Roboguru

Indeks pembangunan manusia (IPM) diukur berdasarka...

Indeks pembangunan manusia (IPM) diukur berdasarkan indikator indeks harapan hidup, indeks pendidikan, dan indeks hidup layak. Jelaskan ketiga indikator tersebut!space undefined 

Jawaban:

Lembaga UNDP (United Nation Development Programme) mempublikasikan laporan pembangunan sumberdaya manusia dalam ukuran kuantitatif yang disebut Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI). Indikator yang dipilih untuk mengukur IPM adalah sebagai berikut.

  • Indeks harapan hidup (life expectacy) adalah rata-rata lamanya waktu hidup seseorang sejak lahir. Hal ini mencerminkan derajat kesehatan suatu masyarakat. Ketika masyarakat yang menerapkan pola hidup sehat dan pemerintah menjamin fasilitas kesehatan yang memadai maka seseorang dapat mempunyai waktu hidup yang lebih panjang.
  • Indeks pendidikan (mean years of schooling) adalah rata-rata jumlah tahun yang digunakan oleh penduduk dalam menjalani pendidikan formal, contohnya di Indonesia memiliki program wajib belajar 12 tahun hingga tingkat sekolah menengah atas. Hal ini dapat mengurangi penduduk buta huruf pada generasi selanjutnya.
  • Indeks standar hidup layak dapat diketahui melalui pendapatan per-kapita dengan perhitungan pendapatan nasional dan jumlah penduduk. Nilai pendapatan per-kapita yang tinggi mencerminkan tingkat kesejahteraan masyarakat yang tinggi.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved