Roboguru

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentuk karena adanya lempeng yang terpisah dan juga penggabungan antarlempeng. Lempeng apa saja yang membentuk Kepulauan Indonesia?

Pertanyaan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentuk karena adanya lempeng yang terpisah dan juga penggabungan antarlempeng. Lempeng apa saja yang membentuk Kepulauan Indonesia?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Indonesia terletak antara empat pertemuan lempeng besar, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, Lempeng Filipina dan Lempeng Pasifik. Tetapi keberadaan lempeng Filipina pengaruhnya tidak sebesar lempeng yang lain. Jadi, Terbentuknya Indonesia dipengaruhi oleh lempeng Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan istilah dari Pangea!

Pembahasan Soal:

Pangea adalah benua super besar yang terdapat pada saat menjelang masa Proterozoik. Panea berasal dari bahasa Yunani yaitu “Pan” yang berarti keselurhan, dan “Gaia” yang berarti daratan.

0

Roboguru

Bukti bumi mengalami pergeseran lempeng adalah ...

Pembahasan Soal:

Lapisan kerak bumi terdiri atas lempeng benua dan lempeng samudra. Tiap lempeng tektonik mempunyai gerak pergeseran yang tidak sama. Oleh karena itu, terbentuklah tiga jenis batas pertemuan antarlempeng, yaitu berjauhan, bertumbukan, dan bergesekan. Pergerakan lempeng bumi dapat mengakibatkan hal-hal sebagai berikut :

  • Lempeng-lempeng bumi yang berjauhan menyebabkan melebarnya dasar samudra.
  • Lempeng-lempeng bumi yang bertumbukan menyebabkan lempeng dasar samudra menghunjam ke bawah lempeng benua dan membentuk pegunungan dan gunung api.
  • Lempeng-lempeng bumi yang bergesekan mengakibatkan terjadinya perusakan lempeng benua di dasar palung.

Berdasarkan penjelasan tersebut, terdapat bukti bumi mengalami pergeseran lempeng yaitu benua Gondwana terpecah menjadi Benua Afrika, Australia, dan Amerika Selatan dan benua Laurasia terpecah menjadi Amera Utara dan Eropa. Bukti bahwa benua Gondwana dan Laurasia pernah bersatu kemudian terpecah adalah dari geologi dan kehidupan yang terdapat di kedua pantai benua tersebut terdapat kesamaan.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Menurut teori apungan benua, rotasi bumi memengaruhi pergerakan pecahan benua. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan...

Pembahasan Soal:

Teori apungan benua didukung oleh bukti sebagai berikut :

  1. Pantai di bagian timur Amerika Selatan dan pantai barat Afrika terlihat memiliki potongan yang cocok satu sama lain.
  2. Batuan yang terdapat di Amerika Selatan dan di Afrika memiliki jenis dan umur batuan yang sama.
  3. Struktur batuan induk di tepi lautan Atlantik di Afrika, Amerika Utara, dan Eropa memiliki potongan dengan bentuk yang cocok satu sama lain.
  4. Adanya garis kontur pantai Timur Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan dengan garis kontur pantai barat Eropa dan Afrika.
  5. Daratan Greenland menjauhi Eropa.
  6. Kepulauan Madagaskar menjauhi Afrika.
  7. Ada kegiatan seismik di Patahan San Andreas.
  8. Samudera Atlantik semakin luas karena pergerakan Benua Amerika ke barat.
  9. Batas Samudera Hindia semakin mendesak ke Utara.
  10. Teori Lempeng Tektonik (Plate Tectonic).

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Jelaskan mengapa benua dan samudra bergeser-geser!

Pembahasan Soal:

Lempeng benua dan samudra bergerak merupakan bagian dari kerak Bumi. Pergerakan lempeng benua dan samudra menurut teori perkembangan permukaan bumi dipengaruhi oleh arus konveksi yang berasal dari mantel bumi. Kerak bumi mengapung di atas lapisan mantel yang cair dan liat. Pengaruh arus konveksi lapisan mantel bumi, yang bersifat liquid (cairan kental), kerak bumi bergeser dengan mengikuti arah arus konveksi. Arah pergeseran tidak sama, menyebabkan munculnya tiga jenis batas penemuan antara lempeng-lempeng  yaitu saling menjauh, saling bertumbukan, dan saling berpapasan.space 

0

Roboguru

Pola pergerakan lempeng dan dampaknya pada kehidupan ditunjukkan pada adalah ....

Pembahasan Soal:

Pola pergerakan lempeng yang dikenal dunia ada tiga, penjelasannya sebagai berikut:

a. Pola pergerakan lempeng divergen, yaitu gerakan yang saling menjauh antara kedua lempeng, gerakan ini mengakibatkan terbentuknya punggung samudera, sedangkan patahan apabila terjadi di daratan membentuk lembah retak besar seperti Great Rift Valley di Afrika Timur.

b. Pola pergerakan lempeng konvergen, yaitu gerakan yang saling mendekat antara kedua lempeng, gerakan ini mengakibatkan terbentuknya palung laut (zona subduksi) apabila yang bertabrakan adalah lempeng samudera dengan lempeng benua dan terjadinya lipatan (zona konvergen) apabila yang bertabrakan adalah lempeng benua dengan lempeng benua

c. Pola pergerakan lempeng transform (sesar-mendatar) yaitu gerakan yang saling berpapasan dan mengakibatkan permukaan bumi patah yang disebut dekstral dan sinistral seperti di Los Angeles membentuk patahan San Andreas.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban E. Pilihan jawaban (A) kurang tepat karena divergen tidak membentuk jalur pegunungan aktif, justru itu karena gerak konvergen, (B) kurang tepat karena subduksi adalah hasil gerakan konvergen, (C) kurang tepat konvergen tidak akan membentuk permukaan bumi baru dan terakhir (D) divergen bukan mengakibatkan palung semakin dalam, justru hal itu disebabkan oleh gerak konvergen

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved