang banyak ditumbuhi tanaman yang memiliki daun lebat. Keadaan tanah pada wilayah hutan hujan tropis sangat lembap karena sinar matahari tidak tembus sampai ke permukaan tanah.
  3. Prinsip interelasi adalah prinsip yang menjelaskan hubungan sebab-akibat pada berbagai fenomena yang terjadi di muka bumi. Contohnya: banyaknya padang rumput di Nusa Tenggara Barat menyebabkan banyak masyarakat memilih menggeluti usaha peternakan hewan besar.
  4. Prinsip korologi, adalah prinsip yang menjelaskan gabungan dari ketiga prinsip di atas, dan penjelasan ilustrasinya biasanya sangat panjang.

Industri cenderung tumbuh di daerah dataran, dekat jalan raya, dan sumber energi. Prinsip Geografi untuk memahami fenomena tersebut adalah prinsip distribusi.

Hal ini berarti industri tumbuh tidak merata di semua tempat. Pernyataan pada soal menunjukkan bahwa daerah dataran, daerah yang dekat jalan raya, dan sumber energi menjadi pilihan yang baik untuk pembangunan industri.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Wilayah rawan gempa di Indonesia berada pada daerah pesisir barat Sumatra, pesisir selatan Pulau Jawa, pesisir selatan Kepulauan Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan barat Papua. Fenomena tersebut dap...

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia