Roboguru

Indonesia memperoleh Janji Kemerdekaan dari Perdana Menteri Kuniaki Koiso pada 7 September 1944 yang akan diberikan pada kemudian hari. Untuk kemerdekaan itu, pemerintah Jepang membentuk BPUPKI dan PPKI. Berdasarkan ilustrasi tersebut pengaruhnya terhadap kemerdekaan Indonesia adalah ...

Pertanyaan

Indonesia memperoleh Janji Kemerdekaan dari Perdana Menteri Kuniaki Koiso pada 7 September 1944 yang akan diberikan pada kemudian hari. Untuk kemerdekaan itu, pemerintah Jepang membentuk BPUPKI dan PPKI.
Berdasarkan ilustrasi tersebut pengaruhnya terhadap kemerdekaan Indonesia adalah ...

  1. Mempersiapkan administrasi kedaulatan Indonesia agar diakui secara internasional

  2. Mengedepankan para intelektual muda untuk terus melakukan aksi demonstrasi atas keterbatasan gerak organisasi

  3. Saat Indonesia merdeka Indonesia telah memiliki rumusan Dasar Negara dan UUD 1945

  4. Menyamakan visi kenegaraan dari para tokoh proklamator dan Golongan Muda yang paling radikal

  5. Adanya simpati Golongan Muda terhadap Golongan Tua yang pro dengan tentara Jepang

Pembahasan Soal:

Keadaan Jepang yang sudah mulai terdesak dalam Perang Asia Tmur Raya pada tahun 1944, membuat Perdana Menteri waktu itu Kunaki Koiso memberikan janji kemerdekaan pada 7 September 1944 kepada Indonesia suatu hari nanti. Dalam perkembangannya kemudian, janji kemerdekaan itu direalisasikan melalui pembentukan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 April 1945 dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 7 Agustus 1945.
Dibentuknya dua organisasi tersebut adalah langkah untuk mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan negara merdeka, sebab itu kedua organisasi tersebut melaksanakan beberapa kali sidang untuk mempersiapkan hal yang berkaitan dengan kemerdekaan, salah satunya adalah membahas Dasar Negara dalam sidang BPUPKI pada 29 Mei-1 Juni 1945. Sementara untuk sidang yang dilaksanakan oleh PPKI, selain mempersiapkan hal yang berkaitan dengan kemerdekaan, PPKI juga melaksanakan sidang selepas kemerdekaan untuk membahas perihal perangkat-perangkat untuk negara yang merdeka.

Dari penjabaran di atas, diketahui maka opsi jawaban benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Walaupun telah membentuk BPUPKI dan PPKI, sebagai pihak yang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II, Jepang tidak berhak memberikan kemerdekaan kepada Indonesia SEBAB Proklamasi kemerdekaan Indon...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar karena sebagai pihak yang kalah, Jepang harus menaati hasil perjanjian yang telah disepakati dengan pihak Sekutu setelah Perang Dunia II. Seperti yang dikatakan Jenderal Nishimura kepada Soekarno dan Hatta bahwa dengan menyerahnya Jepang terhadap Sekutu, artinya Jepang tidak boleh lagi mengubah status quo (status politik Indonesia). Jadi, walaupun sudah membentuk BPUPKI dan PPKI, Jepang sudah tidak berhak memberikan kemerdekaan pada Indonesia.

Alasan benar karena proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada saat Indonesia mengalami vacuum of power (kekosongan kekuasaan). Artinya, Jepang yang saat itu menguasai Indonesia hanya menjaga status quo (status politik Indonesia) sampai pasukan Sekutu datang dan mengambil alih wilayah Indonesia. Jadi, proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan setelah Jepang menyerah kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945.

Berdasarkan penjelasan di atas, pernyataan dan alasan benar tetapi tidak saling berhubungan.undefined 

0

Roboguru

Langkah pertama Jepang sebagai pelaksanaan janji Koiso tentang kemerdekaan Indonesia adalah dengan membentuk...

Pembahasan Soal:

Langkah awal yang dilakukan Jepang untuk Indonesia ketika mareka sedang terdesak yaitu membuat janji kemerdekaan kepada rakyat Indonesia. Janji Koiso adalah pernyataan yang disampaikan Perdana Menteri Jepang Kuniaku Koiso pada 7 September 1944 dalam sidang istimewa Teikoku Henkai ke-85 di Tokyo. Janji Koiso berisi janji Keksaisaran Jepang untuk memberikan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia suatu hari. Janji ini dikeluarkan karena Jepang tahu rakyat Indonesia dan tokoh pergerakan sangat mendambakan kemerdekaan. Agar rakyat mau tetap bekerja untuk Jepang, Jepang pun menjanjikan kemerdekaan. Setelah PM Koiso mengeluarkan janji itu, tentara pendudukan Jepang di Indonesia pun mulai melonggarkan pengawasannya kepada para tokoh nasional seperti Soekarno, Moh Hatta, dan kawan-kawan.

Untuk melunasi janjinya, mereka membentuk satu badan yang bertugas mempersiapkan dan merancang berdirinya negara yang merdeka dan berdaulat. Pada 26 April 1945, badan itu, Dokoritsu Zyumbi Coosakai atau Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), dibentuk. Soekarno, Moh Hatta, Soepomo, AA Maramis, Abdul Wahid Hasyim, dan Moh Yamin direkrut ke dalamnya.

Di saat yang sama, Soekarno juga juga mengirim surat kepada pelajar-pelajar Indonesia di Jepang bahwa ia tak percaya kemerdekaan akan diberikan Jepang, tetapi harus direbut dengan perjuangan. Nyatanya, Jepang tidak pernah melunasi janji itu. Jepang tak kunjung memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Hingga pada 6 Agustus 1945, AS menjatuhkan bom atom ke kota Hiroshima. Menyusul bom ke Nagasaki pada 9 Agustus. Akibat bom itu, Jepang lumpuh dan tak berdaya. Jepang akhirnya menyatakan kekalahan dan menyerah.

Dengan demikian, langkah pertama Jepang sebagai pelaksanaan janji Koiso tentang kemerdekaan Indonesia adalah dengan membentuk BPUPKI.

0

Roboguru

Berilah tanda ceklis (V) pada jawaban yang paling tepat!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, setelah serangkaian kekalahan Jepang dalam pertempuran Perang Dunia II yang diikuti oleh pemboman Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945, pemerintahan Jepang melihat bahwa mereka tidak bisa lagi menghindari kekalahan dari pasukan Sekutu. Akhirnya, pada tanggal 15 Agustus 1945, kaisar Hirohito membacakan pernyataan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat. Menyerahnya Jepang ini menyebabkan “”vacuum of power”atau kekosongan ekkuasaan, sebab meski Jepang menyerah kepada Sekutu, pasukan Sekutu sendiri belum ada di sebagian besar wilayah Indonesia untuk mengambil alih kekuasaan. Berita menyerahnya Jepang ini disensor oleh radio dan kantor berita Jepang di Indonesia, namun, radio-radio negara Sekutu masih dapat didengarkan, dan berita ini akhirnya sampai ke para pejuang kemerdekaan. Sutan Syahrir, yang mendengar berita ini mengambil kesimpulan bahwa Indonesia harus memproklamasikan kemerdekaanya segera. Menurut rencana, proklamasi akan dilakukan pada tanggal 24 September 1945, sesuai dengan keputusan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang dibentuk oleh Jepang. Namun, Sutan Sjahrir berpendapat bahwa proklamasi harus dilakukan segera, agar keosongan kekuasaan tidak berlangsung lama, dan agar tidak dianggap hadiah dari Jepang, karena PPKI adalah badan bentukan Jepang. Sutan Sjahrir meminta agar Sukarno dan Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan.  Namun Sukarno dan Hatta menolak usul ini.Akhirnya, para pemuda membawa Sukarno dan hatta ke Rengasdengklok, dan berharap Soekarno dan Hatta bersedia menyatakan Proklamasi Kemerdekaan. Setelah Ahmad Subarjo datang dan memastikan bahwa kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus 1945, maka para pemuda bersedia melepaskan Soekarno dan Hatta beserta rombongannya untuk kembali ke Jakarta. Akhirnya, Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat, yang saat ini dinamakan Jalan Proklamasi.Tempat ini merupakan kediaman Ir Sukarno.

0

Roboguru

Orang yang mendengar berita bahwa Jepang menyerah kepada sekutu yaitu........

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa kekalahan Jepang dalam perang Asia Pasifik ditandai dengan di bomnya kota Hiroshima dan Nagasaki pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945. Akhirnya, pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang resmi menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Kaisar Hirohito tampil di radio nasional pertama kalinya, mengumumkan Jepang menyerah demi menciptakan perdamaian besar bagi generasi mendatang. Amerika Serikat segera menerima menyerahnya Jepang. Peristiwa ini mengakhiri Perang Dunia II setelah empat tahun pertempuran antara Jepang dan Amerika Serikat.

Golongan muda yang mendengar berita kekalahan Jepang dari radio luar negeri merasa situasi tersebut merupakan kesempatan baik bagi bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya. Berita kekalahan Jepang dari Sekutu tidak seketika tersiar ke berbagai negara. Namun, berita soal ini diketahui salah satu tokoh pada masa itu, Sutan Syahrir.  Pada masa kependudukan Jepang, Syahrir melakukan gerakan bawah tanah untuk mempersiapkan kemerdekaan tanpa bekerja sama dengan Jepang. Pada 10 Agustus 1945, Sutan Syahrir mendengar berita tersebut dari siaran radio luar negeri yang pada waktu itu dilarang. Akhirnya, Syahrir menghubungi Chairil Anwar dan segera meneruskan berita tersebut kepada para pemuda yang pro kemerdekaan.

Dengan demikian, berita menyerah kalahnya Jepang pada 14 Agustus 1945 pertama kali didengar oleh Sutan Syahrir.

0

Roboguru

Kabar menyerahnya Jepang kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945 diperoleh pemuda Indonesia melalui ....

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang mengumumkan menyerah kepada pasukan Sekutu. Kabar menyerahnya Jepang tentu disembunyikan rapat-rapat oleh pasukan Jepang yang berada di Indonesia. Namun pada saat itu, Sutan Sjahrir yang memang menyembunyikan radio di kamarnya, berhasil mendapatkan siaran radio yang berasal dari luar negeri bahwa Jepang telah menyerah. Kabar tersebut segera diinformasikan kepada seluruh golongan muda dan juga golongan tua.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved