Roboguru

Indonesia dan India memproduksi dua jenis komoditi yaitu pakaian dan tas dengan asumsi (anggapan) masing-masing negara menggunakan 100 tenaga kerja untuk memproduksi kedua komoditi tersebut. 50 tenaga kerja untuk memproduksi pakaian dan 50 tenaga kerja untuk memproduksi tas. Hasil total produksi kedua negara tersebut,yaitu:  Berdasarkan informasi diatas Indonesia, jelaskan mengapa Indonesia memiliki keunggulan mutlak dalam memproduksi pakaian !

Pertanyaan

Indonesia dan India memproduksi dua jenis komoditi yaitu pakaian dan tas dengan asumsi (anggapan) masing-masing negara menggunakan 100 tenaga kerja untuk memproduksi kedua komoditi tersebut. 50 tenaga kerja untuk memproduksi pakaian dan 50 tenaga kerja untuk memproduksi tas. Hasil total produksi kedua negara tersebut,yaitu: 

Berdasarkan informasi diatas Indonesia, jelaskan mengapa Indonesia memiliki keunggulan mutlak dalam memproduksi pakaian !

  1. .....

  2. ..... 

Pembahasan Soal:

Teori keunggulan mutlak merupakan teori yang dikemukakan oleh Adam Smith. Menurutnya, suatu negara dapat disebut memiliki keunggulan mutlak dari negara lain jika negara tersebut memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara lain. Indonesia unggul dibidang pakaian karena jumlah tenaga kerjanya banyak dan ketersediaan sumber daya alam yang melimpah. 

Jadi, berdasarkan pernyataan di atas mengapa indonesia unggul dibidang pakaian karena jumlah tenaga kerjanya banyak dan sumber daya alam yang tersedia melimpah.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved