Roboguru

Ilustrasi tersebut menggambarkan peran sosiolog sebagai ….

Pertanyaan

Ilustrasi tersebut menggambarkan peran sosiolog sebagai ….undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pola perilaku manusia dalam bermasyarakat. Perilaku manusia itu adalah semua yang berhubungan dengan dinamika sosial di lingkungan masyarakat. Sebagai ilmu pengetahuan sosiologi memiliki ciri empiris, teoritis, kumulatif dan non etis hal itu membuat sosiologi dapat melihat permasalahan-permasalahn sosial yang ada dalam masyarakat . Seorang yang dapat memahami dan juga belajar tentang ilmu sosiologi dapat disebut sebagai sosiolog yang berperan : 

1. Sosiolog sebagai ahli riset
        Berfokus pada pengumpulan dan penggunaan data, tujuannya adalah untuk mencari data kehidupan sosial masyarakat. Data tersebut akan diolah dan menjadi pemecah bagi setiap masalah-masalah sosial.

2. Sosiologi sebagai konsultan kebijakan
      Membantu memperkirakan pengaruh kebijakan sosial yang mungkin terjadi. Artinya, kebijakan diambil dengan harapan menghasilkan pengaruh atau dampak yang diinginkan.

3. Sosiolog sebagai praktisi
      Terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan masyarakat. Mereka memberi saran-saran, baik dalam penyelesaian berbagai masalah hubungan masyarakat, hubungan antar karyawan, masalah moral, maupun hubungan antar kelompok dalam organisasi.

4. Sosiolog sebagai guru atau pendidik Dalam pendidikan,
       Sosiologi berperan dalam mengajarkan dan mengembangkan ilmu di berbagai bidang serta memberikan contoh-contoh yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Jika dikaitkan dengan soal Sosiolog yang berperan sebagai konsultan bertugas mengarahkan, memandu, dan memberi nasehat pada para eksekutor. Eksekutor ini bisa siapa saja yang memiliki kewenangan. Dalam hal ini Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan harus berkontribusi pada perkembangan masyarakat. Perkembangan dalam hal ini berarti dinamis, tidak stagnan. Melalui ilustrasi pada soal menggambarkan bahwa sosiolog berperan sebagai konsultan untuk menganalisis apakah wujud SPPT-PKKTP dapat betul-betul berguna dalam membantu mewujudkan keadilan pada korban dalam kasus-kasus ketimpangan gender.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved