Iklan

Iklan

Pertanyaan

Indonesia sebagai negara agraris dengan lahan pertanian yang luas, namun pemanfaatannya belum optimal karena pengetahuan petani tentang potensi lahan dan kondisi iklim yang minim. Pengetahuan yang harus dimiliki petani lahan sawah adalah informasi....

Indonesia sebagai negara agraris dengan lahan pertanian yang luas, namun pemanfaatannya belum optimal karena pengetahuan petani tentang potensi lahan dan kondisi iklim yang minim.

Pengetahuan yang harus dimiliki petani lahan sawah adalah informasi....

  1. jenis tanah dan kecepatan angin

  2. kesuburan tanah dan masa musim tanam

  3. struktur geologi lahan dan curah hujan

  4. kondisi tanaman dan temperatur udara

  5. karakteristik lahan dan kelembaban udara

Iklan

A. Aghnia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pengetahuan yang harus dimiliki petani sawah adalah kesuburan tanah dan musim tanam. Musim tanamadalah istilah dalam budidaya tanaman di mana iklim pada periode tertentu dalam satu tahun sangat ideal untuk menanam tumbuhan asli maupun hasil domestikasi. Dalam ilmu botani, musim yang sama disebut denganmusim tumbuh. Musim tanam di suatu wilayah sangat ditentukan dari lokasinya terhadap katulistiwa dan ketinggiannya dari permukaan laut. Informasi mengenai kesuburan tanah dapat menjadi pengetahuan petani tentang potensi lahan yang digarap. Biasanya tanah yang subur akan memberikan hasil produksi pertanian yang maksimal. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Pengetahuan yang harus dimiliki petani sawah adalah kesuburan tanah dan musim tanam. Musim tanam adalah istilah dalam budi daya tanaman di mana iklim pada periode tertentu dalam satu tahun sangat ideal untuk menanam tumbuhan asli maupun hasil domestikasi. Dalam ilmu botani, musim yang sama disebut dengan musim tumbuh. Musim tanam di suatu wilayah sangat ditentukan dari lokasinya terhadap katulistiwa dan ketinggiannya dari permukaan laut. Informasi mengenai kesuburan tanah dapat menjadi pengetahuan petani tentang potensi lahan yang digarap. Biasanya tanah yang subur akan memberikan hasil produksi pertanian yang maksimal. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Mila Gw

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pemanfaatan dinamika atmosfer bagi kegiatan pertanian adalah ….

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia