Roboguru

Indonesia akan mengalami bonus demografi sekira tahun 2020-2030. Mengapa Indonesia akan mengalami fenomena tersebut? Jelaskan faktor yang memengaruhinya!

Pertanyaan

Indonesia akan mengalami bonus demografi sekira tahun 2020-2030. Mengapa Indonesia akan mengalami fenomena tersebut? Jelaskan faktor yang memengaruhinya! 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Bonus demografi adalah sebuah kondisi saat jumlah usia produktif (15 - 64 tahun) jauh lebih banyak daripada jumlah penduduk usia tidak produktif. Bonus demografi dapat dirasakan ketika rasio ketergantungan di bawah 50%. Berdasarkan data proyeksi penduduk, Indonesia diprediksi mengalami bonus demografi pada rentang tahun 2020–2030. Pada rentang waktu ini, Indonesia akan mengalami transisi atau perubahan struktur demografi. Jumlah penduduk usia produktif di Indonesia pada masa ini diperkirakan mencapai angka minimal 70% dari total keseluruhan jumlah penduduk. Kondisi ini akan memengaruhi penurunan angka ketergantungan hingga mencapai 40%–50%.

Adapun faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya bonus demografi di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Struktur usia penduduk
    Bonus demografi bisa terjadi jika komposisi penduduk usia produktif lebih banyak daripada jumlah penduduk nonproduktif.
  2. Penurunan angka kelahiran
    Penurunan angka kelahiran bisa mengakibatkan menurunnya jumlah penduduk usia muda (<15 tahun) yang merupakan penduduk usia nonproduktif. Hal ini menyebabkan komposisi penduduk usia nonproduktif pada usia muda menjadi lebih kecil dan bisa menyebabkan terjadinya bonus demografi.
  3. Rasio ketergantungan
    Angka beban ketergantungan menentukan peristiwa terjadinya bonus demografi. Jika suatu wilayah memiliki jumlah penduduk usia produktif lebih banyak daripada jumlah penduduk usia nonproduktif dan rasio angka ketergantungan <50%, wilayah tersebut telah mengalami bonus demografi.

Dengan demikian, Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi sekitar tahun 2020–2030 karena pada rentang waktu tersebut, jumlah penduduk usia produktif lebih banyak daripada jumlah penduduk usia nonproduktif. Kondisi ini secara tidak langsung akan memengaruhi penurunan angka ketergantungan. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya bonus demografi di Indonesia adalah struktur usia penduduk, penurunan angka kelahiran, dan penurunan rasio ketergantungan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 05 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved