Roboguru

Indonesia tol laut, deep seaport, logistik, industri perkapalan, dan pariwisata maritim, merupakan satu upaya untuk membangun Indonesia yaitu….

Pertanyaan

Indonesia tol laut, deep seaport, logistik, industri perkapalan, dan pariwisata maritim, merupakan satu upaya untuk membangun Indonesia yaitu….space 

  1. Membangun budaya maritim Indonesia

  2. Menjaga dan mengelola sumber daya laut

  3. Memberi prioritas pada pengembangan infastruktur dan konektivitas maritim

  4. Mengajak semua mitra-mitra Indonesia untuk bekerja sama di bidang kelautan

  5. Membangun pertahanan maritim

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Untuk mewujudkan gagasan Indonesia sebagai poros maritim dunia maka Presiden mengagendakan 5 pilar utama dalam pembangunan yakni:

  1. Membangun budaya maritim Indonesia.
  2. Menjaga & mengelola sumber daya laut.
  3. Mengembangkan infrastruktur & konektivitas maritim.
  4. Melaksanakan diplomasi maritim.
  5. Membangun kekuatan pertahanan maritim.

Adapun pembangunan tol laut, logistic, industri perkapalan, pelabuhan laut dalam atau deep seaport, pariwisata maritim dan lain lain masuk ke dalam pilar ke 3 yakni mengembangkan infrastruktur dan konektifitas maritim agar Indonesia sebagai poros maritim dunia dapat terwujud.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut bukan dari pilar utama untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, adalah….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, lima pilar utama utama untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia yaitu sebagai berikut.

  1. Pembangunan kembali budaya maritim Indonesia.
  2. Komitmen menjaga dan mengelola sumber daya laut dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut melalui pengembangan industri perikanan dengan menempatkan nelayan sebagai pilar utama.
  3. Komitmen mendorong pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim dengan membangun tol laut, pelabuhan laut, logistik, dan industri perkapalan, serta pariwisata maritim.
  4. Diplomasi maritim yang  mengajak semua mitra Indonesia untuk bekerja sama pada bidang kelautan.
  5. Membangun kekuatan pertahanan maritim.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka yang bukan pilar utama untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah membuka perairan Indonesia untuk dimanfaatkan pihak luar negeri.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space space  

Roboguru

Menghilangkan sumber konflik di maritim merupakan salah satu pilar utama untuk membangun Indonesia yaitu….

Pembahasan Soal:

Untuk mewujudkan gagasan Indonesia sebagai poros maritim dunia maka Presiden mengagendakan 5 pilar utama dalam pembangunan yakni:

  1. Membangun budaya maritim Indonesia.
  2. Menjaga dan mengelola sumber daya laut.
  3. Mengembangkan infrastruktur dan konektivitas maritim.
  4. Melaksanakan diplomasi maritim.
  5. Membangun kekuatan pertahanan maritim.

Berdasarkan pernyataan diatas yang sesuai dengan pertanyaan bagaimana menghilangkan sumber konflik di maritim merupakan salah satu pilar utama untuk membangun Indonesia yaitu dengan pilar ke 4 melaksanakan diplomasi maritim yang mengajak semua mitra Indonesia untuk bekerja sama pada bidang kelautan. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Roboguru

Mengapa kedaulatan bangsa akan berpengaruh dalam perdagangan antarnegara?

Pembahasan Soal:

Kedaulatan suatu bangsa akan berpengaruh terhadap perdagangan antarnegara. Lemahnya kedaulatan bangsa akan menyebabkan rontoknya ekonomi bangsa yang diikuti pula oleh krisis ekonomi berkepanjangan. Dalam situasi tersebut, kedaulatan nasional terbelenggu oleh tiga perkara. Pihak asing yang dapat ikut menentukan kebijakan publik dalam bidang ekonomi dan sosial, penguasaan devisa akan kembali berada di pihak asing dengan intensitas yang lebih tinggi, dan ekspansi asing untuk penguasaan aset dan unit ekonomi akan semakin meluas dan intensif. Kondisi ini akhirnya membuat negara menjadi sasaran perdagangan (konsumen) dalam perdagangan antar negara, sehingga menciptakan masyarakat yang konsumtif. Sebaliknya, kuatnya kedaulatan suatu bangsa akan membawa kemajuan ekonomi di bagi negaranya. Bangsa tersebut berkuasa penuh untuk mengatur segala hal yang ada dalam wilayah negara tanpa campur tangan negara lain. Semua potensi baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia dapat dimanfaatkan dengan baik. Hal ini dapat diikuti pula dengan meningkatnya produktifitas negara, sehingga negara dapat menjadi produsen barang/jasa dalam perdagangan antarnegara. undefined 

Roboguru

Dalam dunia perdagangan Indonesia memiliki sejarah yang panjang sebagai negara dagang pada masa lalu, diantaranya banyak saudagar Bugis yang menjadi pioneer perdagangan dan pelayaran dunia. Indonesia ...

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi untuk menjadi poros maritim dunia. Indonesia berpotensi menjadi poros maritim dunia karena letak wilayah Indonesia sangat strategis, yaitu berada diantara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Hal ini terbukti dari sejarah masa lalu para penjajah datang ke Indonesia melalui jalur transportasi dan perdagangan hasil bumi berupa rempah-rempah.space 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Roboguru

Nama pelabuhan berikut yang akan dipakai sebagai pelabuhan korelasi internasional, yaitu….

Pembahasan Soal:

Menurut Kementrian Perhubungan akan memproyeksikan Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara sebagai Pelabuhan Hub Internasional. Adapun Kuala Tanjung terletak di posisi yang sangat strategis, berada di Selat Malaka sebagai salah satu jalur pelayaran niaga tersibuk di dunia dan memiliki water depth sekitar 15-17 meter Lws dan tren ukuran vessel international yang semakin besar, menjadikan Pelabuhan Kuala Tanjung sangat cocok diposisikan sebagai Pelabuhan ekspor-impor internasional.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved