Pertanyaan

Indonesia dan Malaysia adalah dua negara yang berbeda. Meskipun keduanya merupakan anggota dari organisasi ASEAN dan berada sama di wilayah Asia Tenggara. Namun, jumlah penduduk yang dimiliki oleh Indonesia cenderung lebih padat dibandingkan dengan Malaysia. Hal itu sangat berpengaruh kepada kehidupan sosialnya.Berikut ini contoh permasalahan yang diakibatkan oleh banyaknya jumlah penduduk yang dimiliki oleh Indonesia adalah ….

Indonesia dan Malaysia adalah dua negara yang berbeda. Meskipun keduanya merupakan anggota dari organisasi ASEAN dan berada sama di wilayah Asia Tenggara. Namun, jumlah penduduk yang dimiliki oleh Indonesia cenderung lebih padat dibandingkan dengan Malaysia. Hal itu sangat berpengaruh kepada kehidupan sosialnya. Berikut ini contoh permasalahan yang diakibatkan oleh banyaknya jumlah penduduk yang dimiliki oleh Indonesia adalah ….undefined 

  1. masyarakat sejahtera dan damaiundefined 

  2. kesatuan dan persatuan semakin eratundefined 

  3. laju urbanisasi yang tinggiundefined 

  4. tingginya tingkat pengangguranundefined 

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Pembahasan

Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2015 adalah 255,7 juta jiwa dankepadatan penduduknya mencapai 475 .Sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa, disusul Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan. Kepadatan penduduk yang tidak merata, komposisi penduduk yang sebagian besarberusia muda, terbatasnya lapangan pekerjaan, kurangnya penguasaan teknologi, dan jumlah penduduk yang besar menjadi masalah kependudukan di Indonesia. Lapangan kerja yang dianggap semakin sedikit dan tingkat persaingan yang tinggi mengakibatkan banyak dari penduduk Indonesia yang mengadu nasib ke negara-negara lain, seperti Malaysia, kawasan Timur Tengah, Korea, dan Singapura. Jadi, dapat disimpulkan bahwa besarnya jumlah penduduk yang dimiliki oleh Indonesia menyebabkan tingginya jumlah pengangguran karena minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2015 adalah 255,7 juta jiwa dan kepadatan penduduknya mencapai 475 begin mathsize 14px style jiwa forward slash km squared end style. Sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa, disusul Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan. Kepadatan penduduk yang tidak merata, komposisi penduduk yang sebagian besar berusia muda, terbatasnya lapangan pekerjaan, kurangnya penguasaan teknologi, dan jumlah penduduk yang besar menjadi masalah kependudukan di Indonesia. Lapangan kerja yang dianggap semakin sedikit dan tingkat persaingan yang tinggi mengakibatkan banyak dari penduduk Indonesia yang mengadu nasib ke negara-negara lain, seperti Malaysia, kawasan Timur Tengah, Korea, dan Singapura. Jadi, dapat disimpulkan bahwa besarnya jumlah penduduk yang dimiliki oleh Indonesia menyebabkan tingginya jumlah pengangguran karena minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

108

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Singapura merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang dikategorikan sebagai negara maju. Faktor yang menyebabkan Singapura menjadi negara maju adalah....

993

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia