Roboguru

Ilmu dibentuk dengan dasar teori lama yang disempurnakan, ditambah, dan diperbaiki sehingga semakin sempurna. Hal ini menunjukkan bahwa sosiologi bersifat . . . .

Pertanyaan

Ilmu dibentuk dengan dasar teori lama yang disempurnakan, ditambah, dan diperbaiki sehingga semakin sempurna. Hal ini menunjukkan bahwa sosiologi bersifat . . . .undefined 

  1. rasionalundefined 

  2. objektifundefined 

  3. akumulatifundefined 

  4. empirisundefined 

  5. andal dan dirancangundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pengetahuan yang diangkat sebagai ilmu mempunyai sifat-sifat sebagai berikut.

  1. Rasional, ilmu pengetahuan didasarkan atas kegiatan berpikir secara logis dengan menggunakan rasa (nalar) dan hasilnya dapat diterima oleh nalar manusia.
  2. Objektif, kebenaran yang dihasilkan suatu ilmu merupakan kebenaran pengetahuan yang jujur, apa adanya sesuai dengan kenyataan objeknya, serta tidak tergantung pada suasana hati, prasangka, atau pertimbangan nilai pribadi.
  3. Akumulatif, ilmu dibentuk dengan dasar teori lama yang disempurnakan, ditambah, dan diperbaiki sehingga semakin sempurna. Ilmu yang dikenal sekarang merupakan kelanjutan dari ilmu yang dikembangkan sebelumnya, sehingga ilmu pengetahuan bersifat relatif dan temporal, tidak pernah mutlak dan final, bersifat dinamis dan terbuka.
  4. Empiris, kesimpulan yang diambil harus dapat dibuktikan melalui pemeriksaan dan pembuktian pancaindra, serta dapat diuji kebenarannya dengan fakta.
  5. Andal dan dirancang, ilmu pengetahuan dapat diuji kembali secara terbuka menurut persyaratan dengan hasil yang dapat diandalkan. Selain itu, ilmu pengetahuan dikembangkan menurut suatu rancangan yang menerapkan metode ilmiah.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sosiologi mempelajari tentang berbagai fenomena yang terjadi dalam masyarakat. Oleh karena itu diperlukan banyak teori untuk mendukung pengkajian masyarakat tersebut. Artinya dalam hal ini sosiologi b...

Pembahasan Soal:

Sosiologi bersifat kumulatif berarti dalam menyimpulkan hasil abstraksi ataupun teori-teori sosiologi harus dibentuk berdasarkan teori-teori ataupun penelitian yang sudah ada sebelumnya, dalam arti memperbaiki, dan memperhalus teori-teori lama. Oleh karena itu sesuai dengan kalimat di soal, sosiologi memerlukan banyak teori (yang sudah ada atau teori lama) untuk mendukung pengkajian masyarakat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined  

0

Roboguru

Perhatikan ciri-ciri sosiologi berikut: (1) Didasarkan pada observasi terhadap kenyataan dengan akal sehat serta tidak spekulatif (2) Menggunakan metode kuantitatif bersadarkan perhitungan matematis...

Pembahasan Soal:

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari atau mengkaji tentang masyarakat. Secara umum sebagai suatu disiplin ilmu sosial, sosiologi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Empiris, sosiologi mendasarkan pada obeservasi atau pengamatan di masyarakat sehingga hasilnya berupa fakta atau kenyataan dan tidak spekulatif.
  • Teoritis, hasil pengamatan atau observasi tersebut membentuk abstraksi-abstraksi dan membentuk teori untuk dapat menjelaskan hubungan sebab akibat.
  • Kumulatif, dalam teorinya sosiologi mengalami proses penyempurnaan teori-teori lama menjadi teori baru. Hal ini sesuai dengan sifat masyarakat dinamis, sehingga teori sosiologi juga dinamis.
  • Nonetis, sebagai disiplin ilmu sosiologi tidak memberikan penilaian baik dan buruk suatu fenomena tetapi mengkaji mengapa fenomena tersebut bisa ada di masyarakat secara analitis.

Berdasarkan pernyataan soal yang termasuk ciri-ciri sosiologi adalah :

  • Didasarkan pada observasi terhadap kenyataan dengan akal sehat serta tidak spekulatif (empiris).
  • Realitas sebagai dasar menyusun teori baru untuk menyempurnakan dari teori lama (kumulatif).
  • Fakta dianalisis secara kritis tanpa memperhatikan baik buruknya fakta (nonetis).

0

Roboguru

Seorang sosiolog mengkaji kehidupan suku di pedalaman Papua terkait cara berpikir yang dikaitkan dengan kepercayaan. Dalam kajian sosiologi tersebut mengacu pada teori Agust Comte tentang tahap proses...

Pembahasan Soal:

Karakteristik sosiologi yang tepat berdasarkan soal adalah kumulatif. Kumulatif, artinya teori-teori sosiologi disusun berdasarkan teori yang sudah ada. Teori-teori tersebut mengalami perbaikan, perluasan, dan penguatan sesuai fakta terbaru. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan sifat Sosiologi sebagai suatu ilmu ...

Pembahasan Soal:

Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan adalah sosiologi yang memiliki sifat-sifat atau kriteria yang memenuhi standar ilmu pengetahuan. Sifat-sifat tersebut di antaranya;

  • Empiris, artinya ilmu pengetahuan yang didasarkan pada observasi (pengamatan) dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif melainkan objektif.
  • Teoritis, artinya ilmu pengetahuan berasal dari abstraksi hasil pengamatan di lapangan, sehingga menjadi suatu teori yang logis.
  • Kumulatif, artinya disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada, lalu memperbaiki, memperluas, sehingga memperkuat teori sebelumnya.
  • Nonetis, artinya tidak mempersoalkan baik atau buruk masalah tersebut, tetapi bersifat netral dalam menjelaskan masalah.

Dengan melihat penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa sifat sosiologi di antaranya; Empiris, Teoritis, Kumulatif, dan Nonetis.space 

0

Roboguru

Perkembangan teori dalam ilmu sosiologi terus mengalami pembaruan yang disesuaikan dengan teori-teori yang telah ada sebelumnya sehingga tidak menutup kemungkinan akan munculnya beragam teori baru men...

Pembahasan Soal:

Ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan adalah sebagai berikut.

  1. Sosiologi bersifat empiris. Sosiologi tidak spekulatif dan hanya menggunakan akal sehat. Sosiologi melakukan kajian tentang masyarakat berdasarkan hasil observasi.
  2. Sosiologi bersifat teoretis. Sosiologi berusaha menyusun abstraksi dari hasil-hasil observasi. Abstraksi adalah kerangka dari unsur-unsur yang didapat dari observasi, disusun secara logis. Tujuannya juga menjelaskan hubungan sebab akibat.
  3. Sosiologi bersifat kumulatif. Teori-teori sosiologi dibentuk berdasarkan teori-teori yang telah ada sebelumnya dalam arti memperbaiki, memperluas, dan memperhalus teori-teori lama.
  4. Sosiologi bersifat nonetis. Sosiologi tidak mencari baik buruk suatu fakta, tetapi menjelaskan fakta-fakta tersebut secara analitis. Itulah sebabnya para sosiolog tidak bertugas untuk mengomentari dan menilai baik buruknya tingkah laku sosial suatu masyarakat.

Berdasarkan pernyataan soal, perkembangan teori dalam ilmu sosiologi terus mengalami pembaruan yang disesuaikan dengan teori-teori yang telah ada sebelumnya sehingga tidak menutup kemungkinan akan munculnya beragam teori baru mengenai permasalahan yang ada di dalam masyarakat. Penjelasan tersebut menegaskan konsep ciri ilmu sosiologi berupa kumulatif (pilihan jawaban D).

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved