Roboguru

Indische Partij adalah organisasi pergerakan nasional yang didirikan olch tiga tokoh yang dikenal dengan sebutan tiga serangkai, yaitu Douwes Dekker, Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat. Organisasi ini berdiri pada tahun 1912 dan organisasi ini bersifat politik. Indische Partij menunjukkan garis politik secara jelas dan tegas serta menginginkan suatu kesatuan penduduk yang multirasial. Hal ini disebabkan karena...

Pertanyaan

Indische Partij adalah organisasi pergerakan nasional yang didirikan olch tiga tokoh yang dikenal dengan sebutan tiga serangkai, yaitu Douwes Dekker, Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat. Organisasi ini berdiri pada tahun 1912 dan organisasi ini bersifat politik. Indische Partij menunjukkan garis politik secara jelas dan tegas serta menginginkan suatu kesatuan penduduk yang multirasial. Hal ini disebabkan karena...

  1. Indische Partij menuntut persamaan hak dalam berbangsa

  2. organisasi ini diketuai tokoh yang berpendidikan Belanda

  3. Indische Partij dalam perjuangannya bersikap moderat

  4. Indische Partij memperjuangkan kemerdekaan Indonesia

  5. berjuang untuk memperbesar pengaruh pro Hindia Belanda

Pembahasan Soal:

Indische Partij menunjukkan garis politik secara jelas dan tegas serta menginginkan suatu kesatuan penduduk yang multirasial. Hal ini disebabkan karena  Indische Partij menuntut persamaan hak dalam berbangsa. Hal ini tercantum di dalam tujuan organisasi Indische Partij yang Memberantas kesombongan sosial dalam pergaulan, baik dalam bidang pemerintahan maupun kemasyarakatan  dan kedua adalah untuk Memberantas berbagai usaha yang mengakibatkan kebencian antaragama. Disimpulkan bahwa indische partij menunjukan penduduk yang multirasial dengan cara menuntut persamaan hak dalam berbangsa.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan penyebab Indische Partij menginginkan suatu kesatuan penduduk yg multirasial?

Pembahasan Soal:

Indische Partij adalah salah satu organisasi pergerakan nasional yang berkembang pada masa penjajahan Belanda. Organisasi ini sekaligus merupakan organisasi pertama yang bermuatan politik. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa Indische Partij adalah partai politik pertama di Indonesia.  Latar belakang lahirnya Indische Partij karena organisasi Indische Partij initerjadinya diskriminasi dan rasisme antar keturunan Belanda asli dan orang Eropa campuran yang lahir dari hasil perkawinan Belanda dengan orang Indonesia.

Dengan demikian Indische Partij menentang penjajah dan ingin memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Roboguru

Indische Partijc berusaha menyatukan golongan pribumi, Indo-Belanda, dan Tionghoa. Persatuan tersebut di anggap penting karena?

Pembahasan Soal:

Indische Partij yang didirikan pada 25 Desember 1912 merupakan organisasi yang didirikan untuk mengatasi adanya pembedaan pada unsur suku dan ras antara orang pribumi campuran (indonesia-Belanda) dengan Belanda murni. Pendiri organisasi ini adalah E.F.E Douwes Dekker, dr. Cipto Mangunkusumo, dan Raden Mas Suwardi Suryaningrat atau yang biasa dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara. Organisasi ini juga mendukung perjuangan rakyat Indonesia dengan sumbangan opini-opininya, yang membuka pikiran rakyat Indonesia, untuk segera mengakhiri penindasan Belanda tersebut. Organisasi Indische Partij (IP) mempunyai tujuan untuk membangun rasa nasionalisme rakyat Indonesia dari semua golongan, baik golongan pribumi, golongan Indo, golongan Cina, golongan Arab, dan lain sebagainya. Indische Partij menggunakan surat kabar De Expres dan Het Tijdschrifc sebagai media propoganda menyebarkan cita – cita organisasinya.  

Dengan demikian, Indische Partij (Partai Hindia) adalah partai politik pertama di Hindia Belanda, berdiri tanggal 25 Desember 1912. Didirikan oleh tiga serangkai, yaitu E.F.E Douwes Dekker, Tjipto Mangoenkoesoemo dan Suwardi Suryaningrat yang merupakan organisasi orang-orang Indonesia dan Eropa di Indonesia. Hal ini disebabkan adanya keganjilan-keganjilan yang terjadi (diskriminasi) khususnya antara keturunan Belanda dengan orang Indonesia. Indische Partij sebagai organisasi campuran menginginkan adanya kerja sama orang Indonesia dan bumi putera. Hal ini disadari benar karena jumlah orang Indonesia sangat sedikit, maka diperlukan kerja sama dengan orang bumi putera agar kedudukan organisasinya makin bertambah kuat. Indische partij berupaya menyatukan semua golongan di Indonesia dalam suatu kesatuan yang utuh . Upaya tersebut di lakukan karena adanya unsur pembedaan sara antar warha pribumi campuran dengan Belanda asli. Yang mana upaya organisasi ini juga membuka pikiran rakyat Indonesia untuk segera memerdekakan Indonesia dan melawan penjajahan pemerintah Belanda.

Roboguru

Dalam bidang politik, Indische Partij menjadi wadah perjuangan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui berbagai gagasan dalam bentuk artikel yang ditulis secara frontal dan radikal dengan tu...

Pembahasan Soal:

Indische Partij merupakan salah satu organisasi pada masa pergerakan yang bersifat radikal dan progresif di awal abad ke-20. Perjuangan Indische Partij pada masa tersebut dituangkan dalam bentuk karya artikel yang banyak mengkritisi pemerintah kolonial Belanda melalui media surat kabar yakni De Express.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. undefined 

Roboguru

Setelah Perhimpunan Indonesia berhaluan politik, maka tujuan Perhimpunan Indonesia adalah menjadikan Indonesia...

Pembahasan Soal:

Perhimpunan Indonesia (PI) merupakan organisasi pergerakan nasional pertama yang menggunakan istilah "Indonesia", bahkan menjadi pelopor kemerdekaan bangsa Indonesia di kancah internasional. Perhimpunan Indonesia (PI) diprakarsai oleh Sutan Kasayangan dan R. N. Noto Suroto pada 25 Oktober 1908 di Leiden, Belanda. Perhimpunan Indonesia merupakan pelopor gerakan nasionalis Indonesia yang mengadvokasi kemerdekaan Indonesia dari Belanda. Saat Perhimpunan Indonesia kembali ke Indonesia, mereka aktif dalam studi dan akhirnya di partai politik untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan tujuan utamanya adalah merdeka dengan pemerintahan sendiri. Pada 1923, Perhimpunan Indonesia mengeluarkan Deklarasi Perhimpunan Indonesia yang dimuat dalam majalah Hindia Putra. Dalam deklarasi tersebut memakai kata “Bangsa Indonesia” yang menunjukkan cita-cita Perhimpunan Indonesia akan sebuah negara baru yang merdeka. Pada 1925 deklarasi tersebut berkembang menjadi manifesto politik. Karena menyakini hanya kemerdekaan yang dapat mengembalikan harga diri bangsa Indonesia.undefined

Dengan demikian, maka tujuan Perhimpunan Indonesia (PI) adalah merdeka dengan pemerintahan sendiri.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

 

Roboguru

Berikut ini adalah organisasi pergerakan nasional yang menempuh cara radikal dan taktik non-kooperatif terhadap pemerintah kolonial Belanda, kecuali ...

Pembahasan Soal:

 Organisasi pergerakan radikal adalah organisasi yang memilih untuk menolak bekerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda. Menurut mereka, bekerja sama atau bersikap kooperatif dengan pemerintah kolonial Belanda tidak akan mengakhiri penjajahan, bahkan menjauhkan cita-cita kemerdekaan.

Beberapa organisasi yang menempuh cara radikal dan taktik non-kooperatif terhadap pemerintah kolonial Belanda seperti:

  1. Indische Partij yang didirikan di Bandung pada tanggal 25 Desember 1912 oleh Tiga Serangkai (Douwes Dekker, dr. Cipto Mangunkusumo, dan Ki Hajar Dewantara). Indische Partij ini merupakan organisasi pergerakan nasional yang bersifat politik murni dengan semangat nasionalisme modern.
  2. Perhimpunan Indonesia berawal dari didirikannya Indische Vereniging tahun 1908 oleh mahasiswa Indonesia di Belanda. Yang awalnya merupakan perkumpulan sosial. Kemudian Tahun 1925 berubah menjadi Perhimpunan Indonesia dan merubah haluan pergerakan ke bidang politik dengan tujuan Indonesia merdeka.

  3. Partai Nasional Indonesia didirikan Tanggal 4 Juli 1927, dengan ketua Ir. Soekarno dan bercorak politik nasionalis murni. Kegiatan-kegiatan pergerakan yang dilakukan oleh PNI menyebabkan Belanda melakukan penangkapan terhadap tokoh-tokoh PNI, seperti Ir. Soekarno, Maskun, Supriadinata dan Gatot Mangkupradja. Tahun 1929, PNI pecah menjadi dua yakni Partindo dan Pendidikan Nasional Indonesia atau PNI-Baru.

  4. Partai Indonesia (Partindo) didirikan oleh Sartono pada tahun 1929. Tujuannya adalah mencapai Indonesia merdeka melalui Asas nonkooperasi dengan terjun dalam aksi-aksi politik.

  5. Pendidikan Nasional Indonesia (PNI-Baru)  didirikan oleh Mohammad Hatta pada tahun 1931. Tujuannya adalah mencapai Indonesia merdeka melalui Asas nonkooperasi tetapi strategi perjuangannya berbeda. PNI Baru lebih menekankan pentingnya pendidikan kader

Dengan demikian, organisasi pergerakan radikal adalah organisasi yang memilih untuk menolak bekerja sama dengan Belanda.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved